4 Keunggulan Alpukat Avozilla

Akhir-akhir ini buah alpukat sedang banyak dibicarakan oleh seluruh orang di Indonesia. Banyak pecinta dan pembudidaya buah alpukat mencari jenis-jenis alpukat baru yang berasal dari dalam negeri. Ada juga yang mencari jenis alpukat introduksi yang bagus untuk dibudidayakan di wilayah dengan iklim tropis. Salah satu yang menjadi incaran adalah alpukat Avozilla yang berasal dari Australia.

Beberapa tahun yang lalu publik dunia dikagetkan dengan hadirnya buah alpukat dengan ukuran yang mampu mengalahkan besarnya kepala manusia. Salah satu akun twitter menyebutkan jika buah alpukat tersebut bernama Avozilla dan banyak dibudidayakan di Australia, tepatnya di perkebunan Groves Grown Tropical Fruit.

Sebenarnya buah alpukat avozilla ini tidak benar-benar berasal dari Australia, biji alpukat ini didatangkan dari Johannesburg Afrika Selatan. Pohon induk alpukat avozilla ada di hutan belantara dengan ketinggian pohon mencapai 20 meter. Setelah dilihat memiliki buah dengan ukuran yang sangat besar kemudian perkebunan di Australia pun mendatangkan bijinya. Hanya saja lisensi buah yang satu ini masih dipegang oleh westfalia fruit.

Buah alpukat yang satu ini diberi nama avozilla karena ukuran buanya yang sangat besar dan mengerikan seperti Godzilla. Banyak sekali keunggulan buah alpukat avozilla, berikut adalah beberapa keunggulannya.

Baca Juga : Pusat Tanaman Alpukat

1.    Memiliki Ukuran Besar

Ukuran alpukat avozilla memang bukan main besarnya, jika dibandingkan dengan alpukat biasa buah alpukat avozilla ini bisa melebihi ukuran 4 kali alpukat biasa. Walaupun mungkin bagi kita orang lokal sudah sering melihat alpukat berukuran besar. Namun alpukat avozilla ini masih tergolong baru di Indonesia. Bobot satu buahnya sekitaran 1,2 kg dan mampu mencapai bobot maksimal sekitar 1,8 kg tentunya harus dibarengi dengan perawatan yang baik.

2.    Rasa Buah Lezat

Buah alpukat avozilla memang terkenal akan kelezatannya, karena biasanya alpukat introduksi dengan ukuran yang besar cenderung memiliki rasa buah yang lebih hambar. Namun alpukat avozilla ini masih memiliki rasa buah yang sama seperti alpukat kebanyakan. Bahkan buah alpukat avozilla dinilai lebih lembut dari kebanyakan buah alpukat di Australia.

3.    Berbuah Cepat Dengan Bibit Okulasi

Kecepatan berbuah pohon alpukat avozilla juga sangat cepat, apalagi jika anda menggunakan bibit alpukat avozilla yang berasal dari perbanyakan vegetatif seperti okulasi. biasanya setelah 3 tahun setelah ditanam pohon alpukat avozilla sudah bisa menghasilkan buah dengan baik.

4.    Harga Buah Mahal

Harga buah alpukat avozilla masih tergolong mahal karena kedatangannya di Indonesia belum begitu banyak. Di Australia saja bibit alpukat avozilla yang ditanam dari biji hanya dibatasi sekitar 400 pohon saja oleh westfalia farm. Sehingga keberadaan buah yang satu ini masih cukup sulit untuk didapatkan itulah alasan kenapa harga buah alpukat yang satu ini terhitung sangat mahal.

 

Banyak yang mengira jika alpukat avozilla ini merupakan modifikasi dengan berbagai jenis alpukat lain sehingga menghasilkan buah dengan ukuran super jumbo. Nyatanya buah alpukat avozilla tidak pernah mengalami modifikasi apapun, dan ukuran buahnya yang besar berasal dari pohon induknya yang juga sama-sama besar.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.