4 Tahapan Penting Dalam Budidaya Alpukat Hass

Alpukat hass merupakan jenis alpukat yang paling banyak diketahui oleh masyarakat dunia. Buah alpukat hass banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan mulai dari sandwich, sushi, hingga campuran salad. Bagi anda yang menyukai buah alpukat dengan rasa gurih maka alpukat hass cocok untuk anda coba.

Banyak yang bilang jika buah alpukat hass merupakan jenis yang memiliki rasa buah paling lezat. Selain itu buah alpukat hass juga banyak dipakai oleh chef-chef kelas dunia untuk bahan masakan yang mereka gunakan. NAmun tahukah anda cara untuk membudidayakan alpukat hass?

Setidaknya ada 4 tahapan yang harus dilalui bagi anda yang ingin membudidayakan alpukat hass. Untuk itu mari kita ulas bagaimana cara budidaya alpukat hass berikut ini.

 

Memilih Bibit Unggul

Memilih bibit unggul menjadi sangat penting bagi anda yang ingin membudidayakan tanaman buah. Karena jika anda salah memilih bibit alpukat yang akan anda tanam, resiko terbesar yang akan terjadi adalah anda tidak bisa melakukan panen karena pohon tidak dapat tumbuh maupun gagal berbuah.

Pilih bibit yang berasal dari pembiakan vegetatif dengan teknik okulasi maupun sambung pucuk. Biasanya pohon atau bibit yang berasal dari pembiakan vegetatif dapat tumbuh lebih cepat serta mampu memunculkan buah lebih cepat pula.

Persiapan Lahan Tanam dan Lubang Tanam

Untuk mempersiapkan lahan tanam hal pertama yang perlu anda lakukan adalah membersihkan area yang akan anda gunakan dari pohon-pohon serta rumput liar yang adad di area penanaman. Setelah itu gemburkan tanah dengan cangkul dan buatlah lubang penanaman.

Lubang tanam untuk alpukat biasanya berukuran 60x60x60 cm, anda juga bisa menyesuaikan dengan ukuran bibit yang anda miliki. Setelah itu buat jarak tanam antara satu lubang dengan lubang yang lain. Jarak tanam ideal untuk alpukat hass adalah sekitar 7×7 meter hingga 10x10m.

Penanaman Bibit

Jika lubang tanam yang anda buat sudah siap dan bibit juga berada dalam kondisi yang sehat anda bisa melakukan penanaman. Cara menanam pohon alpukat hass sangat mudah, pertama lepaskan polybag yang ada di bagian dasar bibit. Namun usahakan agar tanah atau media tanam yang ada di sekitar perakaran tidak rusak.

Masukkan bibit ke dalam lubang tanam hingga leher batang, setelah itu timbun dengan media tanam yang terbuat dari campuran tanah, sekam bakar, dan juga pupuk kandang yang telah terfermentasi. Padatkan tanah dan lakukan penyiraman pada tanah yang anda gunakan untuk menimbun bibit.

Perawatan Bibit yang Sudah Ditanam

Perawatan bibit alpukat yang sudah ditanam biasanya ada beberapa. Salah satunya adalah melakukan penyiraman secara rutin setiap hari. Jika musim kemarau intensitas penyiraman harus ditingkatkan agar pohon yang anda miliki tidak dehidrasi.

Lakukan juga penggemburan tanah agar tanah tidak memadat dan memudahkan nutrisi untuk masuk. Lakukan penyiangan jika rumput liar dan gulma sudah tumbuh tinggi. Lakukan juga pemangkasan agar pertumbuhan bibit dapat terarah dan juga mempercepat proses pohon untuk berbuah.

Berikan pemupukan untuk membuat bibit atau pohon tumbuh dengan baik dan memenuhi nutrisi serta kandungan yang baik untuk pohon. Lakukan pemupukan secara rutin menggunakan NPK setiap satu bulan sekali. Bisa juga menggunakan pupuk kandang yang diaplikasikan setiap 4 bulan sekali dengan takaran 15 kg satu pohon. Dengan perawatan yang baik seperti ini pohon alpukat hass yang anda miliki pasti dapat tumbuh dengan baik.

 

Sumber : Bibitbuahku Dot Com

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.