Kamu Wajib Tahu! 5 Efek Samping yang Timbul Akibat Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer!

5 Efek Samping yang Timbul Akibat Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer!

Meluasnya wabah virus Covid-19 atau yang lebih dikenal virus Corona menjadikan kebutuhan masker semakin meningkat. Tak hanya masker, hand sanitizer kini juga menjadi barang  yang paling dicari banyak orang. Hand sanitizer memang terbilang lebih praktis dan mudah digunakan ketimbang sabun. Namun dalam manfaatnya, penggunaan sabun ketika mencuci tangan terbilang jauh lebih efektif ketimbang hand sanitizer. Ditambah penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering malah bisa menimbulkan efek samping berupa masalah-masalah kulit. Di bawah ini akan dibahas beberapa efek samping  yang timbul akibat keseringan menggunakan hand sanitizer.

Kulit tangan menjadi iritasi dan kering

Hand sanitizer merupakan produk cuci tangan yang mengandung alkohol. Hal inilah yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Selain menyebabkan iritasi, kandungan alkohol pada hand sanitizer bisa membuat kulit tangan menjadi kering.

Kulit tangan menjadi keriput, pecah-pecah, dan terkelupas

Setelah kulit menjadi kering akibat penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering, munculah masalah kulit lainnya seperti keriputnya kulit tangan. Alkohol pada hand sanitizer membuat minyak alami pada tangan terangkat sehingga kulit pun menjadi dehidrasi. Akibatnya kulit tangan menjadi kering dan keriput. Jika tidak segera ditangani, kulit tangan bisa menjadi pecah-pecah dan terkelupas.

Kamu Wajib Tahu! 5 Efek Samping yang Timbul Akibat Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer!

Menurunnya sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun ternyata bisa menurun akibat terlalu sering mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. Semua kuman atau bakteri pada tangan memang akan terbunuh oleh alkohol yang ada pada hand sanitizer. Namun jika terlalu sering menggunakannya, bakteri baik pun bisa ikut terbunuh. Akibatnya, tubuh akan mudah terserang berbagai macam penyakit.

 

Membuat zat kimia berbahaya ikut terserap dalam kulit

Hand sanitizer mengandung zat kimia sintesis bernama phthalate yang berbahaya bagi tubuh. Zat kimia ini berupa pewangi yang ada pada hand sanitizer. Phthalate memiliki ciri tidak berbau namun berbahaya karena bisa menimbulkan gangguan kesehatan, sistem reproduksi, gangguan perkembangan janin, menurunnya jumlah sperma, penurunan gerak tubuh, asma, diabetes, dan kanker.

 

Kulit tangan cenderung lebih sensitif sehingga mudah terbakar sinar UV

Kulit tangan yang kering akibat kandungan alkohol pada hand sanitizer bisa berimbas pada sensitifnya kulit terhadap sinar UV. Pada akhirnya, kulit tangan bisa mengalami penuaan dini. Hal itu ditandai dengan munculnya flek hitam serta hilangnya elastisitas kulit. Untuk mengatasi hal tersebut, pakailah sunblock yang ber-SPF tinggi ketika hendak keluar rumah supaya kulit tanganmu terlindungi dari paparan sinar UV.

Sebenarnya boleh-boleh saja menggunakan hand sanitizer asalkan jangan terlalu sering karena bisa menimbulkan efek samping yang sudah kita bahas di atas. Dan jangan lupa untuk tetap mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih. Tips kesehatan lainnya bisa anda dapatkan disini www.synergyofficial.co.id. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat untuk kita semua!

 

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.