5 Makanan Herbal Penurun Kolesterol yang Paling Ampuh

Bisa dikatakan, kolesterol adalah silent killer yang berbahaya. Kenapa demikian? Karena kolesterol menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, dan juga hipertensi. Pasien pengidap kolesterol mencoba pengobatan alami dan juga pengobatan kimiawi untuk menurunkan risiko penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar lemak jahat dalam tubuh.

Jika Anda ingin menempuh pengobatan herbal yang bisa Anda lakukan di rumah. Caranya mudah saja, siapkan makanan herbal penurun kolesterol berikut yang efektif atasi kolesterol dalam waktu singkat.

Inilah beberapa Makanan herbal penurun kolesterol:

  1. Bawang Putih

Bawang putih adalah makanan herbal penurun kolesterol yang banyak disarankan. Ya, bumbu dapur yang memiliki aroma yang unik ini banyak direkomendasikan untuk mengatasi masalah kolesterol. Selain itu, dengan rutin konsumsi bawang putih, sirkulasi darah akan semakin lancar dan mencegah terjadinya penggumpalan darah akibat penyumbatan kadar lemak jahat di pembuluh darah.

       2. Jahe

Seringkali kita dengar manfaat dari bumbu dapur yang satu ini. Jahe biasanya dimanfaatkan untuk atasi masalah perut dan seringkali diseduh untuk menghangatkan tubuh. Dibalik manfaat tersebut, jahe rupanya salah satu bumbu dapur yang ampuh atasi kolesterol tubuh.

Benarkah jahe efektif mengatasi tingginya kadar kolesterol dalam tubuh? pertanyaan ini dijawab dengan penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 silam. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengamati efek anti-hiperkolesterolomia yang dilakukan dengan tikus sebagai obyek penelitiannya yang berjumlah 48. Dalam penelitian tersebut didapati bahwa jahe efektif turunkan lipid yang berdampak pada turunnya kadar kolesterol dalam tubuh. 

     3. Kunyit

Bisa dikata, kunyit adalah bumbu dapur yang cukup fenomenal baik dalam dunia kesehatan maupun kecantikan. Kaitannya dengan kolesterol, dipercaya kunyit efektif dalam menurunkan kadar kolesterol karena adanya zat bernama kurkumin. Bagian terbaik dari kunyit untuk menurunkan kolesterol adalah akar kunyit. Kadar kolesterol menurun drastis dengan makanan herbal penurun kolesterol yang satu ini. Selain itu, fungsi lain dari kunyit adalah untuk memproteksi tubuh dari penyakit ateroskeloris. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa tambahkan ke dalam makanan yang Anda masak, di parut lalu di peras dan di ambil sarinya, dan sebagainya.

     4. Fenugreek

Anda mungkin masih asing dengan jenis tanaman herbal yang satu ini. Fenugreek adalah tanaman yang biasa disebut klabet dan berasal dari Yunani. Tidak mudah mendapatkan Fenugreek di Indonesia. Hanya beberapa pasar modern yang menjualnya.

Menurut penelitian, Fenugreek efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga meningkatkan kadar kolesterol baik karena adanya kandungan flavonoid di dalamnya.

    5. Licorice

Nama lain dari Licorice adalah akar manis. Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa licorice adalah jenis tanaman yang efektif turunkan kadar kolesterol dalam darah. Alasannya adalah, karena kandungan flavonoid yang ada di dalamnya sangat banyak. Selain manfaat tersebut, Licorice juga efektif untuk mencegah penumpukan kolesterol yang terdapat pada dinding arterinya.

Adapula senyawa bernama glabridin dalam licorice yang fungsinya adalah untuk mengurangi intensitas oksidasi kolesterol jahat yang merupakan sebab dari menumpuknya kadar kolesterol yang ada dalam tubuh.

Makanan herbal penurun kolesterol diatas bisa Anda lestarikan di pekarangan rumah Anda. Dengan membudidayakan tanaman herbal diatas, Anda berkesempatan untuk melakukan pengobatan herbal yang di-klaim jauh lebih aman dan lebih sehat dibandingkan melakukan pengobatan kimiawi. Saat ini, kolesterol diderita oleh banyak orang dan merupakan penyebab penyakit serius yang harus Anda atasi dengan segera.

Baca juga: https://nasadistributor.com/category/quwless/

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.