udang

Banyak Yang Belum Tahu, Inilah 8 Manfaat Udang Yang Sering Dilupakan Oleh Ibu Hamil

Seafood memang salah satu makanan yang sangat digemari semua orang meskipun harganya yang cukup mahal dibandingkan daging.

Salah satu seafood yang menjadi primadona dalam kuliner adalah udang. Jika sudah masuk restoran udang selalu dijual dengan harga yang cukup mahal. Apalagi sudah disulap menjadi makanan yang sangat lezat.

Tekstur dagingnya yang kenyal, lembut, serta rasanya yang khas, tak heran lagi banyak yang mengkategorikan seafood ini ke dalam list makanan favorite mereka.

Permintaan pasar terhadap udang juga selalu meningkat setiap tahunnya, maka itu banyak sekali masyarakat yang mulai membudidayakan udang untuk meningkatkan perekonomian mereka. Seperti budidaya udang windu yang pernah diulas oleh rumahfauna.com.

Kandungan Gizi Udang

udang

Tidak hanya cita rasanya yang lezat, udang banyak sekali mengandung vitamin baik seperti vitamin D, vitamin C, serta kolin.

Selain itu ada kandungan mineralnya tinggi, seperti seng, zat besi, yodium, tembaga, serta selenium. Tak lupa juga asam lemak, omega 3, omega 6, asam docosahexaenoic atau DHA, dan asam eicosapentaeonic yang bagus untuk ibu hamil.

Manfaat Udang Untuk Ibu Hamil

manfaat udang untuk ibu hamil

1. Membantu perkembangan otak bayi

Udang ini mengandung EPA, DHA, serta kolin yang dapat membantu otak untuk membentuk sinaps-sinaps yang gunanya membantu proses ingatan atau memori. Manfaat lainnya juga untuk meningkatkan kecerdasan anak tersebut. 

2. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Sistem kekebalan tubuh manusia akan terjaga jika banyak memakan makanan yang mengandung vitamin C. Ibu hamil cenderung memiliki kekebalan imun yang rendah, oleh sebab itu sangat diperlukan vitamin C. Udang ini juga ternyata mengandung vitamin C yang cukup.

3. Mencegah terjadi anemia

Jangan lupakan kandungan zat besi yang terdapat pada udang. Sebab kandungan zat besi ini berguna untuk pembentukan darah.

4. Jenis makanan laut yang rendah merkuri

Makanan laut pada umumnya memiliki kandungan merkuri yang banyak, namun tidak untuk udang. Makanan ini terjamin dan terjaga dari merkuri yang ada dan beredar di lautan bebas.

5. Rendah kalori

Ibu hamil sangat berhati-hati dalam memilih makanannya. Termasuk juga memperhitungkan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Tapi tenang saja, karena udang termasuk makanan yang memiliki kandungan kalori yang rendah. Anda bebas mengkonsumsinya asal dalam batas normal.

6. Membantu pembentukan tulang

Vitamin D sangat diperlukan ibu hamil untuk memenuhi nutrisinya dan tentu untuk perkembangan bayi yang ada di kandungannya. Pasalnya vitamin D berfungsi untuk menguatkan tulang dan gigi.

7. Merawat jantung

Selain mencerdaskan, kandungan kolin yang terdapat pada udang juga bisa membantu merawat jantung baik ibu dan janinnya.

8. Mengontrol kolesterol

Nah, yang ini harus diperhatikan ya moms. Jangan sampai setelah tahu udang punya banyak manfaat lalu mengkonsumsinya jadi berlebihan.

Selain dikonsumsi dengan sewajarnya, udang harus dimasak dengan kematangan yang cukup ya moms.

Catatan untuk Ibu Hamil

Tetap perhatikan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Baiknya udang dikonsumsi dalam batas normal atau 350 gram saja setiap minggunya. Olah udang dengan baik dan dalam keadaan matang.

 

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.