alpukat mentega Miki

Bukan Hanya Alpukat, 8 Buah Ini Juga Mengenyangkan Dan Cocok Untuk Program Diet

Jika berbicara mengenai buah yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan cocok bagi yang menjalankan program diet, kebanyakan orang akan memilih buah alpukat sebagai salah satunya. Buah satu ini sudah dikenal lama memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat mengenyangkan, bahkan bisa diolah untuk berbagai macam makanan sehat. Padahal selain alpukat, masih banyak jenis buah lainnya yang juga cukup mengenyangkan dikonsumsi dan membantu menurunkan berat badan dalam menjalankan program diet. Apa sajakah itu? Berikut ini daftarnya. 

Buah Yang Cocok Untuk Program Diet 

1. Alpukat

alpukat mentega Miki

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Nutrition Journal, menemukan fakta jika mengkonsumsi ½ buah alpukat ketika makan siang akan membantu rasa kenyang bertahan lama hingga sore hari. Kandungan serat di dalam buah alpukat juga tinggi, sebesar 13.5 gram dalam satu buah.

Bukan hanya itu, alpukat juga memiliki kandungan lemak tidak jenuh tunggal yang pastinya sangat baik bagi tubuh. Buah dengan kandungan serat yang tinggi serta kaya lemak akan membutuhkan waktu lebih lama di dalam proses pencernaan. Sehingga membuat rasa lapar juga datang lebih lama. 

Perlu juga anda tahu, bahwa tidak semua jenis alpukat memiliki kandungan yang sama. Alpukat yang kandungan nutrisinya lebih tinggi biasanya memiliki karakteristik daging tidak terlalu berair. Mungkin banyak orang tahu hanya alpukat mentega yang memiliki daging pulen serta enak. Padahal ada banyak jenis dan sudah mulai dikembangkan, salah satunya adalah Alpukat Miki.

Selain itu tak perlu khawatir dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal di dalam alpukat yang bisa menurunkan kolestrol, sehingga resiko terkena penyakit jantung juga semakin diminimalisir. 

2. Pisang

Buah pisang sangat baik juga untuk program diet karena  buah ini dapat mengisi ulang kembali energi. Dalam sebuah penelitian, mengkonsumsi buah pisang sama seperti mengisi bahan bakar atlet dengan menggunakan minuman olahraga dengan kandungan nutrisi tambahan vitamin B6 dan kalium. Meskipun pisang mempunyai kalori yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya, namun mereka sangat cocok untuk dijadikan camilan yang mengenyangkan. Selain kaya serat, pisang yang berwarna sedikit hijau memiliki kandungan sumber pati resisten yang mana dicerna lebih lambat oleh tubuh sehingga rasa kenyang lebih bertahan lama.  Anda pun juga bisa merasa kenyang lebih lama tanpa merubahnya menjadi lemak. 

3. Apel

Buah yang satu ini juga memiliki kandungan serat tinggi yang membuat rasa kenyang lebih bertahan lama. Memakan 1 buah apel bersama dengan kulitnya, membuat anda telah mengkonsumsi serat baik sebanyak 4.4 gram.  Justru jangan membuat kulit apel ketika dikonsumsi, di dalam kulit apel akan lebih banyak serat dan fitokimia yang bermanfaat bagi tubuh. Ingin menurunkan berat badan dari mengkonsumsi apel? Anda dapat makan buah apel ½ jam sebelum jam makan. Ini akan membuat anda makan lebih sedikit. 

4. Pir

Sama halnya seperti buah apel, buah pir juga memiliki kandungan serat tinggi saat dikonsumsi bersama dengan kulitnya yaitu sebanyak 5.5 gram serat. Jadi buah pir juga akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama saat dikonsumsi. 

5. Kurma

Kurma memang memiliki kandungan kalori dan gula yang banyak, namun juga banyak serat yang ada di dalamnya. Karena itulah kurma seringkali dijadikan pengganti camilan yang mengenyangkan maupun makanan penutup yang lebih sehat. Selain itu menambahkan kurma ke dalam makanan atau minuman juga menjadi cara yang baik meningkatkan manis namun tanpa tambahan gula. Sambil meningkatkan konsumsi serat, namun anda akan mengurangi jumlah konsumsi karbohidrat olahan. Ini akan lebih membuat rasa kenyang bertahan lama dibandingkan makanan dengan kandungan gula tambahan. 

Dan tahukah anda bahwa ternyata Indonesia saat ini sudah banyak kebun kurma yang sudah mulai berbuah. Banyak orang menyebutnya kurma Tropis, karena memang jenis yang ditanam bukanlah dari bibit yang selama ini ada di daerah Timur tengah. Melainkan dari bibit kurma yang sudah terbukti berbuah di daerah tropis seperti Indonesia dan Thailand. Ada banyak juga yang jual bibit unggul jenis kurma yang cocok ditanam di Indonesia.

6. Semangka 

Air yang terkandung dalam buah semangka juga berkhasiat untuk membuat rasa kenyang bertahan lama. Sama halnya dengan mengkonsumsi segelas air, memakan semangka akan membuat anda tidak merasa terlalu lapar. Hal ini karena kandungan air di dalam semangka yang mencapai 94%, membuat anda merasa kenyang lebih lama namun tanpa memiliki banyak kalori tambahan. 

7. Buah Persik

Buah persik dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan tetap sehat berkat kandungan serat serta mineralnya. Selain itu, buah ini juga cocok untuk dijadikan menu diet karena kadar kalorinya yang sedikit namun mengandung banyak air. Kombinasi serat yang tinggi beserta air dan mineral membuat perut merasa kenyang lebih lama. Pastinya ini akan menekan rasa ingin menyemil terus menerus yang malah membuat berat badan bertambah. 

Referensi:

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4050351/cocok-buat-diet-5-buah-yang-bikin-kenyang-lebih-lama

https://www.bibitbuahku.com/bibit-buah/alpukat

https://pontianak.tribunnews.com/2019/04/24/ternyata-5-buah-ini-bikin-kenyang-lebih-lama-cemilan-sehat-untuk-diet?page=4

https://www.tokopedia.com/blog/8-makanan-yang-bikin-kenyang-lebih-lama-cocok-banget-untuk-diet/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/buah-yang-bikin-kenyang/

 

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.