Cara Bermain Game Android di PC Menggunakan Emulator BlueStacks

Cara main game Android di PC gampang banget, salah satunya yang paling populer yaitu dengan pakai emulator. Emulator sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan program bisa dijalankan pada suatu sistem yang benar-benar beda dari seharusnya. Misalnya untuk memainkan game yang harusnya di Android bisa dimainkan melalui PC/ laptop.

Biasanya emulator seperti ini dibutuhkan bagi gamers yang ingin bermain game lebih optimal tanpa ada gangguan notifikasi iklan misalnya. Nah, kali ini Kami akan membagikan tutorial memainkan game Android di PC dengan menggunakan BlueStacks. Bagi yang sedang membutuhkan cara ini, bisa simak selengkapnya berikut:

Kelebihan Menggunakan BlueStacks

BlueStack hingga saat ini masih menjadi salah satu emulator terbaik untuk memainkan game di smartphone melalui PC. Adapun berikut ini beberapa kelebihan BlueStacks:

  • Ukuran programnya relatif kecil
  • Mempunyai performa yang bagus
  • Ringan penggunaannya karena memakan CPU dan RAM cukup rendah
  • Sudah ada Play Store di dalamnya
  • Bisa digunakan mulai dari OS Android Nougat 7.1.2
  • Fitur AI pada game memiliki latensi rendah
  • Kualitas grafis yang bagus dengan Hyper-G

Syarat Menggunakan BlueStacks

Meskipun aplikasi emulator ini memiliki banyak keunggulan, pastikan komputer atau Laptop Kamu  juga sudah memenuhi spesifikasi agar bisa menjalankannya dengan optimal. Berikut ini persyaratan minimum perangkat PC yang optimal:

  • Sistem operasi Windows 7, 8 10
  • Prosesor AMD/ Intel
  • RAM 2GB
  • Ruang penyimpanan hardisk minimal 5GB
  • Bisa digunakan untuk login sebagai administrator
  • Menggunakan driver grafis yang terbaru

Cara Menggunakan Emulator BlueStacks

Setelah mengetahui sedikit penjelasan diatas, maka sekarang Anda bisa mulai coba menggunakan emulator BlueStack untuk memainkan game Android di PC.  Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Mengunduh dan menginstal BlueStacks

Link download emulator ini bisa Kamu dapatkan secara langsung melalui laman resmi BlueStack di www.bluestacks.com. Klik pada tombol Instal Now dan tunggu sampai proses instalasi selesai, biasanya akan muncul notifikasi "Welcome to BlueStack". Lanjutkan sampai Kamu masuk ke halaman Sign In menggunakan akun Google dan masukkan akun Kamu.

2. Memilih aplikasi game

Jika sudah sampai ke tahap berhasil Sign In menggunakan akun Google, sekarang klik OK. Selanjutnya, unduh dan instal aplikasi game mana yang ingin dimainkan pada halaman Google Play Store.

Fyi, Kamu tidak hanya bisa menginstal aplikasi game saja tapi juga aplikasi lain seperti WhatsApp, Line, Facebook dan lainnya. Cara  mirip seperti penggunaan Android pada umumnya.

3. Mengatur Kontrol

Apabila game yang akan dimainkan sudah terinstal, sekarang Kamu harus melakukan setting kontrol game-nya terlebih dahulu. Namun jika malas melakukan pengaturan, maka bisa menggunakan setting default dari BlueStack, tapi bisa juga diatur sendiri senyamannya.

Setelah menyelesaikan tiga langkah untuk memainkan game Android di PC menggunakan aplikasi BlueStack, maka sekarang Anda sudah bisa menggunakannya. Rasakan sensasi main game yang berbeda di PC melalui emulator. Cocok banget untuk main game seperti PUBG, Mobile Legend, Craft, dan lainnya.

Selain menggunakan BlueStack, rekomendasi aplikasi emulator lainnya yang bisa digunakan seperti Leapdroid, Andy, Nox, Genymotion,  Memu dan lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa Anda dapatkan secara langsung melalui laman resminya.

Cukup mudah bukan cara main game Android di PC? Kamu bisa mengikuti tutorial di atas untuk bermain game Android apapun di PC/ Laptop. Untuk mendapatkan pengalaman game yang memuaskan, pastikan spesifikasi PC Kamu mendukung yah seperti yang sudah Kami cantumkan sebelumnya.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.