Cara Membuat Channel YouTube Kamu Tambah Keren

Tentunya penonton akan betah saat melihat channel YouTube yang keren karena akan terlihat profesional. Sebagai pemilik channel YouTube, anda juga pastinya menginginkan channel yang keren bukan?

 

Namun sayangnya channel YouTube para pemula biasanya memiliki tampilan seadanya jauh dari kata profesional dan keren. Untuk membuat channel YouTube yang keren, berikut ulasannya.

 

1. Buatlah logo channel

 

Hal pertama adalah membuat logo channel. Ini adalah hal pertama yang jangan sampai dilupakan.

 

Buatlah logo channel yang mewakili channel anda. Ingat ukuran foto profil YouTube sangat kecil, jadi buatlah logo yang mudah terlihat dalam ukuran yang kecil.

 

Logo channel bisa berupa ikon, tulisan, huruf atau jika channel YouTube anda mewakili personal branding bisa upload foto anda sendiri.

 

Anda bisa membuat logo channel pada aplikasi Canva, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Corel Draw, ink Space dan sebagainya.

 

Ingatlah jangan gunakan gambar yang mengandung hak cipta apalagi menggunakan ikon YouTube channel orang lain.

2. Jangan norak

 

YouTube pemula umumnya terlihat norak dengan audio dan visual yang aneh. Ini karena mereka mungkin kurang mendapatkan feedback dari para penonton. Namun sebagai gambaran, hal-hal yang seringkali membuat channel YouTube terlihat norak ada pada intro video atau pendahuluan video dan penjelasan yang kurang penting pada video.

 

Hal yang perlu diingat saat membuat video YouTube adalah, YouTube mempunyai puluhan ribu video yang diupload setiap hari dan perhatian penonton sangatlah berharga. Setiap video yang diupload ke YouTube mempunyai nilainya dan tanyakanlah pada diri sendiri apa nilai yang anda miliki?

 

Jadi seringkali intro atau pendahuluan dan penjelasan dalam video YouTube seringkali tidak memiliki nilai secara keseluruhan video yang justru membuat malah mengganggu pengguna dengan intro bising dan memakan waktu yang lama serta penjelasan kurang esensial dalam video.

 

Jadi saat membuat video YouTube, cobalah buat satu terlebih dahulu kemudian maksimalkan video tersebut. Intro jangan terlalu lama, maksimal 5 detik kemudian perpadat video menjadi lebih informatif dengan menghilangkan informasi yang kurang penting.

 

3. Fokus pada proses

 

Kebanyakan orang yang bergelut dalam dunia YouTube kadang dibayangi bayangan cepat kaya dan ini sangat berbahaya dan sangat menggangu dalam prosesnya.

 

Dalam buku Atomic Habits karya James Clear dikatakan bahwa jika kita hendak mencapai hasil, jangan fokus pada hasilnya, fokus pada prosesnya. Seorang pemain basket tidak akan berhasil jika hanya melihat papan skor. Mereka yang latihan terus menerus lah yang akan memenangkannya.

 

4. Bangun Relasi

 

Membangun relasi sesama YouTubers sangatlah berguna untuk sharing pengetahuan, pengalaman, dan skill. Ini adalah yang dilakukan oleh semua YouTubers.

 

Sebagai awal, jangan pilih pilih dalam bergaul. Bergaullah dengan YouTubers kecil dan besar, muda dan tua, pemula atau profesional.

 

Anda juga bisa sharing pengalaman anda kepada penggemar anda untuk menunjukan bahwa anda menjalin relasi dengan YouTubers lain. Dengan demikian maka akan ada banyak lompatan kemajuan pada channel YouTube anda.

 

Kesimpulan

 

Menjadi YouTubers sangatlah menyenangkan namun perlu diingat konten Anda bukanlah selera anda, itu adalah selera penonton anda. Jadi buatlah konten video YouTube yang bagus dan jangan lupakan branding. Branding bisa dengan membuat logo, membuat sosial media, dan terus meningkatkan kemampuan diri anda sebagai YouTubers dan juga meningkatkan channel video anda agar menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

 

Sumber: https://pojoksosmed.com

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.