Cara Membuat Jus Lidah Buaya yang Enak dan Banyak Manfaatnya

Aloe Vera adalah sukulen dari genus Aloe. Tanaman ini tumbuh di iklim tropis dan telah digunakan sebagai tanaman obat selama berabad-abad. Lidah buaya memang dikenal bermanfaat untuk mengobati sengatan matahari, namun juga dapat dikonsumsi dalam bentuk jus karena banyak manfaatnya, salah satunya adalah menurunkan berat badan.

Dipercaya bahwa jus lidah buaya mendetoksifikasi racun, mempercepat metabolisme, adalah obat yang alami dan mencegah berat badan berlebihan. Semua manfaat lidah buaya berkontribusi pada penurunan berat badan.

Cara Membuat Jus Lidah Buaya

1. Jus Lidah Buaya Jeruk

Bahan-bahan

  • 3 lembar daun lidah buaya besar
  • 2 sendok makan cuka putih (opsional)
  • 3 gelas air
  • 2 cangkir jus jeruk
  • Es batu air bersih

Cara membuat

  1. Tempatkan dua sendok makan jus lidah buaya yang disiapkan seperti pada langkah pertama dalam blender.
  2. Tambahkan satu cangkir jus jeruk ke dalam blender.
  3. Kocok jus dengan api kecil selama beberapa menit sampai gel larut.
  4. Tuangkan jus ke dalam gelas atau bisa ditaruh di juice dispenser dan tambahkan es batu.
  5. Atau anda bisa membuat es batu sendiri dengan mesin es batu agar lebih sehat dan bersih, minum minuman menyegarkan ini di pagi hari.

2. Jus Lidah buaya madu

Bahan-bahan

  • 3 cangkir jus lidah buaya
  • 4 cangkir madu

Cara membuat

  1. Untuk mengambil jus lidah buaya asli, ikuti langkah-langkah yang sama seperti pada metode sebelumnya.
  2. Tambahkan madu dan haluskan ke dalam blender selama dua hingga tiga menit dengan pengaturan rendah.
  3. Aduk rata dan tuangkan ke dalam toples kaca. Simpan di tempat sejuk dan kering.
  4. Sendokkan campuran ini dua sampai tiga kali sehari, sebaiknya dua jam sebelum makan. Ulangi proses ini setiap hari selama 10 hari.

Manfaat Lidah Buaya

1. Menyembuhkan Luka Bakar

Jus gel lidah buaya bersifat antiseptik dan dingin. Inilah yang membuat lidah buaya efektif dalam mengobati luka bakar. Selain itu, lidah buaya merangsang pembentukan sel kulit baru.

2. Menyembuhkan Sariawan

Beberapa penelitian menyebutkan lidah buaya dapat mempercepat sembuhnya sariawan. selain itu, gel lidah buaya juga dapat mengurangi nyeri maag.

3. Tekanan Darah Tinggi

Lidah buaya mengandung senyawa aktif flavonoid, arginin dan potasium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan senyawa aktif lidah buaya dapat menyeibangkan tekanan darah ditubuh. Sebagai obat darah tinggi, lidah buaya dapat dikonsumsi dengan cara mengolahnya menjadi jus.

4. Menyembuhkan Sembelit

Anda sering mengalami sembelit? Lidah buaya dapat menggantikan bubuk atau tablet pencahar. Lidah buaya mengandung zat polisakarida yang dapat membantu masalah pencernaan. Polisakarida membantu tubuh mencerna makanan lebih lengkap sehingga nutrisi dalam makanan terserap secara optimal.

5. Mengatasi Diabetes

Lidah buaya mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya mampu melindungi, bahkan memperbaiki sel beta pankreas yang memproduksi insulin.

6. Mengurangi Asam Lambung

Jus gel lidah buaya dapat menjaga keseimbangan asam lambung bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Anda harus mengkonsumsi lidah buaya dalam jumlah yang dianjurkan atau tidak berlebihan. Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat herbal dengan kandungan lidah buaya.

7. Melembabkan Kulit

Aloe Vera mengandung vitamin A, C, E, serta mineral dan antioksidan yang bermanfaat melembutkan lapisan luar dan memperbaiki kondisi kulit.

Demikian artikel yang saya jelaskan semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba, terimakasih.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.