Cara Membuat Keripik Talas Gurih Renyah Cocok Untuk Camilan

Selain dikukus talas bisa dibuat menjadi keripik. Keripik talas juga tak kalah nikmat dengan keripik singkong. Membuat keripik talas juga bisa saja dibuat dirumah dengan gampang.

Talas

Talas ialah salah satu dari jenis umbi-umbian yang sebagian orang mengolah menjadi makanan. Tumbuhan talas berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan dan sudah dibudidayakan banyak orang dari zaman purba. Talas terdiri dari banyak jenis, dimulai dari yang layak dikonsumsi maupun hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Cara Membuat Keripik Talas Gurih Renyah

Bahan – Bahan:

  • 1 kg talas segar
  • Siapkan air bersih sesuai kebutuhan atau secukupnya
  • 1 kg minyak goreng
  • 3 sendok teh air kapur sirih

Bumbu Halus :

  • Garam sesuai yang diinginkan (secukupnya)
  • Bawang putih 10 siung
  • Kaldu bubuk rasa ayam siapkan secukupnya

Cara Membuat Keripik Talas :

  1. Pertama kupas bagian kulit talas dan cuci hingga bersih.
  2. Berikutnya dibelah lalu diiris tipis-tipis layaknya keripik. Jika ingin mempermudah proses pengirisan maka gunakan mesin keripik singkong.
  3. Selanjutnya rendam di air yang telah di campur dengan kapur sirih hingga 3 jam.
  4. Setelah itu, angkat kemudian tiris-kan.
  5. Lalu campurkanlah talas bersama dengan bumbu yang telah di haluskan tadi. Kemudian aduk-aduk sejenak lalu diamkan sampai 25 menit.
  6. Kemudian kalian siapkanlah wajan lalu tuangkanlah minyak sayur atau minyak goreng yang baru dan nyalakan apinya. Atau jika ingin menghemat waktu maka penggorengann bisa menggunakan deep fryer.
  7. Setelah minyak sudah mulai memanas, lalu gorenglah irisan talas yang telah di baluri dengan  bumbu halus tersebut hingga matang dan kering.
  8. Jika sudah, angkatlah keripik tersebut kemudian tiriskanlah sejenak lalu masukkan ke wadah saji.
  9. Keripik talas inipun sudah siap untuk di santap.

Manfaat Talas Untuk Kesehatan 

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat pertama talas adalah pencernaan. Talas bermanfaat untuk kesehatan lambung dan juga usus atau dikenal juga dengan saluran pencernaan. Talas membantu makanan untuk dicerna dan diserap lambung dan juga usus sehingga proses pencernaannya akan berjalan dengan lancar. Selain itu talas juga dapat mengurangi masalah pencernaan yaitu seperti produksi gas yang berlebih, kram perut, kembung, dan diare .

2. Membantu Masalah Penglihatan

Talas mengandung beberapa jenis vitamin, yaitu salah satunya ialah vitamin A yang tentunya berguna tuk penglihatan yang lebih jelas. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya yang terdiri dari betakaroten dan cryptoxanthin juga bermanfaat dalam mengatasi penyakit jantung dan mencegah katarak pada mata.

3. Kesehatan Kulit dan Rambut

Talas mengandung vitamin E, B6 dan A yang digunakan untuk memperbaiki sel kulit. Antioksidan yang terdapat pada talas juga dapat mencegah penuaan dini. Fungsi vitamin B6 yaitu untuk memberikan perbaikan pada jaringan.
Jika anda makan talas dalam jangka yang rutin, maka bisa membuat kulit akan kembali bersinar dan flek hitam akan hilang dengan sendirinya. Jika kulit kepala kering, vitamin E dari talas juga bisa memberikan kelembapan pada rambut.

4. Mengatasi Masalah Hipertensi

Manfaat talas juga dirasakan dalam mengobati masalah tekanan darah tinggi. Talas memiliki kandungan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah pada pembuluh darah kita, sehingga talas direkomendasikan bagi penderita tekanan darah tinggi. Selain itu, talas juga dapat meringankan sistem kardiovaskular dan kandungan kalium yang dikandungnya dapat meningkatkan fungsi kognitif.

5. Dapat Membantu Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Talas mengandung vitamin B6 dan memiliki vitamin C, yang membantu produksi sel darah merah dan putih. Vitamin ini digunakan untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain vitamin C, ternyata juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi dari kanker dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, talas juga dapat mencegah anemia karena memiliki kandungan zat besi yang bisa membantu proses pembentukan sel darah merah, memperlancar peredaran darah, mempercepat metabolisme, dan membuat sel-sel baru di dalam tubuh.

Nah, seperti itulah Cara Membuat Keripik Talas yang tentunya gurih dan enak. Bagi kalian yang menyukai makanan yang pedas, silahkan kalian tambahkan lada bubuk lalu sesuaikanlah dengan selera kalian masing masing. Semoga resep ini bermanfaat untuk kalian semua.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.