Cara Memilih Benih yang Bagus

Untuk menanam tanaman yang nantinya bisa menghasilkan kualitas bagus, pastinya harus berasal dari bibit unggul dan pilihan. Hal pertama yang harus diperhatikan saat ingin mulai bercocok tanam dan budidaya tersebut adalah pemilihan bibit benih yang baik dan berkualitas.

Tips Memilih Benih Tanaman yang Berkualitas

Faktor-faktor tertentu dalam pemilihan benih turut mempengaruhi kualitas dari tanaman yang akan dibudidayakan. Bagi Anda yang masih pemula, tentunya cukup sulit untuk membedakan mana benih bagus dan buruk. Untuk memastikannya mari simak penjelasan-penjelasan berikut ini :

Pilihlah dari kemasannya

Saat Anda membeli benih biasanya hanya akan asal ambil saja, padahal belum tentu masa kadaluarsanya masih jauh. Karena berpikiran semuanya sama saja, nantinya juga akan ditanam dalam rumah. Padahal itu semua salah, sebagai petani yang berpengalaman akan memperhatikan detail dan seksama. 

Memilih benih kemasan yang masih bagus harus dilakukan dengan teliti. Periksa apakah kemasan tersebut masih tertutup rapi dan rapat. Agar tidak ada udara yang masuk, periksa tanggal kadaluarsanya. Apakah tanggal penggunaan masih lama dan aman disimpan sebelum masa tanam.

Tingkat Kebersihan

Tingkat kebersihan dari bibit juga harus sangat diperhatikan dengan benar. Untuk itulah perlu survey terlebih dahulu agar bisa menemukan tempat jual bibit yang benar-benar berkualitas. Karena jika ada gulma, butiran tanah, pasir, bisa mengakibatkan lambatnya pertumbuhan bahkan sampai gagal panen juga.

Untuk itu daripada Anda repot-repot membersihkan bibit tersebut dari kotoran, tentu cukup merepotkan. Lebih baik sudah membeli dalam keadaan bersih saja, karena tinggal melakukan masa tanam saja. Jika sudah terlanjur mendapatkan bibit jelek biasanya tidak bisa ditukarkan lagi.

Isi Benih Bagus

Benih yang bagus adalah yang bernas atau berisi. Untuk membuktikannya, Anda bisa mencoba dengan memasukkannya dalam air. Jika tenggelam benih dalam keadaan berisi, namun jika hanya mengapung berarti benih dalam keadaan kosong atau hampa. Cukup mudah bukan untuk memilih sebuah benih yang bagus dan cocok digunakan untuk proses pembudidayaan. Semoga artikel diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Selamat mencoba.

Sumber: https://www.kebun.co.id/

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.