Cara Menanam Pohon Anggur Saat Musim Panas

Anggur merupakan tanaman buah yang saat ini banyak diincar oleh para pembudidaya, hal tersebut terjadi karena mulai mendekati musim panas. Beberapa jenis tanaman seperti anggur memang sangat cocok untuk ditanam pada saat musim panas. Kenapa demikian? Karena anggur merupakan tanaman buah yang tidak bisa kena hujan. Sekali kena hujan biasanya pohon anggur akan langsung diserang oleh hama seperti jamur.

Makanya bagi anda yang ingin menanam tanaman buah di musim panas, anggur sangat kami rekomendasikan bagi anda terutama bagi anda yang hobi mengoleksi tanaman buah. banyak jenis anggur yang bisa anda jadikan pilihan untuk ditanam beberapa seperti anggur moondrop, anggur ninel, anggur transfiguration dan masih banyak lagi jenis anggur lainnya.

Bagi anda yang tertarik untuk menanam anggur, berikut akan kami sajikan beberapa hal yang perlu anda lakukan dalam melakukan penanaman anggur. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda lakukan.

 

Menanam Anggur Dengan Benar

Untuk melakukan penanaman anggur ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, pertama anda pilih dulu akan menanamnya pada lahan atau menggunakan tabulampot. Penanaman pada lahan memungkinkan anda menghasilkan buah anggur lebih banyak namun jika anda menanam untuk menjadikan tabulampot akan lebih mudah untuk melakukan perawatan pohonnya.

Perlu diketahui juga karena anggur ini tanaman buah yang merambat jadi anda tetap bisa menanam menggunakan tabulampot namun nantinya pohon anggur tetap dirambatkan menggunakan berbagai jenis rambatan.

Memilih Jenis Anggur Unggulan

Tentunya bibit anggur yang baik bisa anda dapatkan dengan mudah di berbagai toko pertanian yang menjual bibit tanaman buah. Anda hanya perlu memesan dan akan disiapkan langsung oleh penjual bibit anggur unggulan.

Biasanya bibit anggur unggulan itu berasal dari perbanyakan bibit secara vegetatif, bibit yang diperbanyak menggunakan teknik grafting, okulasi, maupun sambung. Bibit yang diperbanyak secara vegetatif ini dapat tumbuh dan berbuah dengan lebih cepat jika dibandingkan penanaman secara penyemaian biji. Jadi bagi anda yang ingin menanam bibit anggur unggulan pilih bibit anggur yang diperbanyak secara vegetatif.

Pemilihan Pot & Media Tanam

Pilih pot yang berukuran diameter sekitar 60 cm dengan bahan yang terbuat dari apapun, asalkan memiliki lubang pada bagian dasarnya sebagai saluran drainase yang membuat tanah didalam pot tetap kering dan tidak tergenang oleh air.

Kemudian untuk media tanam anda bisa menggunakan tanah lempung berpasir dan juga sekam padi serta campuran pupuk kandang dengan perbandingan yang sama banyak, yakni 1:1:1.

Cara Menanam Anggur

Setelah semua bahan sudah lengkap anda bisa melakukan penanaman pada bibit anggur yang anda miliki. Siapkan terlebih dahulu lubang tanam tempat anda akan menanam anggur. Buat lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm atau sesuaikan lubang dnegan besranya bibit yang anda miliki.

Jika anda sudah selesai membuat lubang tanam masukkkan bibit anggur yang anda miliki ke dalam lubang tanam. Setelah itu timbun dengan media tanam yang sudah anda campurkan, setelah itu padatkan dan juga jangan lupa untuk menyirami bibit dengan air. Setelah itu berikan perawatan rutin seperti menyirami bibit dan juga memberikan pupuk untuk merangsang pertumbuhan pohon.

 

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=MAQU4LTqJNw&t=1s

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.