Cara Mendapatkan Listrik Gratis dengan Stimulus PLN

PLN kerap menyelenggarakan pemberian listrik gratis untuk membantu ekonomi masyarakat menengah kebawah. Terutama ketika pandemi seperti saat ini, banyak orang yang terkena dampak pandemi sehingga tak mampu membayar listrik. Inilah peran pemerintah memberikan listrik gratis bagi rakyatnya.

Untuk bulan Agustus 2021 ini termasuk dalam program bantuan COVID-19 yang telah ada sejak bukan Juli lalu dan rencananya akan berlanjut hingga bulan Desember 2021.

Nantinya pelanggan PLN akan memperoleh potongan harga atau diskon. Bagi pelanggan yang menggunakan berlangganan pascabayar maka nantinya diskon akan diberikan dengan melakukan pemotongan harga saat membayar tagihan rekening listrik PLN. Sedangkan bagi pelanggan yang menggunakan prabayar maka diskon akan diberikan saat melakukan pembelian token listrik.

Hal ini sesuai dengan pernyataan resmi PLN yang mengungkapkan bahwa untuk pengguna prabayar daya 450 VA tak perlu mengakses website atau layanan stimulus sebab listrik gratis dari program stimulus PLN dapat diberikan langsung saat pembelian token listrik.

 

Cara cek penerima stimulus listrik PLN

Pengecekan untuk mengetahui apakah pelanggan mendapatkan stimulus PLN atau tidak dapat dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile dan situs resmi PLN.

 

Melalui aplikasi PLN Mobile

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Namun pastikan anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi PLN Mobile melalui Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS.

Setelah terinstal, selanjutnya buka aplikasi lalu pilih menu info stimulus. Nantinya akan muncul kolom yang harus diisi dengan ID Pelanggan / Nomor Meter. Kemudian klik kirim.

 

Melalui website PLN

Untuk dapat mengecek penerima listrik gratis bisa juga dengan mengakses website resmi PLN di link: www.portal.pln.co.id kemudian klik “Diskon Stimulus Covid-19”. Nantinya akan muncul kolom nomor ID pelanggan PLN yang harus diisi dan kode captcha yang harus juga diisi. Kemudian klik “Cari”. Setelah itu masukan nomor KTP, nama sesuai dengan KTP dan juga alamat lengkap. Masukan kode captcha seperti selanjutnya lalu klik “Simpan”.

Apabila anda merupakan termasuk pelanggan PLN yang menerima diskon listrik nantinya akan muncul keterangan seberapa besar diskon yang anda terima.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.