Cara Menyimpan Kue Kering Lebaran Supaya Renyah, Tahan Lama dan Tak Melempem

Hari lebaran menjadi sebuah hari yang paling di tunggu banyak umat beragama. Moment indah yang sering kali di gunakan untuk kumpul – kumpul bareng saudara, keluarga hingga sahabat. Tidak elok rasanya saat kejadian ini tak memberikan sajian yang baik juga. Salah satu yang perlu di hidangkan adalah kue kering.

Bila kue kering lebaran ini di hidangkan di atas meja, siapa yang dapat menolaknya??? Rasanya lezat dan bisa dinikmati saat ngobrol – ngobrol menjadi salah satu pilihan. Daya tahan dari kue kering sendiri bisa bertahan dalam waktu yang lama kalau dibandingkan dengan kue basah. Dan ternyata kue kering sendiri bisa melempem loh bahkan jamuran sehingga bila tetap dimakan tidak akan enak rasanya dan juga bisa berbahaya kalau ada jamurnya. Maka itu diperlukan cara yang tepat dalam menyimpannya agar tetap enak di makan.

Bagaimana sih cara menyimpan kue kering agar tetap renyah dalam waktu yang lama?? Baca ulasannya saja disadur dari website velavinka bakery, kalian akan menemukan cara yang tepat dan mudah pastinya. Simak ya!!!

1. Dinginkan dahulu

Pastikan kue kering ini sudah 100% dingin sebelum diletakkan di dalam toples sehingga di diamkan saja pada suhu ruangan. Saat dalam keadaan panas kue sendiri ada uapnya bila di paksa di masukkan maka di dalam akan menjadi lembab. Kondisi lembab ini akan membuat jauh lebih cepat melempem dan rusak. Bila ingin cepat kering bisa letakkan di atas kertas roti yang membantu menyerap lebih cepat 

2. Simpan di toples

Untuk jenis toples yang bagus adalah wadah yang bahannya dari kaca bukan plastik. Pilih toples yang bagian penutupnya ini ada karet. Membuat saat di tutup akan kedap udara.

3. Pastikan toples dalam keadaan bersih

Kebersihan dari toples sendiri harus diperhatikan. Cek dulu kebersihan sebelum kue dimasukkan.Jangan lupa juga dalam keadaan kering. Supaya toples dalam keadaan kering maka bisa melapnya dengan kain bersih, di angin – anginkan hingga di jemur.  Bila sebelumnya digunakan untuk meletakkan kue maka bersihkan hingga bersih bila perlu dicuci hingga benar – benar bersih.Jangan lupa berikan silica gel. 

4. Hindari sinar matahari. 

Untuk menjaga agar terus renyah, maka simpan kue kering ini pada suhu ruang. Misalkan di ruang tamu, ruang makan. Dan pastikan untuk selalu menghindari sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari ini akan membuat cepat rusak.

5. Simpan di kulkas

Agar menjadi lebih tahan lama, aneka kue kering bisa di masukkan ke dalam kulkas. Suhu yang ada di kulkas ini mampu menjadikan kue tetap kering dan bisa bertahan lebih lama. Pastikan sebelum memasukkannya harus tertutup rapat sehingga rasa yang ada pun tak akan rusak dan juga tak terkontaminasi dengan bau makanan yang ada di dalamnya.

6. Jangan dicampur 

Kesalahan orang yang sering terjadi adalah dengan mencampur kue kering dalam satu wadah. Yes ini adalah kesalahan terbesar selama ini. Ada 2 jenis kelompok yakni kue yang bertekstur lembut dan renyah. Untuk jenis lembut ini seperti nastar, putri salju. dan jenis renyah layaknya semprong.

7. Masukkan ke oven

Kalau memang ternyata kue keringnya sudah melempem, maka cara paling mudah untuk mengembalikan kerenyahannya adalah dengan mengoven. Pastikan jangan terlalu lama di dalam sekitar 5 menitan saja dengan suhu sedang saja. Bila di rasa sudah kering dan pas ya segera dimakan lagi. 

 

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.