Cara Pasang CCTV Tanpa DVR Yang Gampang

Cara Pasang CCTV Tanpa DVR Yang Gampang

Saat ini semakin banyak orang menggunakan CCTV, sebagai salah satu alat pengaman di area rumah atau perkantoran. Biasanya hasil rekaman kamera pengintai akan disimpan dalam Digital Video Recorder (DVR), tapi memang harganya relatif mahal. Eits, Tenang! Sekarang Anda bisa pakai cara pasang CCTV tanpa DVR sangat mudah dan biayanya juga lebih murah.

Apa bedanya CCTV pakai atau tanpa DVR? Pada kondisi standar, ketika CCTV hanya langsung dihubungkan pada monitor tanpa adanya media penyimpanan Anda hanya bisa melihat. Sedangkan memutar ulang dan menyimpan video, tidak akan bisa dilakukan. Tapi, solusi terbaiknya adalah memilih kamera pengintai dengan slot penyimpanan melalui SD card.

Cara Pasang CCTV Tanpa DVR

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membeli jenis CCTV memory card, dimana nantinya video rekaman akan otomatis tersimpan di dalam memory card tersebut. Selanjutnya, tinggal mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Letakkan CCTV di tempat yang diinginkan.
  2. Masukkan memory card jenis micro SD pada slot yang tersedia, pada bagian bawah atau belakang kamera pengintai Anda.
  3. Sambungkan CCTV dengan kabel USB ke charger, agar kamera bisa bekerja maksimal sesuai kapasitas baterainya.
  4. Selama bekerja, CCTV akan merekam semua gambar dan suara (jika memilih CCTV yang dilengkapi audio).
  5. Secara berkala, Anda bisa mengambil memory card tersebut lalu memasukkannya ke dalam slot USB pada perangkat komputer atau monitor TV Anda.
  6. Semua rekaman bisa dilihat dan di cek sesuai kebutuhan, kemudian Anda juga bisa menghapus hasil rekaman atau menyimpannya ke dalam perangkat komputer.
  7. Setelah itu tinggal memasukkan kembali memory card pada CCTV, untuk perekaman video dan audio selanjutnya.

Cara Pasang CCTV Tanpa DVR Yang Gampang

Tips Menggunakan CCTV Tanpa DVR

Jika Anda memang memilih menggunakan cara pasang CCTV tanpa DVR, ada beberapa tips agar proses rekam dan pengecekan rekaman berjalan lancar yaitu:

1. Kapasitas Memory Card

Pilih memory card dengan kapasitas besar, sehingga Anda bisa lebih puas menyimpan rekaman untuk durasi yang lama. Kalau kapasitasnya kecil, otomatis hanya sedikit video yang bisa disimpan. Bisa saja pada momen yang diinginkan, malah sudah tidak tersimpan pada memory card tersebut.

2. Kabel USB Memadai

Untuk pengecekan lebih leluasa, Anda bisa langsung menyambungkan CCTV ke perangkat komputer menggunakan kabel panjang yang cukup. Sehingga tak perlu tiap sebentar mengambil memory card dari kamera pengintai.

3. Pengecekan Berkala

Anda tetap perlu melakukan pengecekan berkala video rekaman yang tersimpan pada memory card.

4. Letak CCTV

CCTV harus diletakkan di tempat yang tepat, agar semua visual yang diinginkan bisa terekam dengan baik sesuai keinginan.

Demikianlah deretan cara pasang CCTV tanpa DVR yang bisa Anda terapkan, cukup mudah bukan? Anda bisa hemat biaya, perangkat dan tempat tapi tetap dengan hasil rekaman yang maksimal dan bisa dicek kapan pun Anda menginginkannya.

Penulis website bjcem.net punya informasi kamera cctv indoor murah di toko online cctv di jakarta barat paling laris se Jakarta. Mungkin anda bisa coba baca informasi yang saya rekomendasikan ini.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.