Cara Terbaik untuk Belajar Javascript

Sulit dipercaya bahwa Javascript baru berusia beberapa puluh tahun. Bahasa pemrograman ini telah berkembang jauh sejak awal yang sederhana sebagai bahasa skrip yang kurang dikenal yang sebagian besar digunakan oleh Microsoft untuk browser web. Saat ini, ini adalah bahasa pemrograman paling populer yang digunakan di internet dan mendukung banyak situs web favorit dari berbagai perusahan. Namun terlepas dari betapa Javascript ada di mana-mana sekarang, masih banyak orang yang tidak tahu apa itu atau bagaimana cara mempelajarinya. Itu sebabnya artikel ini mengumpulkan daftar sumber daya ini untuk siapa saja yang ingin mulai belajar Javascript.

Javascript adalah "bahasa tingkat tinggi" dalam ilmu komputer, yang berarti lebih dekat dengan bahasa manusia daripada bahasa mesin 0s dan 1s yang membingungkan. Sebagai gantinya, seperti bahasa manusia seperti bahasa Inggris atau Spanyol, Javascript dapat ditulis dalam kombinasi huruf, angka, dan simbol apapun selama perhitungan dapat ditentukan dari kode itu. Javascript tidak hanya digunakan untuk situs web. Karena keserbagunaannya, ini telah menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer yang digunakan saat ini.

Ada banyak sumber daya yang tersedia bagi siapa saja yang ingin mulai belajar Javascript. Anda dapat menemukan kelas di universitas di seluruh negeri, video gratis di Youtube atau Vimeo, dan bahkan ada beberapa buku yang bagus untuk pemula. Ada beberapa tempat yang harus Anda mulai jika Anda ingin mulai belajar Javascript.

 

Situs Web Tempat Belajar JavaScript

MDN – MDN menawarkan panduan pemula untuk Javascript dengan contoh interaktif dan cuplikan kode yang dapat dicoba langsung di browser Anda. Ini adalah sumber yang bagus untuk siapa saja yang ingin melihat cara kerja contoh atau hanya mempelajari sintaks Javascript.

Pelatihan JavaScript Online Nextgen – Pelatihan online melalui materi dalam situs web Nextgen. Situs web ini sangat bagus bagi pemula yang ingin belajar JavaScript langsung dengan praktek coding.

Udacity – Kursus ini akan mengajarkan Anda dasar-dasar Javascript serta topik integral seperti Struktur Data dan Pemrograman Berorientasi Objek (untuk programmer yang lebih mahir).

 

Buku JavaScript

Pemrograman Javascript Head First – Anda tidak bisa mengabaikan versi singkat dari seri Head First ini. Buku ini mengajarkan Javascript menggunakan gambar, contoh kode, dan latihan untuk membuat Anda tetap terlibat di seluruh proses belajar dengan metode menarik dan tidak membosankan.

JavaScript: The Good Parts – Buku ini ditulis oleh Douglas Crockford, seorang ilmuwan komputer yang dikenal karena karyanya dalam Javascript. Dalam buku ini, Crockford menjelaskan dengan tepat bagian Javascript mana yang layak dipelajari dan bagian mana yang harus Anda hindari.

JavaScript: Panduan Definitif – Meskipun buku ini mungkin memiliki kurva belajar yang lebih panjang daripada yang lain, ini adalah sumber yang sangat berharga bagi siapa saja yang ingin mempelajari Javascript secara lebih mendalam. Douglas Crockford sendiri yang menulis tiga edisi pertama buku ini.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.