Cari Tahu Disini! Inilah Analisa Strategi Bisnis dari Faktor Eksternal

Untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis seperti paket usaha laundry, tidak hanya bergantung pada kualitas produk yang diciptakan. Beberapa pelatihan bisnis online menekankan untuk melakukan analisa bisnis dari faktor eksternal yang juga menentukan. Materi analisa strategi bisnis sebenarnya cukup luas, namun kali ini hanya akan dibatasi pada faktor eksternalnya.

Menganalisa pilihan strategi harus memperhitungkan dengan matang bagaimana faktor eksternal bisa mempengaruhi. Faktor eksternal ini biasanya tidak berbicara kualitas produk atau pelayanan yang Anda berikan. Melainkan menyangkut keinginan konsumen, kondisi pasar dan persaingan yang akan dihadapi. Artinya Anda harus melakukan analisa lingkungan dan kondisi persaingan secara menyeluruh yang berkaitan dengan produk Anda.

Analisa Strategi Bisnis Faktor Eksternal

Mengenal faktor eksternal tentu memberikan dampak positif terhadap bisnis. Hal ini membuat materi pelatihan bisnis online bisa lebih fokus terhadap analisa strategi bisnis yang akan dilakukannya.

  • Apa yang paling dibutuhkan pelanggan?

Pertanyaan ini penting untuk dijawab terutama kebutuhan pelanggan di masa mendatang. Misalnya, di bisnis kuliner yang terus mengalami perkembangan pasti perlu update menu andalan agar pelanggan tidak bosan.

Nah, seperti apa makanan yang diminati pelanggan di masa mendatang? Berikan inovasi pada bisnis kuliner Anda agar tidak monoton.

  • Perusahaan mana yang memiliki posisi terkuat dan terlemah?

Dengan memetakan kekuatan kompetitor, setidaknya Anda memiliki gambaran tentang persaingan bisnis. Mulailah dengan membuat list nama-nama besar yang sudah ada di Pasar tersebut.

Kemudian mulai melangkah ke seberapa jauh lingkup pemasarannya. Dengan mengetahui hal-hal di atas, setidaknya Anda tahu mana pesaing potensial yang bisa Anda kalahkan secara sportif.

  • Langkah apa yang dilakukan oleh rival?

Anda wajib mengetahui strategi bisnis yang dikeluarkan oleh pesaing. Tujuannya untuk menganalisa apakah produk atau strategi tersebut bisa meraup pangsa pasar besar? Apakah strategi tersebut bisa mengancam Anda?

  • Apa kunci utama untuk memenangkan persaingan?

Anggap saja pesaing Anda sudah mengeluarkan produk baru dan meraih sukses di pasaran. Lakukan analisa terhadap strategi pesaing Anda yang berhasil sukses itu.

Kemudian langkah apa yang bisa dilakukan untuk menyainginya? Ingat! Bukan untuk ditiru, melainkan untuk memberikan perlawanan secara sehat dalam sebuah bisnis.

 

Materi analisa strategi bisnis di atas biasanya selalu diangkat dalam kelas-kelas pelatihan bisnis online. Apakah materi ini membuat Anda tertarik?

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.