Kantong semar

Ciri Ciri Bunga Kantong Semar

Di alam semesta ini sendiri terdapat berbagai jenis sumber daya alam yang dapat kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kita dalam hidup. Misalnya sumber daya alam tumbuhan, hewan, tanah, emas, tambang nikel dan lain lain.

Nah untuk sumber daya alam tumbuhan sendiri memiliki beberapa jenis dan spesies tertentu pastinya. Contohnya adalah tanaman bunga kantong semar, tanaman bunga kantong semar tentunya memiliki bentuk dan ciri khusus yang tidak dimiliki oleh tanaman lain.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai beberapa ciri ciri yang di miliki oleh bunga kantong semar, yang tentunya ciri khusus tersebut tidak di punyai oleh tanaman jenis lain.

Kantong semar

Selain itu bunga kantong semar juga bisa dikategorikan jenis tanaman bunga langka di Indonesia lho. Kenapa sih bunga kantong semar termasuk jenis tanaman bunga yang langka di Indonesia, alasanya adalah karena tanaman ini diambil berlebihan oleh manusia untuk koleksi tanaman hias.

Yuk langsung saja ke penjelasan mengenai beberapa ciri khusus yang dimiliki oleh bunga kantong semar, yang tentunya informasi ini telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya dan juga terbaik sehingga menjamin kualitas informasi yang kami buat.

Ciri Ciri Bunga Kantong Semar

  1. Dapat menangkap dan mencerna serangga sebagai makanan ataupun nitrogen

Ciri yang pertama adalah memiliki kantong semar yang dapat menangkap dan mencerna serangga, ciri tersebut tentunya tidak dimiliki oleh jenis tanaman lain.

Biasanya hewan atau serangga yang menempel pada tumbuhan ini akan langsung ditangkap dengan cara menutup lubang pada kantong semarnya sehingga hewan tersebut mati karena terkena cairan racunnya.

      2. Memiliki daun seperti piala

Yang kedua ciri yang dimiliki bunga kantong semar adalah memiliki daun seperti piala, kenapa seperti piala lihat saja bentuk daunnya yang hampir menyerupai bentuk piala yang biasanya diberikan kepada orang yang berprestasi dalam bidangnya.

Nah meskipun ada beberapa jenis tumbuhan yang mempunyai daun seperti piala, tumbuhan bunga kantong semarlah yang hampir 100% daunnya mirip terhadap piala.

      3. Kantong semar dapat mengeluarkan nektar sebagai umpan memikat serangga

Ciri yang terakhir dimiliki oleh bunga kantong semar adalah bunga kantong semar dapat mengeluarkan senyawa nectar yang berfungsi untuk memikat serangga.

Nektar sendiri adalah cairan manis yang terdapat di bunga sebuah tanaman, dengan cairan manis yang di sebut nektarlah tumbuhan akan terpancing untuk datang hinggap, kemudian selanjutnya akan di makan oleh bunga kantong semar.

Semoga informasi yang kami buat ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya, apabila ada salah kata ataupun ketikan mohon maaf sebesar besarnya.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.