Daftar Gaji Pilot Indonesia Terbaru 2022

Wajar jika gaji pilot itu bisa dikatakan fantastic. Hal itu dikarenakan untuk pendidikannya saja dibutuhkan biaya yang tidak sedikit bahkan bisa mencapai ratusan juta. Di Indonesia sendiri rata-rata penghasilan yang bisa diperoleh dari profesi tersebut yaitu 45 juta keatas.

 

Mengenal Profesi Pilot

Pilot merupakan sebutan untuk seseorang yang mengemudikan pesawat terbang. Dimana profesi ini menuntut sebuah skill dalam mengawaki transportasi udara tersebut. Oleh karena itu untuk mewujudkan cita-cita tersebut perlu menempuh pendidikan di sekolah penerbangan.

Di dalam kegiatan penerbangan seorang pilot akan mengemudikan transportasi udara ini sesuai dengan flight plan. Perlu diketahui bahwa untuk pesawat multi crew perlu ditentukan pembagian tugas. Misalnya siapa bertugas sebagai pilot flying dan pemantau.

Di dalam pesawat terdapat sebuah kotak hitam. Dimana berfungsi untuk merekam pembicaraan yang dilakukan oleh pilot, kopilot dengan petugas pelayanan lalu lintas. Alat ini sangat penting untuk dianalisa guna mencegah terulangnya kecelakaan.

Besarnya Gaji Pilot

Perlu diketahui bahwa Cina merupakan negara pertama yang menetapkan gaji seorang pilot mencapai 4 miliar setiap tahunnya. Hal itu dikarenakan populasi penduduknya yang besar. Maka dari itu tidak heran jika masyarakat sangat membutuhkan mode transportasi ini.

Negara kedua yang memberikan gaji tinggi kepada seorang pilot yaitu Belanda. Di mana pendapatan yang bisa diperoleh setiap tahunnya sebesar 3,3 miliar. Pendapatan itu termasuk tinggi meskipun wilayahnya tidak seluas dengan Cina.

Sedangkan gaji pilot di Indonesia ditentukan berdasarkan tingkat jabatan yang dijalani. Itu artinya semakin tinggi kedudukannya maka pendapatan yang diperoleh setiap tahunnya akan besar. Untuk mengetahui besarnya upah profesi ini silakan baca tabel di bawah.

Jabatan

Gaji

First office

Rp 15.000.000-Rp 20.000.000

Co pilot

Rp 30.000.000-Rp 40.000.000

Captain

Rp 50.000.000

Pilot junior

Rp 60.000.000

Pilot senior

Rp 100.000.000 – Rp 150.000.000

Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa gaji pilot yang ada di Indonesia ditentukan berdasarkan jabatan yang dijalani. Tidak hanya itu seseorang yang berprofesi sebagai pilot juga akan mendapatkan berbagai macam tunjangan dan bonus dari perusahaan. 

Sumber: gajiperbulan.com

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.