Florist Indonesia

Florist Indonesia, Profesi Menyenangkan dengan Penghasilan Menggiurkan

Florist merupakan istilah umum dalam perdagangan bunga profesional. Saat ini florist menjadi booming di kalangan masyarakat. Masyarakat milenial lebih ekspresif dalam mengungkapkan perasaannya. Hal inilah yang membuat bisnis ini menjadi booming. Banyak orang yang menekuni bidang usaha ini sebagai sumber penghasilan mereka. Florist Indonesia bisa menjadi sebuah profesi yang menyenangkan dengan penghasilan yang menggiurkan. Tak tanggung-tanggung, penghasilan per bulan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Anda tertarik?

Florist tidak hanya terbatas untuk kaum perempuan saja lho. Akan tetapi, laki-laki juga tidak ada salahnya untuk mendalami bidang yang satu ini. Untuk menjadi Florist Indonesia, Anda tidak perlu memiliki ladang bunga sendiri, berikut ini tips untuk memulai bisnis florist, produk serta komunitas florist.

Tips Memulai Bisnis Florist

Florist Indonesia

Untuk memulai bisnis florist, ternyata tidak perlu memiliki modal yang banyak. Namun, Anda harus tahu trik-trik tepat untuk memulai bisnis ini. Mulai dari pemilihan tempat yang strategis. Toko bunga yang akan Anda buka harus berada di tempat yang strategis supaya gampang ditemui konsumen. Misalnya di dekat pasar, perkantoran, universitas, atau di pinggir jalan raya. Jika ingin lebih berhemat, Anda bisa membuka toko di rumah dengan catatan lokasinya harus strategis, misalnya di pinggir jalan raya.

Anda harus belajar memahami jenis-jenis bunga dan karakteristiknya. Seluk beluk bunga seperti kapan jadwal berbunga serta berapa lama bunga bisa bertahan setelah dipanen akan sangat bermanfaat. Hal ini dapat mengurangi resiko bunga layu sebelum sampai tujuan. Saat ini bunga impor semakin diminati konsumen, jadi tidak ada salahnya kalau Anda juga mempelajari bunga-bunga impor tersebut.

Sebagai seorang florist tentunya Anda harus bisa merangkai bunga. Anda bisa mempelajarinya secara otodidak melalui video atau mengikuti kelas merangkai bunga. Anda harus berani berinovasi dan menciptakan rangkaian bunga baru agar dagangan Anda laris manis. Jangan hanya terpaku dengan model rangkaian bunga yang sudah ada di pasaran. Sebagai referensi Anda bisa melihat-lihat hasil rangkaian bunga dari florist Jepang, siapa tahu bisa menginspirasi.

Bisnis florist tidak harus memiliki ladang bunga sendiri. Anda bisa mengatasinya dengan mencari distributor bunga. Cari distributor bunga yang terpercaya dan lokasinya tidak terlalu jauh dari toko Anda. Survei terlebih dahulu beberapa distributor bunga untuk membandingkan kualitas, harga, dan lama waktu pengiriman bunga tersebut.

Selain bunga dan kelengkapannya, bisnis ini juga memerlukan kelengkapan yang lain. Misalnya tempat untuk menyimpan bunga dan kendaraan angkut. Anda dapat menggunakan kendaraan sendiri. Atau Anda juga bisa mempertimbangkan sewa kendaraan jika diperlukan, selama tidak mengurangi keuntungan yang diperoleh.

Dalam menjalankan bisnis ini, Anda tidak dapat bekerja sendiri. Anda perlu bantuan. Anda dapat mempertimbangkan untuk memperkerjakan orang lain, mulai dari membantu merangkai bunga, merawat bunga, sampai mengantar pesanan. Makin banyak karyawan, maka Anda akan semakin cepat dalam melayani konsumen.

Hal terakhir yaitu promosi. Promosikan toko bunga Anda ke semua orang. Saat ini ada banyak media yang dapat digunakan untuk mempromosikan usaha Anda. Anda bisa mulai promosi dari mulut ke mulut, memasang banner di tempat-tempat strategis. Serta promosi melalui media sosial misalnya Facebook, Instagram, Pinterest, dll. Unggahlah foto-foto dari produk rangkaian bunga Anda ke media sosial supaya dapat dilihat oleh lebih banyak orang. Anda dapat menggunakan jasa fotografi agar hasil foto produk Anda lebih menarik.

Produk Florist

Berbagai produk rangkaian bunga dapat berupa bunga papan, baik bunga papan pernikahan, ucapan selamat, duka cita, wisuda, atau hand bouquet, standing flower, table bouquet. Cobalah kreasi-kreasi baru dalam merangkai produk Anda. Jangan sungkan untuk mengikuti florist yang sudah ternama dan memiliki banyak penggemar.

Selain menggunakan bunga lokal, Anda juga perlu mencoba bunga impor untuk rangkaian bunga yang Anda jual. Saat ini bunga impor sudah memiliki banyak penggemar di Indonesia. Kreasikan rangkaian dari bunga lokal dengan bunga impor. Selalu mengikuti perkembangan pasaran agar produk Anda tidak ketinggalan jaman. Jangan kaku, Anda harus bisa fleksibel mengikuti keinginan konsumen agar kepuasaan konsumen selalu terjaga.

Selain menerima pesanan rangkaian bunga, tidak ada salahnya Anda juga mencoba menerima pesanan dekorasi ruangan, misalnya untuk pernikahan, dekor ruang tamu, lobi hotel, kamar hotel, atau acara-acara lainnya. Anda harus terus mencari inovasi-inovasi baru agar dagangan Anda laris manis. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan tingkat kepuasaan konsumen. Karena dalam bisnis ini Anda tidak hanya menjual prosuk tetapi juga menjual jasa.

Komunitas Florist

Untuk mengetahui perkembangan terbaru yang ada di masyarakat, Anda perlu mengikuti komunitas florist Indonesia. Anda bisa mengikuti komunitas florist yang ada di kota Anda. Dengan mengikuti komunitas florist di kota Anda akan ada banyak informasi terbaru yang bisa Anda dapatkan. Informasi seputar harga bunga, distributor bunga, jenis-jenis bunga baru yang saat ini digemari konsumen akan lebih mudah didapatkan. Anda juga bisa berbagi model rangkaian bunga terbaru. Anda bisa berbagi saran dan kritik dalam komunitas. Diskusi mengenai kisaran harga untuk rangkaian bunga tertentu.Selain informasi, Anda juga dapat memperluas jaringan bisnis Anda.

Selalu memperhatikan kepuasaan konsumen dan memiliki inovasi baru merupakan kunci utama dalam bisnis ini. Florist Indonesia bisa menjadi pundi-pundi uang bagi Anda.Tertarik menekuni bisnis yang satu ini? Selamat mencoba.

Baca juga: Florist Samarinda

 

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.