Gunakan 7 Metode ini Untuk Optimasi SEO di Instagram Anda

Ternyata optimasi SEO juga bisa dilakukan di aplikasi social media, sebagai contohnya Anda bisa melakukan hal tersebut menggunakan aplikasi Instagram.

SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu hal penting yang Anda butuhkan ketika Anda hendak atau sedang mengelola sebuah situs. SEO diperlukan sebagai alat agar situs kita dapat dilihat dan berada di peringkat teratas saat client sedang melakukan pencarian di halaman pencarian Google.

Umumnya SEO lebih sering digunakan untuk situs, tapi tahukah Anda ternyata SEO juga bisa diterapkan di platform social media seperti Instagram? Berikut akan kami paparkan beberapa metode yang dapat dilakukan untuk optimasi SEO pada aplikasi Instagram.

 

1. Sunting Profil Anda Selengkap dan Sebagus Mungkin

Menyunting profil Instagram Anda menjadi lebih menarik dan melengkapi semua infonya merupakan hal penting untuk optimasi SEO Anda. Berikut beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian lebih untuk mengoptimalkan profil Instagram anda.

  • Jangan private akun Instagram Anda
  • Gunakan foto profil yang menarik, sesuai identitas brand dan terlihat penuh dengan warna.
  • Jangan gunakan nama pengguna yang asing atau sulit dikenali, sulit diketik dan sulit dicari.
  • Jadikanlah akun tersebut sebagai akun bisnis.
  • Sertakan link yang berkaitan dengan bisnis Anda pada kolom bio.

Jangan sekali-kali Anda mengabaikan hal-hal diatas, meskipun terlihat sepele ketahuilah hal-hal tersebut merupakan hal-hal yang sangat penting untuk dilakukan.

 

2. Masukkan kata kunci utama pada nama pengguna dan display name akun Anda

Pemilihan display name dan nama pengguna mengambil peran utama dalam cepatnya perkembangan dan ketenaran akun bisnis Anda. Hal ini juga menjadi salah satu bagian dari optimasi SEO Instagram.

Jangan lupa untuk menggunakan kata kunci yang sesuai dengan bisnismu, gunakanlah kata kunci yang mudah dicari, diketik dan diingat. Jangan menggunakan kata kunci yang tidak pasaran atau asing. Hal itu berguna agar saat ada klien sedang mencari kata kunci tersebut, maka akun Anda akan berada di bagian teratas dalam pencarian.

 

3. Sertakan Kata Kunci Turunan Bio

Seperti yang sudah kami jelaskan, penggunaan kata kunci memiliki peranan penting dalam akun bisnis Anda. Oleh sebab itu penting pula untuk menyertakan kata kunci turunan didalam bio akun Instagram bisnis Anda.

Sebagai contoh, Anda memiliki akun dengan kata kunci utama karbohidrat, maka gunakanlah kata kunci turunan seperti nasi, ubi, sagu dan lain sebagainya.

 

4. Sertakan Hashtag pada Kata Kunci Anda

Salah satu cara agar brand kita dikenal oleh pengguna atau klien adalah dengan cara menyertakan hashtag pada kata kunci Anda. Untuk cara lainnya, buatlah hashtag dengan menggunakan kata-kata lain yang bisa menggambarkan bisnis Anda.

Anda juga bisa menggunakan nama bisnis Anda sebagai hashtag agar lebih unik dan menarik pembeli sekalian mempromosikan nama brand Anda agar lebih mudah dikenal oleh client lain.

 

5. Sertakan juga Kata Kunci pada Keterangan Postingan Anda

Keterangan postingan atau yang biasa disebut dengan caption  memiliki peranan penting dalam menarik perhatian pengguna baru. Itulah alasan mengapa Anda harus sebisa mungkin membuat caption menjadi menarik agar membuat orang menjadi tertarik untuk mengikuti akun kita.

Untuk pengoptimalan SEO, kita harus menyertakan kata kunci hal itu yang membuat postingan kita lebih mudah untuk ditemukan oleh pengguna.

 

6. Gunakan Fitur Instagram alt text

Fitur ini merupakan fitur yang digunakan untuk membantu pengguna tunanetra dalam menikmati aplikasi ini. 

Namun, tahukah Anda bahwa fitur ini juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan SEO pada Instagram?

Penggunaan alt text dapat membantu postingan kita mendapatkan peringkat satu dalam pencarian algoritma di Instagram. Jadi manfaatkanlah fitur tersebut untuk optimasi SEO Anda.

 

7. Pantau perkembangan akun Anda dengan Fitur Analitik

Setelah menggunakan metode-metode diatas, jangan lupa untuk selalu memantau perkembangan akun Instagram kita menggunakan fitur analitik yang sudah disediakan oleh aplikasi Instagram.

Fitur ini memudahkan Anda untuk memantau perkembangan akun Instagram Anda. Jadi kamu dapat dengan mudah menganalisa kinerja akun Anda supaya bisa dijadikan sebagai bahan penyusunan strategi supaya akun Anda menjadi lebih baik dan lebih banyak diminati oleh pengguna baru.

Itulah 7 metode yang bisa Anda lakukan untuk optimasi SEO pada Instagram Anda. Jika Anda ingin meningkatkan optimasi media sosial dengan maksimal. Anda bisa menggunakan jasa SMM Panel untuk membantu dalam mengoptimalkan kinerja semua jenis media sosial Anda. 

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.