bisnis bunga papan

Hal – Hal Yang Mesti Diperhatikan Sejak Awal Sebelum Memulai Bisnis Bunga Papan

Banyak sekali orang yang tertarik menggeluti bisnis bunga, baik itu bunga potong, bunga papan maupun bunga kebun. Namun tak sedikit yang mengurungkan niatnya karena tidak tahu bagaimana cara memulainya. Padahal dengan berbisnis, Anda bisa memperoleh banyak keuntungan.

Baca juga: Karangan bunga pontianak

Memiliki usaha, memungkinkan seseorang untuk menjalankan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakatnya. Selain itu, Anda juga akan terbebas dari peraturan kantor yang bersifat  mengikat dan jam kerja ekstrim yang menyerap banyak energi.

Tak heran kalau saat ini banyak generasi muda, baik millenial maupun gen Z yang lebih memilih membangun usaha sendiri ketimbang bekerja di kantor. Hal itu dikarenakan, sifat “bisnis” yang fleksibel. Bagi mereka yang tidak suka aktivitas monoton tentu bakal tertarik menekuni bidang ini. Selain itu, jam kerja yang cukup elastis juga membuat orang tergiur untuk terjun ke dalamnya.

Salah satu bisnis yang bisa Anda coba ialah toko bunga. Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar. Bahkan, Anda tidak harus memiliki kios untuk berjualan. Cukup siapkan beberapa hal yang diperlukan saja, seperti di bawah ini misalnya :

Hal – Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Memulai Bisnis Bunga

bisnis bunga papan

Tabungan

Sebelum mantap memulai bisnis toko bunga, sebaiknya Anda memiliki tabungan yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan Anda. Hindari meminjam uang di bank, karena Anda bisa menghadapi permasalahan yang lebih besar di kemudian hari. Adapun jika modal yang Anda miliki tidak cukup, maka Anda bisa memperoleh dana dari menjual aset – aset yang Anda miliki, seperti tanah, rumah, atau mobil.

Tentukan Identitas Bisnis

Identitas bisnis tak kalah pentingnya dengan menyiapkan tabungan. Toko bunga Anda perlu nama untuk dapat dikenal oleh publik. Selain itu, nama diperlukan untuk membangun branding. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan nama yang tepat untuk bisnis Anda. Tipsnya adalah memilih nama yang unik. Sebab, nama yang unik cenderung lebih mudah diingat oleh publik.

Hindari memilih nama yang mirip dengan nama bisnis orang lain. Pasalnya, hal tersebut dapat dikategorikan sebagai upaya pelanggaran hak cipta. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan riset yang mendalam terkait kekayaan intelektual nama bisnis  Anda sebelum melangkah lebih jauh.

Daftarkan Bisnis Anda Secara Resmi

Selanjutnya, Anda perlu mendaftarkan bisnis Anda ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Perlu  juga untuk membuat badan hukum usaha seperti Perseroan Terbatas (PT), CV, atau yang lainnya. Hal yang demikian bermaksud agar Anda bisa menjalankan bisnis toko bunga dengan aman dan nyaman lantaran sudah terdaftar secara resmi dan memiliki landasan hukum yang jelas.

Membuat Rekening Bisnis

Ketika memutuskan untuk membuka usaha, sebaiknya Anda memiliki rekening bisnis secara terpisah. Hal ini bertujuan untuk memisahkan uang pribadi dengan modal usaha. Dengan demikian, lalu lintas uang pribadi dan modal usaha menjadi lebih terkontrol.

Sebelum membuka rekening baru, Anda perlu melakukan riset terkait reputasi bank dan produk – produk yang tepat buat bisnis Anda. Hindari memilih bank secara asal – asalan. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak bank terkait hal tersebut.

Memperluas Relasi

Tak dapat dipungkiri bahwa memiliki teman yang berpengalaman di bidang bisnis toko bunga bisa membuat Anda lebih siap secara mental untuk memulai usaha. Sebab, kehadiran mereka tak ubahnya seperti tutor yang siap membagikan saran dan kritik kapan pun Anda memintanya. Jadi, ayo perluas relasi Anda mulai dari sekarang !

 

 

 

 

 

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.