Ini Dia Cara Belajar Baca Alquran Otodidak Wajib Anda Coba

Bagaimana cara belajar baca Al Quran otodidak?

Setiap muslim diwajibkan untuk bisa membaca Al Quran dan mempelajarinya. Tidak hanya sekedar membaca saja, tetapi juga melafalkannya dengan baik dan benar.

Mempelajari Al Quran memang tidak mudah dan harus belajar secara bertahap. Sehingga para pemula yang ingin mahir membaca Al Quran harus sabar dan menikmati setiap prosesnya. Sebab, belajar membaca Al Quran tidak bisa langsung secara instan.

Cara Belajar Baca Al Quran Otodidak, Berikut Ini Caranya

Jika dikatakan mudah, maka tidak terlalu mudah. Namun jika dibilang sulit, maka tidak terlalu sulit. Akan lebih baik jika belajar Al Quran dimulai sejak dini dan harus dengan dampingan orang tua.

Apabila anda ingin belajar secara otodidak, maka ada beberapa tips yang bisa anda gunakan. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan dengan mudah.

1. Mulai Mengenal Huruf Hijaiyah

Tips yang pertama adalah mempelajari huruf hijaiyah. Kini teknologi sudah semakin canggih sehingga anda bisa mencari referensi cara membaca huruf hijaiyah.

Pastikan anda mengenal dan membaca huruf hijaiyah dengan baik serta benar. Sebab, huruf hijaiyah merupakan dasar dalam membaca Al Quran. Apabila pelafalan huruf hijaiyah kurang tepat, maka ketika membaca artikel juga kurang tepat.

2. Mempelajari Tanda Baca Harakat

Cara membaca Al Quran otodidak yang selanjutnya adalah mempelajari tanda baca harakatnya. Selain huruf hijaiyah, tanda baca harakat juga sangat penting. Agar bisa membaca huruf hijaiyah tersebut, maka anda memerlukan tanda baca harakat.

3. Mempelajari Tajwid Al Quran

Cara yang selanjutnya adalah mempelajari tajwid Al Quran. Ilmu tajwid Al Quran juga sangat penting untuk anda pelajari. Tajwid sendiri merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana cara membunyikan bacaan Al Quran dengan baik dan benar.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa membaca Al Quran tidak boleh sembarangan. Apabila pelafalannya salah, maka arti yang ingin disampaikan juga tidak benar.

Jika ingin belajar membaca Al Quran secara otodidak, maka anda harus mengatur waktu dengan baik. Anda harus memiliki niat dari dalam hati. Apabila ada kesulitan, maka jangan sungkan untuk bertanya. Beberapa cara belajar baca Al Quran otodidak diatas juga bisa anda jadikan sebagai tips penting dalam membaca Al Quran.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.