cat kayu

Jenis Cat Interior untuk Rumah Kayu dan Cara Memilihnya

Menggunakan elemen kayu pada interior rumah sudah lama digandrungi banyak orang. Elemen tersebut mampu menyulap ruangan agar terkesan unik, rileks, akrab dan elegan. Apabila Anda tertarik, maka pemilihan cat interior untuk rumah kayu menjadi hal yang terpenting.

Alasannya, elemen kayu pada interior rumah pasti membutuhkan lapisan yang dapat melindungi dari cuaca, air, kotoran dan berbagai zat kimia. Tidak hanya itu, penggunaan cat juga menambah keindahan kayu di rumah Anda. 

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Cat Kayu

Banyak tema yang bisa Anda pilih untuk rumah kayu impian baik itu tema Scandinavian, minimalis, klasik maupun country. Namun, apapun tema yang Anda aplikasikan pasti membutuhkan tips mengenai pengecatan elemen kayu.

Sebab, tidak semua kayu memiliki karakteristik yang sama. Apabila salah dalam memilih jenis cat, maka hasil yang didapat tidak sesuai harapan. Lalu, apa saja yang harus dipertimbangkan?

cat kayu

1. Jenis Kayu

Tekstur yang dimiliki kayu cukup bervariasi sehingga Anda perlu memperhatikan bagaimana bentuk teksturnya. Kayu yang permukaannya bertekstur cantik dan berwarna merata, sebaiknya dilapisi dengan cat berbahan dasar air sehingga keindahannya tidak tertutup.

Apabila permukaan kayu terlihat abstrak dan tidak merata, maka pilihlah jenis cat primer coat yang daya tutupnya sempurna.

Tidak hanya itu, jenis kayu juga berpengaruh pada tampilan warna. Saat memilih warna cat, usahakan untuk membawa sampel kayu yang Anda gunakan. Dengan begitu, cat bisa langsung coba dioleskan ke permukaan kayu untuk menguji tampilan finishingnya.

Sedikit saran, jika elemen kayu diletakkan pada ruangan yang gelap maka pilihlah warna cat yang agak terang. Sedangkan warna cat netral atau agak gelap lebih cocok untuk elemen kayu yang ditempatkan pada ruangan yang terang. 

2. Tingkat Transparansi

Tampilan elemen kayu juga dipengaruhi oleh tingkat transparansi dari cat interior untuk rumah kayu yang Anda pilih. Jenis cat kayu yang transparan akan menghasilkan finishing yang glossy tanpa menutupi serat asli dari kayu.

Finishing yang semacam itu cocok dipilih untuk rumah kayu bergaya klasik dan tradisional. Jenis yang kedua adalah cat kayu solid yang menutup sempurna seluruh permukaan kayu. Finishing tersebut cocok untuk rumah kayu bergaya modern. 

3. Cara Pengaplikasian Cat

Terdapat 2 cara untuk mengaplikasikan cat yakni disemprot dan diratakan dengan kuas. Cara yang pertama cocok digunakan untuk mewarnai elemen kayu yang penuh dengan detail ukiran. Dengan begitu, semua lekukan akan terisi oleh warna secara merata.

Sedangkan cara yang kedua lebih cocok digunakan untuk mewarnai elemen kayu yang permukaannya rata. Anda bisa memilih jenis kuas nylon untuk cat water based dan jenis kuas sponge untuk sapuan yang lebih ringan.

Jenis Cat Interior untuk Rumah Kayu  

Berikut 2 jenis cat interior khusus untuk kayu:

1. Cat Duco Kayu

Umumnya, bahan yang digunakan untuk cat duco adalah nitrocellulose (NC). Jenis cat berwarna solid ini masuk dalam kategori cat finishing karena memiliki fungsi untuk menghaluskan permukaan kayu. Pengaplikasian cat duco menggunakan teknik penyemprotan.

2. Cat Alkyd

Cat interior untuk rumah kayu yang tahan lama, bebas jamur dan tahan segala cuaca adalah jenis cat alkyd syntetic. Cat ini dipakai untuk melapisi permukaan kayu dan juga besi.

Salah satu contoh produk cat alkyd adalah Avian Cat Kayu dan Avian Glovin. Keduanya memanfaatkan alkyd sebagai bahan utama yang mampu memberikan daya tutup maksimal.

Selain itu, tidak ada campuran bahan yang berbahaya dan cat tidak mudah mengelupas. Finishing yang dihasilkan bisa menampilkan efek glossy maupun matte sesuai dengan keinginan Anda. 

Menentukan cat interior kayu yang pas tidaklah susah asalkan Anda mengetahui jenis kayu dan tekstur permukaan kayu. Posisi elemen kayu dalam rumah dan bentuk furniture seperti apa yang akan dibuat juga penting untuk memilih warna dan teknik pengaplikasian cat.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.