les privat ke rumah

Kekurangan Les Privat di Rumah

Setiap hal jika ada kelebihan pasti ada kekurangan, tak terkecuali metode belajar privat di rumah. Memanggil pengajar untuk les di rumah juga ternyata memiliki banyak sekali kekurangannya, berikut ini kekurangan les privat di rumah :

  • Mahal

Untuk mendapatkan service yang terbaik pasti tidak murah apalagi yang namanya privat pasti lebih mahal. Karena semua service atau pelayanan diberikan secara maksimal memiliki banyak sekali kelebihan. Satu guru satu murid hal ini yang menyebabkan les privat lebih mahal daripada les secara umum atau beramai-ramai.

  • Tidak bersosialisasi dengan teman

Biasanya waktu bermain akan banyak berkurang sehingga ada kemungkinan besar tidak bersosialisasi dengan teman. Terkadang waktu yang fleksibel untuk les dapat merusak waktu untuk bermain.

  • Persaingan tidak ada

Karena hanya sendiri maka persaingan akan berkurang, tidak seperti di sekolah. Jika persaingan berkurang biasanya semangat belajar pun akan berkurang.

  • Membosankan

Jika selalu di rumah tentu kita akan cepat bosan dan sulit untuk memahami pelajaran. Karena itu penting untuk mencari situasi belajar yang baru agar tidak membosankan. Jika perlu dibuatlah suatu permainan dalam proses belajar agar lebih menarik dan menyenangkan sehingga tidak bosan. Jangan terlalu serius tapi juga tidak boleh terlalu santai agar proses belajar tetap dapat terlaksana dengan baik.

  • Hanya satu guru

Belajar dengan satu guru hanya akan membuat kita memahami satu pola belajar. Kita tidak bisa memperoleh metoda atau pola belajar yang lainnya. Selain itu berbagai macam pelajaran hanya ada satu guru yang mengajar sehingga ada kemungkinan tidak maksimal dalam pengajaran.

les privat ke rumah

  • Peran orang tua sangat penting

Di rumah orang tua berperan sangat penting dalam proses monitoring kemajuan belajar, sehingga butuh pengawasan ekstra.

  • Tidak ada pembanding

Kita akan sulit menentukan kelebihan kita atau perkembangan kita karena tidak ada pembanding. Jika ada pembanding akan lebih mudah menentukan sejauh mana perkembangan kita.

  • Waktu tidak efektif

Waktu memang lebih tidak efektif dan terkesan banyak yang terbuang karena terkadang ada jeda istirahat yang banyak. Tidak hanya itu, terkadang gangguan juga datang dari adik atau kakak sehingga jam belajar otomatis lebih panjang.

  • Metode belajar terbatas

Metode belajar terbatas karena kita hanya belajar dari satu pengajar saja. Satu pengajar biasanya hanya mengetahui satu metode belajar mengajar saja.

  • Bisa libur sewaktu-waktu

Salah satu kekurangan dari privat adalah dapat mengatur jadwal libur sewaktu-waktu dan inilah yang dapat menjadi faktor penghambat proses belajar mengajar. Diperlukan kedisiplinan dan kemandirian dari diri sendiri untuk belajar. Namun ada juga sebuah lembaga les privat bernama Edumaster yang memiliki jadwal terstruktur sehingga waktu belajar mengajar dapat berjalan dengan teratur.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.