Kelebihan Menggunakan Genteng Metal

Memilih genteng dengan kualitas terbaik memang harus dilakukan dikala proses pembangunan rumah sedang berlangsung. Saat ini, jenis genteng yang dijual secara luas di pasaran sudah sangat beragam dan punya kelebihan masing-masing. Beberapa diantara jenis genteng tersebut adalah genteng tanah liat, genteng kayu, genteng keramik, dan genteng metal.

Dari jenis-jenis tersebut, genteng metal menjadi jenis yang sedang naik daun dan banyak digunakan. Alasannya tidak lain karena genteng metal mempunyai kelebihan yang sangat unggul dibandingkan dengan jenis genteng lain. Nah, sudah tahukah kamu apa saja kelebihan dari genteng metal tersebut? Yuk simak ulasannya berikut.

Lebih Awet

Bagi kamu yang masih asing dengan jenis genteng metal, jenis genteng satu ini terbuat dari logam dan telah dianggap memenuhi standar kualitas dan ketahanan untuk atap rumah. Bagi kebanyakan masyarakat yang sudah menggunakan genteng metal, menganggap jika genteng ini mempunyai ketahanan lama hingga 40 tahun dan tahan terhadap segala kerusakan mekanik. Oleh karenanya, tidak heran jika banyak yang mulai beralih menggunakan genteng metal karena tergolong lebih awet dari genteng yang lain.

Anti Karat

Salah satu kekhawatiran banyak pemilik rumah pada atap yang berbahan logam adalah jika saja atap berkarat. Terlebih lagi jika atap rumah sering diterpa oleh hujan dan panas. Akan tetapi, genteng metal mengandung seng serta aluminium yang anti karat sehingga tidak perlu susah-susah untuk mengganti genteng akibat karatan. Biasanya, dalam proses pembuatan genteng ini, lapisan anti karat akan diberikan sesaat sebelum pemberian cat pada genteng.

Bisa Meredam Suara dan Panas

Beberapa jenis genteng mempunyai kelemahan yakni tak bisa meredam suara bising seperti suara hujan, sehingga kerap mengganggu pemilik rumah. Berbeda dengan jenis lainnya, genteng metal telah dilengkapi dengan bahan dan lapisan khusus yang mampu meredam berbagai suara yang datang dari luar rumah seperti suara kendaraan dan suara hujan.

Disamping itu, genteng metal juga dilengkapi dengan lapisan baja galvalum yang mana kandungan tersebut bisa meredam panas. Adanya baja galvalum tersebut, memungkinkan sinar matahari terpantul dan membuat bagian dalam rumah menjadi lebih sejuk.

Harga yang Ramah di Kantong

Apabila dibandingkan dengan jenis genteng lain seperti genteng keramik dan beton, genteng metal mempunyai harga yang jauh lebih terjangkau. Bahkan, dari segi perawatan genteng metal juga tidak sesusah perawatan dari genteng lainnya. Sehingga, tidak membutuhkan banyak biaya untuk perawatan juga.

Tidak Membesarkan Api

Kejadian kebakaran di rumah tentunya tidak diharapkan oleh siapapun, namun tidak ada salahnya bila kamu mengantisipasi hal tersebut dengan memilih bahan bangunan yang tidak membesarkan api. Contohnya adalah genteng metal ini yang dirancang dengan lapisan khusus yang membuatnya tidak menyebarkan api di kala terjadi kebakaran. Selain itu, ketika terjadi sambaran petir, genteng metal akan menyebarkan sambaran tersebut ke area lain sehingga tidak sampai menyebabkan korsleting pada listrik rumah.

Punya Banyak Pilihan Warna

Mempunyai genteng yang dilengkapi dengan ragam warna yang tidak monoton pastinya memberikan kesan yang berbeda bagi si pemilik rumah. Tidak hanya tersedia dalam ragam warna yang variatif, genteng metal juga mempunyai ukuran ketebalan dan model yang berbeda-beda. Kelebihan ini membuat genteng metal semakin banyak digemari karena tidak hanya terbatas pada satu model yang monoton.

Setelah mengetahui 6 kelebihan menggunakan genteng metal, apakah kamu mulai tertarik untuk berganti ke jenis genteng satu ini? Jika kamu tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai genteng metal, kamu bisa mengunjungi perpusteknik.com yang juga banyak membahas mengenai bahan-bahan bangunan secara mendalam, termasuk kelebihan dan kekurangan genteng metal.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.