minyak goreng

Kenali Ciri Minyak Goreng yang Aman Dikonsumsi Disini

Biasanya ketika menggoreng makanan, masyarakat menggunakan minyak. Sayangnya, bahan minyak yang buruk berdampak negatif bagi kesehatan. Oleh karena itu pastikan untuk memilih jenis minyak goreng yang aman dikonsumsi. 

Sebagai konsumen yang baik, Anda juga harus melihat komposisi dari minyak goreng agar mengetahui layak atau tidaknya untuk konsumsi dalam jangka waktu lama. Selain itu juga perhatikan juga promo minyak goreng yang biasanya terdapat di pasaran supaya bisa lebih menghemat pengeluaran. 

minyak goreng

Komposisi Minyak Goreng

Perhatikan komposisi minyak goreng terlebih dahulu sebelum membeli. Biasanya komposisi ini terdapat di label kemasan. Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu terkait kandungan nutrisi yang baik dan buruk untuk tubuh. 

Biasanya komposisi lemak jenuh yang tinggi dan hydrogenated oil berpengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh. Sebaiknya pilih kandungan minyak yang terdiri dari lemak baik dan nutrisi seperti vitamin E. 

 

Warna Minyak Goreng

Sebelum membeli promo minyak goreng pastikan untuk melihat warna dari minyak goreng tersebut. Biasanya warna dapat menentukan sehat atau tidaknya minyak tersebut. Biasanya minyak goreng yang sehat terlihat jernih dan bening sehingga aman dikonsumsi. 

 

Aroma Minyak Goreng

Meskipun dikemas dalam bentuk apapun, Anda masih bisa mencium aroma minyak goreng yang khas. Biasanya minyak goreng yang lama pasti beraroma tidak sedap bahkan mengalami kerusakan. Sehingga minyak jenis tersebut tidak layak dikonsumsi. 

 

Menyerupai Air

Jenis minyak goreng yang sehat dan layak dikonsumsi adalah teksturnya yang menyerupai air, tidak lekat dan cair. Jenis minyak seperti ini tidak menyerap ke dalam masakan dalam jumlah lebih dan tidak menimbulkan gatal di tenggorokan. 

 

Tidak Mudah Beku

Cara untuk mengenali minyak goreng yang sehat adalah tidak mudah beku. Salah satu kriteria minyak goreng yang tidak bagus untuk kesehatan adalah mengandung lemak jenuh. Jika mudah beku maka minyak tersebut mengandung banyak minyak jenuh. 

Minyak jenuh dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan khususnya gangguan jantung karena adanya tumpukan kolesterol yang jahat. 

Setelah memilih berbagai kriteria minyak goreng yang aman dikonsumsi oleh tubuh di atas, pastikan untuk memperhatikan penggunaan minyak juga. Jangan menggunakan minyak yang sama berkali-kali karena akan menyebabkan penyakit dalam tubuh. 

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.