Keunggulan Alpukat Miki, Juaranya Buah Alpukat

Jika berbicara mengenai jenis-jenis buah alpukat, tak salah rasanya jika menjadikan alpukat miki sebagai juaranya. Apalagi sejak dinobatkannya pada tahun 2017 sebagai juara Lomba Buah Unggul Nusantara Tingkat Nasional, alpukat miki semakin banyak diserbu untuk dibudidayakan. Apalagi dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, tak heran jika alpukat miki kini telah menjadi primadona.

Alpukat Miki adalah salah satu jenis alpukat unggulan yang tumbuh khusus di dataran rendah, jenis buah alpukat ini dikembangkan Pusat Kajian Buah-Buahan Tropika IPB oleh peneliti Dr. Sobir dan tim nya yang juga mengeluarkan bibit alpukat miki grafting. Buah alpukat ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan rata-rata beratnya mencapai 400-600 gr/buah. Tampilan daging buahnya juga tergolong tebal, berwarna kuning, dan rasa yang manis tanpa ada getir. Selain itu masih banyak keunggulan-keunggulan lainnya yang membuat alpukat miki cukup digemari. 

1. Daging Buah Alpukat Miki Berkualitas Baik

Alpukat miki termasuk dalam jenis alpukat mentega, karena inilah membuat tekstur daging buah alpukat sangat lembut, pulen, creamy namun tidak berair. Kualitas seperti inilah yang selalu dicari pecinta buah alpukat. Mudah sebenarnya untuk mengetahui bagaimana kualitas daging buah alpukat, yaitu dengan cara mengambil daging buah yang telah matang dengan sendok. Jika daging alpukat sulit jatuh ataupun agak lengket maka bisa dikatakan jika kualitas daging alpukat berkualitas baik. berbeda halnya jika buah alpukat tersebut memiliki kandungan air yang banyak, maka akan lebih cepat membusuk sebelum matang merata. Dan jika terbentuk hingga memar, sangat mudah membekas hingga ke bagian dalam. 

2. Ukuran Buah Besar Dan Rasa Manis

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, buah alpukat miki memiliki ukuran yang cukup besar, untuk berat satu buahnya saja memiliki rata-rata 400-600gr. Seperti halnya alpukat mentega, jenis buah alpukat ini memiliki daging berwarna kuning seperti mentega dan daging buah cukup tebal. Untuk masalah rasa pun cukup manis dan tidak getir. Selain itu kulit buah alpukat juga sangat tipis sehingga sangat mudah dikupas. Tak heran jika buah alpukat yang satu ini cukup banyak digemari. 

3. Kulit Buah Halus Dan Mengkilap

Beberapa jenis buah alpukat terkadang memiliki kulit yang tidak halus, namun berbeda halnya pada buah alpukat miki. Kulit buah alpukat ini berwarna hijau merata, mengkilap dan halus, ini menandakan jika buah tidak mudah terkena serangan hama. Selain itu, keunggulan ini juga menandakan jika buah lebih mudah matang sempurna serta tidak  cepat membusuk. Beberapa orang juga terkadang akan lebih memilih buah yang memiliki tekstur kulit halus dan mengkilap.

4. Cepat Berbuah

Jika anda ingin membudidayakan buah alpukat, mungkin alpukat miki bisa jadi pilihan yang tepat. Mengingat buah alpukat miki tergolong cepat berbuah. bahkan di usia 3 tahun dan ketinggian pohon mencapai 2.5 meter, pohon buah alpukat ini dapat berbuah hingga 15 kg saat ditanam pada ketinggian 20 mdpl. Dan saat ditanam pada ketinggian 600-800 mdpl, pohon buah alpukat akan lebih cepat berbuah. Saat usia pohon mencapai 2 -2.5 tahun, pohon akan mulai belajar untuk berbuah.

Selain cepat berbuah, sifat alpukat miki ini juga “genjah” atau bisa berbuah beberapa kali dalam setahun. Tentu saja ini akan sangat menguntungkan jika anda ingin membudidayakan buah alpukat miki. Idealnya pohon miki bisa mengalami masa panen hingga 2-3 kali dalam setahun, namun hal ini juga tergantung dari cuaca dan perawatan. 

5. Daun Tidak Disukai Ulat

Banyak orang yang takut membudidayakan bibit alpukat dikarenakan resiko dihuni oleh ulat bulu dan sejenisnya. Namun hal ini akan jarang anda alami ketika membudidayakan buah alpukat miki . Dan inilah keunggulan lainnya yang dimiliki jenis alpukat yang satu ini. Mengapa ini bisa terjadi?Hal ini karena ulat akan sulit untuk berkembang di pohon alpukat miki. Dalam proses perkembangbiakan hewan maupun  manusia, tentunya membutuhkan enzim yang dapat berfungsi memecah protein yang berasal dari makanan-makanan yang dikonsumsi. Dan kemudian menjadi molekul yang berukuran lebih kecil. Jika enzim tersebut tidak ada, maka protein tidak dapat terpecah dan membuat proses pertumbuhan terhambat.

Inilah yang terjadi pada alpukat saat hinggap di pohon alpukat miki. Daun alpukat miki memiliki kandungan enzim anti-protease yang walaupun jumlahnya tidak begitu banyak tetap saja akan berpengaruh pada ulat-ulat yang hinggap di pohon alpukat tersebut. sehingga menyebabkan pertumbuhan serta perkembangbiakan ulat menjadi terhenti.

Nah itu tadi beberapa keunggulan alpukat miki yang membuatnya difavoritkan, baik rasanya maupun kualitas saat dibudidayakan. Buah alpukat miki menjadi terbaik di antara jenis buah alpukat lainnya. 

Sumber:

https://www.bibitbuahku.com/blog/keunggulan-alpukat-miki

Inilah 5 Keunggulan Alpukat Miki Yang Wajib Anda Ketahui

https://www.grosirbibittanaman.co.id/keunggulan-alpukat-miki/

 

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.