Keunggulan Tanam Buah Alpukat Aligator Untuk Budidaya Bisnis

Pernah mendengar Alpukat Aligator? mungkin sebagian orang sedikit asing dengan jenis buah alpukat yang satu ini. Namun jenis buah alpukat ini tak hanya direkomendasikan untuk dikonsumsi namun juga untuk bisnis budidaya alpukat. Sama halnya seperti buah alpukat super lainnya, buah alpukat aligator ini memiliki ukuran buah yang super besar yang menjadi ciri khasnya. Bobotnya saja bisa mencapai 1.13 kg per buahnya. sehingga banyak yang menjulukinya sebagai Giant Avocado.

Bukan hanya itu saja, buah ini juga memiliki bentuk yang unik, yaitu bula memanjang dan membesar mirip seperti hewan aligator. Buah yang berasal dari Mexico inii kini mulai dikembangkan petani buah di jawa timur dengan cara okulasi. Apalagi dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, membuat buah alpukat ini memang cukup menguntungkan untuk dibudidayakan. Lalu apa saja keunggulan dari alpukat aligator ini? berikut ini penjelasannya.

Keunggulan Buah Alpukat Aligator

1. Ukuran Buah Yang  Jumbo

Mungkin ini menjadi keunggulan utama dan ciri khas dari buah alpukat aligator. jenis buah ini memiliki ukuran yang super jumbo dengan berat per buahnya saja bisa mencapai 1.2-1.8 kg. Jika dibandingkan dengan buah alpukat umumnya, ukuran dan berat buah alpukat ini jauh lebih besar. Sehingga bukanlah hal yang sulit untuk mengenali jenis buah alpukat ini.

2. Daging Buah Yang Tebal

Bukan hanya ukuran dan beratnya saja yang besar, daging alpukat aligator juga sangat tebal. Warna dagingnya kuning seperti alpukat mentega. Sedangkan pada bagian bijinya memiliki ukuran yang sedang.

3. Sifat Tanaman Genjah

Keunggulan lainnya dari alpukat aligator adalah sifatnya yang genjah atau cepat berbuah. Panen alpukat aligator ini bisa dilakukan saat tanaman menginjak usia 3-5 tahun setelah dilakukan penanaman. Berbeda dengan tanaman alpukat lainnya yang biasanya baru mulai berbuah saat usia 6-7 tahun. Bibit tanaman yang didapatkan dari hasil okulasi atau tempel ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi petani yang ingin membudidayakannya.

4. Perawatan Tanaman Yang Mudah

alpukat aligator akan sangat menguntungkan untuk dibudidayakan, bahkan bagi yang masih pemula sekalipun dalam budidaya tanaman. Hal ini dikarenakan bibit tanaman alpukat aligator termasuk cukup mudah tumbuh serta mudah dirawat. Hanya perlu melakukan penyiraman 2 kali sehari dan jangan lupa membukanya secara rutin agar menghasilkan tanaman yang berkualitas tinggi.

5. Peluang Bisnis Yang Masih Besar

Di Indonesia sendiri, jenis alpukat ini memang masih jarang ditemukan. Belum banyak orang yang menanam jenis alpukat ini. Jadi bisa dikatakan jika peluang bisnisnya masih sangat lebar dan minim kompetitor.

6. Cita Rasa Buah Yang Gurih

Keunikan alpukat aligator juga terletak pada bentuk dan rasanya. Daging buahnya dapat dikonsumsi hingga 65-70%  dari keseluruhan buah. Selain itu daging buahnya tidak memiliki rasa pahit. Tekstur daging juga halus tanpa adanya serat, sehingga banyak orang yang menggemari cita rasa buahnya yang gurih.

7. Tahan Terhadap Ulat

Jika anda memilih untuk membudidayakan tanaman alpukat aligator, anda tidak akan kesulitan untuk menangani serangan hama  atau ulat yang dapat merusak tanaman. Hal ini karena keunggulan alpukat aligator yang lebih tahan terhadap serangan ulat. Tentunya ini memberikan keuntungan tersendiri saat ingin membudidayakannya.

8. Tingkat Produktivitas Tinggi

Bukan hanya memiliki sifat yang genjah (mudah berbuah), namun alpukat aligator ini juga dikenal akan tingkat produktivitasnya yang terkenal tinggi. Dalam setahunnya, jenis alpukat ini bisa 2 kali panen. Dan dalam satu kali panennya dapat menghasilkan hingga 70-100 kg buah. Dengan keunggulan ini tentu saja budidaya alpukat aligator menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan. 

Tips Budidaya Alpukat Aligator

Bagi anda yang ingin membudidayakan tanaman alpukat ini, mungkin sedikit tips dibawah ini dapat membantu. Alpukat aligator bisa ditanam pada ketinggian 300 m dan rutin dilakukan pemupukan 2 bulan sekali. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk Dolomit dan pupuk kandang. Selain itu bisa juga dengan menggunakan pupuk NPK menggunakan perbandingan 16:16:16 untuk nutrisi tanaman. Caranya dengan melarutkan 100 gr pupuk dalam 20 liter air kemudian larutan tersebut disiramkan di bagian tajuk pohon. Sesekali anda bisa menyemprotkan larutan tersebut pada bagian daun agar terlihat segar dan menjaga daun dari serangan hama

 

sumber:

https://www.bibitbuahku.com/blog/kelebihan-alpukat-aligator

https://www.jualbibittanaman.co.id/alpukat-aligator-menjadi-salah-satu-alpukat-yang-banyak-di-minati/

https://www.jualbenihmurah.com/blog/inilah-7-keunggulan-alpukat-aligator-yang-perlu-anda-ketahui-pilihan-untuk-budidaya-skala-bisnis

 

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.