Keuntungan Ternak Kelinci Giant yang jarang diketahui

Pada awalnya kelinci merupakan salah satu hewan liar yang cukup sulit dijinakkan. Hewan ini pertama kali dipelihara sejak tahun 2000 dengan tujuan hewan percobaan dan keindahan. Bahkan saat ini hampir setiap negara memiliki ternak kelinci giant karena memiliki daya adaptasi yang tinggi. Lantas apa saja untungnya ternak kelinci german giant?

Bagi yang belum tahu di dunia ini ada dua jenis kelinci yaitu kelinci hias dan kelinci pedaging. Di Indonesia sendiri jenis kelinci yang memiliki daging berkualitas adalah flemish Giant.

Kelinci giant memiliki warna bulu yang beragam dengan memiliki tubuh panjang dan telinga lebar. Kelinci giant ini memiliki berat sekitar 10 kg sehingga bisa menghasilkan lebih banyak daging.

Untung Ternak Kelinci Giant

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai apa saja keuntungan ternak kelinci giant. Selengkapnya bisa simak ulasannya berikut ini.

1. Pakan mudah dan murah

Keuntungan pertama memutuskan ternak kelinci adalah pemberian makanan yang mudah dan murah. Untuk pemeliharaan kelinci pedaging kamu bisa memberikan konsentrat, rumput, sisa sayuran, dan umbi. Jadi kamu bisa memanfaatkan berbagai jenis makanan yang ada untuk mendapatkan hasil kelinci ukuran besar.

2. Mudah berkembang biak

Memutuskan untuk ternak kelinci giant adalah lebih mudah berkembang biak. Kelinci termasuk hewan yang subur sehingga lebih mudah untuk berkembang biak. Apabila kamu merawatnya dengan baik, rata-rata kelinci indukan akan melahirkan 6 sampai 8 ekor.

Dalam menjalankan ternak kelinci kamu tidak perlu bingung memilih tempat karena pembiakan kelinci bisa dilakukan dimana saja dan tidak butuh lahan luas.

3. Panen lebih cepat

Keuntungan selanjutnya ternak kelinci adalah waktu panen kelinci lebih cepat yaitu umur 3 sampai 4 bulan. Pada usia tersebut kelinci giant sudah memiliki daging sekitar 2-4 kg. Pastikan untuk selalu memberikan perawatan terbaik dan pakan yang tepat agar kelinci menghasilkan daging melimpah.

4. Keuntungan lebih besar dibandingkan ternak lainnya

Ternak kelinci giant ternyata memiliki keuntungan yang lebih besar 120%-160% dibanding keuntungan ternak lainnya 70%-100%.

Kamu juga bisa memanfaatkan kotoran dan air seni kelinci untuk bahan pupuk organik. Bahkan harga pupuk yang berasal dari kotoran kelinci ini cukup mahal di pasaran.

Saat ini juga sudah ada pabrik kulit yang menggunakan kulit kelinci untuk membuat kerajinan seperti sarung tangan, tas, dan topi.

Itulah penjelasan mengenai untung ternak kelinci giant yang belum diketahui banyak orang. Melihat keuntungan yang ditawarkan, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengembangkan usaha ternak kelinci.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.