Kiat untuk Belajar HTML

Panduan ini untuk mereka yang baru mengenal html dan ingin mempelajari dasar-dasarnya. Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk menjadi panduan lengkap dan karena itu tidak mencakup segala sesuatu tentang html, tetapi akan membantu Anda memulai belajar HTML.

Ada banyak tutorial tentang belajar HTML online, tetapi kebanyakan dari mereka tidak mencakup semua dasar-dasar yang dibutuhkan seseorang yang belajar HTML. Apabila setelah membaca tulisan ini Anda tertarik untuk mempelajari semua dasar-dasar HTML mungkin tutorial belajar HTML dari Nextgen adalah tempat yang tepat buat Anda. Tujuan tulisan ini hanya untuk memberi Anda informasi yang cukup sehingga Anda dapat melanjutkan pembelajaran Anda dengan percaya diri!

Apa itu HTML dan mengapa Anda harus mempelajarinya?

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. Ini adalah bahasa dasar yang digunakan untuk membuat semua konten situs web. HTML menyediakan struktur (tag), dan CSS yang menyediakan cara menampilkan konten pada halaman (warna, font, tata letak). HTML terus berubah dan berkembang, tetapi mempelajari HTML akan menjadi keterampilan dasar yang mungkin dapat berguna selanjutnya.

 

Proses belajar

Belajar HTML memerlukan proses belajar yang relatif cepat. Pada awalnya mungkin tampak seperti sulit, tetapi begitu Anda mendapatkan dasar-dasarnya, maka mempelajari level berikutnya akan jauh lebih mudah!

Berikut cara belajar html yang mungkin tepat untuk setiap orang :

1. Pelajari arti setiap tag – Jangan khawatir tentang menghafal semuanya pada saat ini. Pelajari saja arti setiap tag dan cara penggunaannya.

2. Latihan – Buatlah halaman HTML mulai dari yang sederhana sampai yang lebih kompleks.

3. Pahami cara kerjanya – Setelah Anda memahami fungsi setiap tag, pikirkan mengapa Anda ingin menggunakan jenis tag tertentu dalam situasi tertentu.

 

Sumber untuk membantu mempelajari html

Ada banyak sumber belajar yang tersedia secara online. Cara terbaik untuk belajar html adalah dengan memperbanyak praktek langsung membuat halaman HTML. Anda juga dapat menemukan situs web yang menawarkan kursus dan pelajaran belajar html. Situs tersebut menyediakan latihan untuk membantu proses pembelajaran Anda, dan ini akan sangat penting dalam membantu Anda memahami cara kerja tag dalam praktik.

Berikut adalah beberapa sumber belajar html yang dapat membantu Anda:

1. Nextgen – Situs ini mempunyai banyak tutorial untuk membantu mempelajari dasar-dasar pengkodean html dengan contoh dan latihan. Situs ini memiliki tautan ke halaman pembelajaran lain.

2. W3Schools – Situs Ini adalah salah satu situs pembelajaran html pertama yang ditemukan secara online, dan masih merupakan sumber yang bagus untuk dipelajari. Ini mencakup semua dasar-dasar pembelajaran tentang tag dan sintaks html.

3. eHow – Situs Ini adalah halaman pembelajaran lain yang dapat membantu Anda mulai belajar html.

 

Manfaat belajar html

Jadi mengapa Anda harus menginvestasikan waktu untuk belajar html? Ada banyak manfaat:

1. Anda akan dapat membuat tata letak halaman web yang canggih. Jika Anda tahu cara kerja tag, mempelajari cara menggunakan css stylesheet (cascading style sheets) maka akan jauh lebih mudah. CSS memungkinkan kontrol lebih besar atas penyajian konten situs web Anda.

2. Anda akan dapat memperbaiki kesalahan dalam suatu website. Jika Anda menemukan situs web yang memiliki kesalahan dalam pengkodean HTML-nya, mempelajari html dasar dapat memungkinkan Anda untuk memperbaiki masalah tersebut. Belajar CSS bahkan lebih baik untuk memperbaiki masalah seperti ini.

3. Anda akan dapat membuat halaman web dari awal. Setelah Anda mempelajari cara kerja semuanya (HTML dan CSS), mempelajari bahasa pemrograman seperti PHP atau Java adalah langkah selanjutnya untuk mempelajari cara memasukkan data ke dalam konten HTML.

4. Anda akan dapat membuat situs web untuk bisnis, keluarga, tugas sekolah, komunitas, dan banyak lagi.

 

Langkah selanjutnya untuk belajar html

Jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya, belajar html mungkin agak sulit pada awalnya, tetapi mempelajari dasar-dasarnya penting, jadi jangan menyerah terlalu cepat! Belajar html tidak terjadi dalam semalam. Semua pembelajaran membutuhkan waktu dan latihan. Ini seperti belajar memainkan alat musik atau mempelajari olahraga baru, hanya perlu latihan!

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.