Langkah-langkah Pembuatan Desain Kemasan Makanan untuk Bisnis Pemula

Semakin meningkatkan penjualan makanan dan minuman, bahkan persaingan antara industri kuliner membuat anda harus lebih kreatif. Memperhatikan produk dengan kualitas terbaik saja tidak cukup, penampilan fisik dari produk sangat penting. Pertama kali yang dilihat oleh konsumen adalah desain kemasan. Dari desain menarik dan unik, akan muncul keinginan untuk mencoba produk tersebut. 

Desain kemasan memang cukup susah-susah gampang, apalagi jika anda masih pebisnis pemula. Banyaknya kemasan menarik di pasaran, membuat anda harus mencari dan memperhatikan kemasan tersebut. Maka terlihat berbeda dari yang lain. Di bawah ini perhatikan langkah-langkah dalam mendesain packaging makanan bagi pemula:

1. Cari software yang tepat 

Anda dapat mencari software yang tepat untuk mendesain kemasan. Pembuatan kerangka kemasan juga dapat dibuat pada software tersebut. biasanya ini dikenal dengan istilah dieline, yang merupakan template garis berbentuk kerangka kemasan nantinya. Jika anda merasa kesulitan, saat ini sudah banyak jasa desain kemasan. Anda tinggal memilih berdasarkan budget dan kebutuhan. Dalam memilih jasa juga harus mencari yang terpercaya sehingga mengurangi risiko penipuan. 

2. Kenali jenis kemasan makanan 

Semua jenis kemasan itu berbeda kegunaan, ukuran bahkan desainnya. Oleh karena itu, pastikan untuk mencari keunikan dan kecocokan untuk produk tersebut. Membuat desain dari kemasan harus memperhatikan budget juga. Lakukan riset dan bandingkan kemasan dari kompetitor.

Hal yang perlu diperhatikan, tidak semua kemasan juga memiliki penutup. Jika produk makanan tersebut membutuhkan penutup, anda harus memperhatikan penutup seperti apa yang diinginkan. Kemudian, apakah harus direkatkan dengan tambahan lem, lakban atau lainnya. namun, tidak memerlukan lem akan lebih hemat pengeluaran. Beberapa pelaku bisnis, memutuskan untuk membuat kemasan langsung lengkap dengan penutupnya seperti snack box. Ini jauh lebih praktis dibandingkan harus membuat desain kemasan dan penutup masing-masing.

3. Desain unik 

Terkadang desain harus unik dan mudah diingat oleh pelanggan. Apabila produk sudah sering diingat otomatis akan meningkatkan penjualan. Selain memperhatikan desain dari kemasan juga rasa dari produk tersebut. Caranya, tambahkan pesan jelas dengan menggunakan beberapa tulisan, logo atau gambar. Pastikan informasi tersebut mudah dibaca dan jelas. 

4. Tambahkan barcode atau stiker promo 

Komponen lainnya yang dapat membuat produk anda terlihat menarik, anda harus menambahkan barcode atau stiker pada desain kemasan produk. Untuk memberi informasi pada pelanggan terkait makanan tersebut halal, tambahkan logo halal dari MUI dan BPOM. Dengan adanya barcode, mempermudahkan proses scanning juga. Jika memiliki program promo, tambahkan dengan stiker agar kemasan terlihat menarik. Gunakan warna-warna cerah seperti merah atau lainnya. 

5. Lakukan produksi 

Jika desain sudah selesai, anda akan memasuki langkah akhir yaitu percetakan. Sebelumnya, cetaklah sebagai contoh terlebih dahulu, jadi jika ada yang perlu diperbaiki anda bisa melakukan perbaikannya lagi. Bawa hasil cetak yang sudah ditentukan ke percetakan, kemudian diskusikan terkait proses pengerjaan, bahan, minimum cetak hingga budget yang diperlukan. Final desain makanan akan dicetak sesuai dengan keinginan.

 

Nah, itu tadi bagaimana langkah-langkah membuat desain khusus untuk kemasan makanan. Anda bisa menerapkan panduan tersebut agar hasil kemasan lebih unik, menarik, aman dan berbeda dari kompetitor. 

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.