Mengenal Alpukat Unggul dari Vietnam

Alpukat merupakan tanaman buah yang saat ini sedang banyak dicari dan jadi incaran, tanaman buah yang satu ini memang sedang booming dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Banyak jenis alpukat unggulan baru baik dari dalam negeri maupun import yang akhirnya keluar dan diperkenalkan ke pasaran.

Beberapa jenis alpukat unggulan yang sedang banyak dibudidayakan oleh para petani dan pekebun di Indonesia kebanyakan masih alpukat local seperti alpukat miki dan juga alpukat alligator. Namun saat ini sudah banyak juga yang mencoba untuk membudidayakan alpukat introduksi dari negara luar. Seperti salah satunya adalah alpukat hass dari Amerika, alpukat reed dari Australia dan juga beberapa jenis alpukat unggul yang berasal dari Vietnam.

Untuk alpukat Vietnam ini beberapa jenis memiliki ukuran buah yang cukup besar seperti alpukat thanh bich, dan juga alpukat cuba yang memiliki ukuran buah seberat 1 kg lebih. Belum lagi jenis alpukat unik seperti alpukat yellow Vietnam juga kemudian memunculkan taringnya dan banyak juga yang mencoba untuk membudidayakannya.

Saat ini bagi kita mungkin alpukat yang paling baik adalah alpukat yang mampu berbuah cepat dan juga dapat menghasilkan buah lebih banyak dari pada jenis alpukat lainnya. Hal ini dapat terjawab dengan berbagai jenis alpukat unggulan yang memang mampu berbuah cepat dan produktivitasnya tinggi.

Alpukat Unggulan dari Vietnam

Seperti sudah kita bahas sedikit di atas jika alpukat unggulan semacam alpukat-alpukat Vietnam saat ini Sudah masuk ke pasar Indonesia dan tentu saja menimbulkan rasa penasaran tentang bagaimana buahnya dan apa saja keunggulan-keunggulannya. Pertama mari kita bahas mengenai bibit alpukat Thanh Bich.

Alpukat thanh bich merupakan alpukat unggulan yang berasal dari Vietnam, alpukat thanh bich memiliki banyak sekali keunikan. Bukan hanya buahnya yang memiliki ukuran besar, daun dari pohon alpukat thanh bich juga lebar sehingga terlihat seperti raksasa. Satu buah alpukat thanh bich mampu mencapai bobot seberat 2 kg lebih sehingga cocok untuk orang Indonesia yang lebih mementingkan ukuran dan jumlah serta menomor dua kan rasa.

Alpukat thanh bich memiliki penggemar tersendiri karena rasa buahnya juga sangat lezat, ada sensasi manis Ketika memakan buahnya dengan ukuran buah yang besar juga membuat alpukat thanh bich sangat memuaskan untuk dimakan satu hingga dua orang karena ukuran buahnya dan juga rasa buahnya yang lezat.

Selanjutnya adalah alpukat Cuba, sebenarnya alpukat cuba hanya banyak dibudidayakan di Vietnam saja. Karena sebenarnya alpukat yang satu ini dibawa oleh seseorang untuk di diiklankan dari prancis ke Vietnam. Namun karena banyak yang membudidayakan pohonnya maka alpukat cuba ini lebih identic dengan Vietnam.

Ukuran buah alpukat cuba juga sangat besar mirip seperti thanh bich, hanya saja bentuk daun serta ukuran daunnya berbeda dengan alpukat thanh bich. Alpukat cuba memiliki warna buah yang hijau saat muda namun akan berubah menjadi ungu kecoklatan saat buahnya berubah menjadi tua dan juga matang. Namun perlu diingat jika alpukat bukan merupakan tanaman buah yang bisa matang pohon, jadi anda perlu memeram alpukat hingga matang dan siap dikonsumsi.

Sumber : tanamantropis.com

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.