ciri ciri kanker payudara

Mengenali dengan Cepat 7 Ciri-ciri Kanker Payudara

Menurut data kemenkes, kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak menyerang wanita dengan tingkat kematian yang relatif tinggi. Karena itu penting untuk memahami apa saja sebenarnya ciri ciri kanker payudara untuk deteksi dini. Berikut merupakan ulasan mengenai gejala kanker payudara dikutip dari laman deherba.com

Ciri-ciri kanker payudara

Lebih dari 50% kematian dari kasus kanker payudara disebabkan oleh kebiasaan untuk mengabaikan gejala kecil. Akibatnya kanker terdiagnosa pada stadium akhir. Padahal semakin awal kanker terdiagnosa,semakin besar kemungkinan untuk sembuh.

ciri ciri kanker payudara

Lalu seperti apa sebenarnya ciri ciri kanker payudara?

munculnya benjolan

Bila Anda menemukan adanya benjolan pada permukaan payudara, sebaiknya Anda memang memeriksakan diri. Benjolan bisa tampak dengan kasat mata, bisa pula hanya teraba. Tidak semua benjolan yang tampak pada payudara adalah gejala kanker, tetapi sebaiknya Anda tetap waspada.

Tetapi perlu Anda pahami bahwa tidak semua kanker payudara ditandai dengan munculnya benjolan. Benjolan merupakan tanda akan adanya massa dalam payudara. Namun kadang lokasi massa terlalu dalam hingga tidak tampak dan teraba dari permukaan.

muncul rasa nyeri

ciri ciri kanker payudara kedua adalah munculnya timbulnya rasa nyeri pada payudara. Baik itu pada salah satu payudara maupun pada kedua bagian payudara. Rasa nyeri juga cukup beragam dari nyeri ringan hingga nyeri yang berat.

Sebenarnya rasa nyeri pada payudara tidak selalu berarti kanker. Pada beberapa orang perubahan hormon pun dapat ditandai dengan nyeri payudara. Itu sebabnya, Anda tetap perlu memeriksakan diri untuk memastikan.

Muncul rasa gatal atau panas

Tidak sekedar rasa nyeri, pada beberapa kasus, ciri ciri kanker payudara juga dapat berupa timbul rasa gatal dan panas. Rasa gatal biasanya ditandai pula dengan munculnya ruam kemerahan di permukaan. Kadang juga disertai pembengkakan.

Biasanya ini adalah tanda terjadinya peradangan pada payudara. Peradangan pada payudara bisa jadi merupakan tanda infeksi atau mastitis. Tetapi, peradangan juga bisa menjadi tanda atau ciri ciri dari kanker payudara.

Munculnya perubahan tekstur

Selain munculnya ruam dan pembengkakan, ciri ciri kanker payudara lain yang patut Anda waspadai adalah perubahan tektur dari permukaan kulit payudara. Perubahan pada sel-sel dalam payudara akibat kanker juga mempengaruhi kondisi pada permukaan.

Ciri yang khas adalah munculnya permukaan kulit jeruk dimana pori-pori pada kulit payudara tampak membesar dan timbul. Kadang muncul pula semacam jaringan parut di permukaan kulit payudara yang terasa nyeri atau gatal.

Munculnya perubahan bentuk

Selain permukaan kulit dari payudara yang mungkin berubah, ciri ciri kanker payudara yang juga harus diperhatikan adalah perubahan dari bentuk payudara. Kerusakan sel dalam organ menyebabkan beberapa sel mati, memperbanyak diri berlebihan atau malah menciut hingga bentuk payudara menjadi beda.

Anda patut waspada bila ditemukan payudara yang tampak membesar atau mengecil, tampak cekung atau bengkok di satu sisi. Waspadai pula bentuk puting, seperti munculnya kasus puting yang juga tidak muncul seolah tertelan ke dalam.

munculnya cairan dari puting

Cairan yang keluar dari puting seharusnya hanya muncul saat Anda sedang menyusui atau menjelang menyusui. Bila Anda menemukan adanya cairan yang keluar di luar masa-masa tersebut, memang sebaiknya Anda memeriksakan diri.

Cairan ini bisa jadi merupakan efek dari peradangan yang terbentuk pada payudara karena efek kanker. Biasanya juga ditandai dengan aroma yang amis dan tajam. Kadang juga tampak berwarna putih yang sebenarnya adalah campuran nanah.

Ciri ciri kanker payudara sebenarnya relatif mudah untuk dikenali, tetapi sering tidak disadari karena keluhan yang muncul acapkali dianggap remeh. Pastikan untuk kenali lebih jauh mengenai gejala dan informasi lain tentang kanker payudara di laman www.deherba.com.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.