jasa sedot wc

Merawat Toilet Agar Tetap Bersih Tanpa Harus Sedot WC

 

 

Sedot wc merupakan satu pekerjaan yang paling menguras banyak waktu. Banyak pertimbangan untuk mengatasi wc yang mampet. Bila dikerjakan sendiri, Anda harus siap untuk mencium dan melihat dengan mata kepala sendiri kotoran manusia tepat di depan mata. Tapi kalau menggunakan jasa sedot limbah, tentu Anda harus siap merogoh kantong lebih dalam.

Sedot wc sebenarnya tidak perlu dilakukan, bila Anda dan keluarga terbiasa hidup sehat. Karena keluarga yang sehat, biasanya terbiasa hidup di lingkungan yang sehat. Begitu pula dengan toiletnya yang meski jarang dipakai dalam waktu lama, namun tetap kenyamanan dan kebersihannya terjaga dengan baik.

Untuk memiliki toilet yang bersih dan nyaman digunakan, pastinya Anda juga harus mengetahui seluk beluk cara merawat wc agar tetap bersih. Seperti tips berikut ini yang dapat Anda ikuti.

jasa sedot wc

Cara-cara Merawat Toilet 

  • Siapkan tempat pembuangan sampah khusus toilet

Jangan menganggap sepele perlengkapan toilet yang satu ini. Letakkan tempat sampah di pojok wc sebagai wadah untuk membuang perlengkapan kamar mandi yang sudah tidak terpakai, seperti botol sabun atau shampoo, bungkus plastik, tisu, mainan anak-anak, pembalut, dll. Bila sudah penuh, segera buang agar tidak menumpuk sampah di dalam toilet.

  • Toilet memiliki ventilasi atau jendela untuk sirkulasi udara

Toilet merupakan tempat yang tidak bersih, karena banyak bakteri jahat  yang berkembang di dalamnya. Oleh sebab itu sebaiknya sediakan ventilasi atau jendela untuk sirkulasi udara, agar toilet tidak lembab dan sirkulasi udara menjadi jelek. Selalu pastikan agar cahaya matahari bisa masuk, dimaksudkan agar suhu lembab di dalamnya dapat berkurang.

  • Bersihkan toilet dengan menggunakan pembersih serbaguna khusus toilet

Sangat disarankan untuk menjaga kebersihan toilet dengan menggunakan pembersih yang mampu membersihkan kuman dan men desinfektan keramik pada dinding dan keramik toilet. Atau tidak perlu beli pembersih toilet, Anda dapat membuat cairan pembersih sendiri dengan menggunakan campuran cuka, baking soda, borax atau hidrogen peroksida.

  • Jaga kebersihan toilet secara berkala

Membersihkan toilet secara teratur dan berkala merupakan salah satu cara untuk merawat toilet agar tetap bersih. Selalu rutin untuk menyikat setelah toilet digunakan atau setidaknya sebanyak dua kali sehari. Kemudian semprotkan pembersih toilet atau air cuka (dengan perbandingan 1:1) ke dalam lubang wc untuk mengurangi penumpukan kotoran. Dan sikat bagian dalam juga keseluruhan toilet setidaknya sekali seminggu. Selalu letakkan pembersih toilet di posisi yang dekat dengan Anda agar saat selesai pemakaian langsung menuangkannya ke toilet.

  • Mencampurkan cairan pembersih ke dalam tangki atau flush air

Cara seperti ini sebenarnya sudah familiar dengan trik ini. Dengan menambahkan cairan pembersih tersebut ke dalam tangki akan mengalir setiap kali Anda menekan tombol flush, dan yang pasti juga akan membantu membunuh bakteri juga kuman jahat di dalam toilet.

Dan sebagai informasi untuk Anda, dengan menambahkan cairan pembersih ke dalam tangki air toilet dapat membantu menghilangkan tumpukan kotoran di dalam saluran air dan mencegahnya tersumbat tanpa harus sedot wc. Bahkan Anda pun dapat menggunakan pembersih yang berbentuk dissolving tablet agar bertahan lebih lama meski air di dalam tangki air terus berganti.

  • Membersihkan peralatan yang dipakai untuk membersihkan toilet

Sebaiknya setelah Anda menggunakan sikat toilet untuk langsung segera dibersihkan menggunakan campuran pembersih toilet yang sudah dicampurkan dengan air. Anda dapat menggunakan hidrogen peroksida yang sangat berguna untuk membasmi kuman penyakit dan bakteri jahat. Ganti selalu sikat toilet setidaknya sekali dalam setahun atau ketika bentuknya sudah tidak utuh lagi guna menjaga kebersihan toilet lebih baik lagi.

  • Selalu sediakan pengharum ruangan

Jangan lupakan pengharum ruangan setelah kamar mandi bersih dan terbebas dari jamur juga bakteri sebagai sentuhan akhir. Karena toilet yang wangi tentu saja akan terasa lebih nyaman saat digunakan untuk keluarga Anda. Anda dapat membeli pengharum ruangan khusus toilet di swalayan, lilin aroma terapi juga bisa jadi pilihan yang tak kalah elegan untuk toilet Anda.

Demikianlah cara-cara untuk merawat toilet menjadi bersih dan terjaga kenyamanannya. Namun bila wc tetap saja tersumbat, maka langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan sedot wc baik mandiri atau dengan tukang.

 

Baca juga: Sedot WC Medan Murah

 

 

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.