Peluang Bisnis Budidaya Ikan Hias

Ikan hias adalah ikan air tawar yang dipelihara karena daya tariknya dan biasa diletakkan di akuarium. Ikan hias bisa dikatakan diminati oleh segala usia, baik itu anak-anak bahkan orang dewasa.

Selain itu ikan hias juga telah menjadi hobi bagi sebagian orang sehingga akan mendukung jalannya usaha ini. Apalagi beberapa harga ikan hias terkadang sangat tinggi, sehingga membuat bisnis ikan hias ini sangat potensial.

Maka dari itu bagi anda yang serius ingin memulai bisnis budidaya ikan hias perhatikanlah beberapa tips berikut ini sebelum memulainya.

Selain itu jangan lupa untuk serius dan tekun dalam menjalankannya agar bisnis ikan hias yang dilakukan dapat menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan.

1. Tentukanlah lokasi tempat usaha

Sebagaimana fungsi pemasaran dalam ilmu manajemen, memilih lokasi yang tepat bagi bisnis ikan hias anda akan sangat berpengaruh.

Jika anda memiliki cukup modal, usahakanlah untuk memilih tempat yang ramai dan strategis. Anda dapat menyewa kios, ruko, atau di menjualnya di pasar ikan.

Namun apabila modal yang dimiliki terbatas, memulai dari halaman rumah anda pun tidak menjadi masalah. Tentu saja jangan lupa untuk memberi tanda atau petunjuk agar konsumen tahu dan mudah mendatanginya.

2. Pahamilah jenis-jenis ikan hias

Ikan hias jumlahnya sangatlah banyak dan jenisnya pun beragam. Kurang lebih ada sekitar 700 jenis ikan hias di perairan Indonesia sendiri.

Banyaknya jenis inilah yang membuat konsumen ikan hias pun beragam serta berasal dari berbagai kalangan. Minat masing-masing pelanggan dan penentuan target pasar dapat anda kategorikan berdasarkan hal ini.

Sebagai contoh ikan hias jenis cupang, koki, hingga koi akan banyak diminati oleh konsumen dengan pendapatan menengah ke bawah. Sedangkan ikan hias berjenis louhan atau arwana tentunya lebih diminati oleh konsumen menengah ke atas.

Selain itu ikan hias juga bisa dikategorikan berdasarkan ekosistem hidupnya, yaitu antara lain:

a. Ikan hias air tawar

Ikan hias yang hidup di air tawar cukup beragam. Ada yang harganya murah sampai yang dibanderol dengan harga jutaan.

Harganya yang beragam ini menjadikan jenis ikan hias air tawar banyak diminati konsumen. Selain itu budidaya ikan hias air tawar pun bisa dibilang cukup mudah.

b. Ikan hias air laut

Ikan hias jenis ini cukup sulit dilakukan oleh pemula. Hal tersebut dikarenakan perawatannya yang sulit sehingga harganya pun mahal.

Selain itu konsumen ikan air laut juga sangat terbatas sehingg sebagai pemula akan kesulitan mencarinya.

Setelah mengetahui jenis-jenis ikan hias, tentukanlah ikan yang akan anda jual dalam bisnis ikan hias ini. Jangan lupa untuk fokus dan konsisten agar bisnis yang anda jalankan dapat berjalan dengan baik.

3. Pemeliharaan dan Perawatan

Memelihara ikan hias dapat anda mulai dengan mencari bibit terlebih dahulu. Bibit yang tepat akan menghasilkan keturunan yang unggul.

Hal ini tentunya akan menghasilkan harga jual yang tinggi. Setelah memilih bibit ikan hias anda juga harus mampu untuk mengembangbiakannya.

Hal ini dapat anda pelajari dan melakukannya secara mandiri bahkan dari rumah yang anda tinggali.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah melakukan perawatan secara rutin dan berkala, ingatlah untuk menjaga kondisi air selalu bersih, pemberian pakan yang cukup dan tepat waktu, serta jagalah kondisi ikan tetap sehat.

4. Hal-hal yang berkaitan dengan ikan hias

Untuk memperlancar bisnis ikan hias, anda perlu mengetahui berbagai peralatan yang berhubungan dengannya.

Seperti akuarium tempat tinggal, pompa air, filter atau saringan, hingga ornamen dan aksesoris akuarium. Peralatan yang lengkap akan memudahkan anda dalam mengelola bisnis ikan hias serta mampu menarik konsumen.

5. Promosi

Lakukanlah promosi bisnis anda agar dapat menjangkau konsumen. Ada berbagai cara dalam melakukannya, bisa dari mulut ke mulut, mengikut komunitas hingga menggunakan media sosial.

Selain itu nada juga bisa memberikan layanan seperti pesan antar atau mendatangi konsumen. Cara lain juga bisa anda lakukan seperti menjual paket makanan hingga aksesoris akuarium.

Berbagai cara promosi tersebut akan memberikan nilai lebih bagi bisnis anda serta mempertemukan dengan konsumen yang tepat.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.