Peluang Kerja Jurusan Matematika Non Pendidikan

Masuk jurusan kuliah matematika tentunya tidak hanya untuk bisa mengerjakan soal SBMPTN Matematika Dasar saja. Namun juga mempertimbangkan berbagai aspek penting lainnya, termasuk minat dan bakat sekaligus jenjang karir di masa mendatang. Jurusan matematika yang diambil akan menentukan nyaman tidaknya selama masa kuliah.

Jadi pastikan menyukai pelajaran matematika sebelum masuk ke jurusan ini, karena dijamin selama kuliah akan akrab dengan perhitungan angka maupun rumus. Selain itu pertimbangkan pula mengenai jenjang karirnya, apakah sesuai dengan harapan atau tidak.

Peluang Kerja Lulusan Matematika

Selama ini masyarakat hanya mengenal profesi guru atau pengajar untuk lulusan matematika di universitas manapun. Artinya lapangan kerja untuk mahasiswa yang lulus dari jurusan ini terbatas. Namun, benarkah demikian?

Rupanya dunia karir tak selalu terbatas untuk mahasiswa lulusan matematika, bahkan yang non-pendidikan sekalipun. Berikut deretan profesi atau pekerjaan yang bisa ditekuni oleh lulusan matematika non-pendidikan:

  • Menjadi Ahli Statistika

Lulus dari status mahasiswa matematika tak serta merta hanya membuat Anda menekuni profesi guru matematika saja. Anda juga bisa menjajal profesi lain dengan masa depan yang menarik. Salah satunya menjadi ahli statistika yang jasanya diperlukan perusahaan di bidang manapun.

Ahli statistika membantu perusahaan fokus dalam menyediakan produk atau jasa yang diminati pasar serta merekrut karyawan potensial untuk operasional perusahaan secara maksimal. Sehingga keberadaan ahli statistika ini sangat vital dan cocok ditekuni lulusan matematika.

  • Profesi Aktuaris

Perusahaan asuransi dan juga investasi biasanya memiliki karyawan dengan jabatan aktuaris, dan bisa diemban lulusan matematika. Aktuaris sendiri membantu mengetahui dan mengelola berbagai risiko keuangan yang mungkin terjadi di masa mendatang. Profesi ini banyak diminati karena menjanjikan gaji dalam nominal yang tinggi.

  • Ahli Matematika atau Peneliti

Jika memiliki passion sebagai peneliti maka Anda bisa menekuni profesi sebagai ahli matematika seperti Albert Einstein, Isaac Newton, dan lain sebagainya. Tugas utama ahli matematika adalah melakukan penelitian dan tidak menutup kemungkinan menemukan rumus baru. Skema pekerjaannya fleksibel dan juga menyenangkan sekaligus memiliki banyak tantangan seru untuk dipecahkan.

  • Analis Keuangan

Menjadi analis keuangan di perusahaan perbankan ataupun jasa finansial lainnya bisa dijadikan pilihan bagi lulusan matematika. Profesi ini tak hanya memerlukan pengetahuan terkait dunia perekonomian namun juga paham ilmu matematika. Sehingga syarat ini bisa dipenuhi oleh lulusan matematika non-pendidikan dan menjanjikan gaji yang lumayan tinggi, apalagi jika masuk ke perbankan besar.

  • Menjadi Ekonom

Profesi lain yang bisa ditekuni oleh Anda yang sukses menyelesaikan soal SBMPTN Matematika IPA adalah menjadi ekonom. Tugas vital seorang ekonom sangat kompleks. Dimulai dari melakukan penelitian, menyusun laporan hasil penelitian, dan selanjutnya membuat perencanaan untuk mengatasi masalah perekonomian yang diteliti.

Data atau laporan yang dihasilkan akan dalam bentuk deretan angka sehingga memerlukan keahlian di bidang matematika. Oleh sebab itu profesi ini sangat tepat ditekuni oleh mahasiswa lulusan jurusan matematika.

  • Menjadi Akuntan

Akuntan ternyata tak hanya memerlukan ilmu akuntansi yang mumpuni namun juga ilmu matematika. Sehingga profesi ini juga terbilang cocok untuk mahasiswa dari jurusan matematika. Keahlian matematika yang dimiliki akan membantu menjadi seorang akuntan yang handal dan diperhitungkan.

  • Menjadi Insinyur

Punya ilmu matematika yang dipelajari selama kuliah juga bisa menjadi bekal untuk menjadi seorang insinyur. Baik insinyur sipil, mekanik, maupun antariksa diakui memerlukan ilmu matematika dasar yang mumpuni.

  • Menjadi Ahli Fisika Maupun Kimia

Seorang ahli fisika dan kimia akan membutuhkan keahlian matematika supaya bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Sehingga profesi ini tepat ditekuni mahasiswa dari jurusan matematika ketika sudah wisuda.

Memilih Profesi dengan Tepat

Melalui uraian di atas, maka sudah diketahui jika lulusan matematika non-pendidikan juga memiliki kesempatan karir yang luas. Banyak profesinya yang bahkan menawarkan gaji tinggi. Dalam memilih profesi yang tepat, Anda bisa menyimak tips berikut:

  • Pilih profesi yang tanggung jawab pekerjaannya Anda sukai.
  • Sesuaikan dengan passion dan tidak hanya melihat gaji.
  • Pilih pekerjaan yang memberi rasa nyaman.
  • Tidak ada salahnya memilih gaji tinggi demi masa depan yang lebih menjanjikan.

Anda yang ingin ahli di bidang matematika bisa mengambil jurusan ini saat kuliah, sekaligus rutin belajar di waktu senggang. Kunjungi situs Edutore by Gramedia untuk memperoleh kursus sampai latihan soal SBMPTN Matematika Dasar yang lengkap dan mumpuni.  Ada juga soal biologi kelas 10, dan biologi kelas 11

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.