Pengen Jualan Online di Marketplace? Ketahui Kekurangan dan Kelebihannya Biar Maksimal

Marketplace merupakan pilihan tepat jika kamu ingin melebarkan sayap online shop milikmu agar semakin banyak dikenali konsumen. Kepopuleran namanya tentu dapat kamu manfaatkan untuk mendompleng pemasaran kepada konsumen. Namun, sebaiknya kamu mengenali kekurangan dan kelebihan jualan di marketplace agar kamu bisa memanfaatkannya secara maksimal dan dapat mengantisipasi kekurangan yang dimilikinya.

Apa saja kelebihan dan kekurangannya? vaz.biz.id telah merangkumnya, Yuk disimak.

Kelebihan Online Marketplace

Kelebihan online marketplace tentu akan berguna untuk kamu ketahui agar kamu bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Beberapa kelebihannya antara lain:

  • Fitur dan Regulasinya Sudah Diatur dengan Baik

Jika kamu berada pada sebuah online marketplace, perusahaannya pasti sudah memiliki fitur dan regulasi yang telah mumpuni dan dapat meningkatkan kredibilitas serta keamanan tokomu. Kamu tak perlu susah-susah mempelajari dan membuatnya sendiri.

Kamu juga biasanya akan mendapatkan asuransi, integrasi pembayaran, promosi, rekening bersama dan verifikasi toko sebagai wujud apresiasi perusahaan terhadap pemilik toko online di marketplacenya. Fitur yang dimiliki juga dapat menambah kepercayaan konsumen di tengah ketatnya pemain pasar dalam marketplace tersebut.

  • Tak Butuh Modal Besar

Ini yang paling menjadi alasan mengapa banyak orang lebih memilih membuka toko online daripada offline saat ini. Kamu tak butuh modal besar untuk dapat membuka toko milikimu. Bahkan jika kamu masih dalam tahap awal, kamu bisa menjadi dropshipper terlebih dahulu.

  • Membuat Peluang Lebih Besar Lewat Komunitas

Dalam online marketplace tentu akan banyak penjual online. Kamu bisa menciptakan peluang yang lebih besar melalui komunitas dengan penjual yang memiliki fokus produk yang sesuai denganmu. Kalian bisa saling berbagi peluang, ilmu dan bahkan bisa saling bekerjasama untuk membangun peluang bisnis baru.

  • Bisnis dapat Terpantau dengan Baik

Marketplace biasanya memiliki fitur insight atau database yang bisa kamu lihat datanya setiap saat. Melalui fitur ini, kamu dapat memantau berapa orang yang mengunjungi tokomu, jumlah orang yang melakukan komunikasi, jumlah orang yang merespon dan jumlah orang membeli produkmu.

Dengan demikian, kamu dapat melakukan evaluasi terhadap produk yang kamu miliki. Kemudian, kamu bisa mengatur strategi pemasaranmu. Bahkan, ini juga bisa kamu gunakan untuk mengetahui efektivitas dan kinerja marketplace pilihanmu.

  • Peluang Mendapat Banyak Konsumen Lebih Besar

Platform jualan online yang sudah memiliki kredibilitas baik di mata umum, tentu akan banyak dikunjungi oleh jutaan calon konsumen. Konsumen dapat dengan mudah menjangkau tokomu di manapun dan kapanpun. Jadi, peluangmu mendapatkan konsumen pastinya akan lebih besar. Apalagi biasanya marketplace juga akan membantu memasarkan produkmu melalui beberapa fitur yang mereka miliki.

Kekurangan Online Marketplace

Nah, selain kelebihan, ternyata ada juga beberapa kekurangan online marketplace yang patut kamu waspadai. Yuk simak ulasannya:

  • Persaingan Ketat

Kekurangan pertama ini sudah menjadi rahasia umum dan tak bisa dipungkiri. Berbagai macam penjual tentu akan menguntungkan bagi pihak marketplace dan konsumen. Penjual yang beragam akan membuat mereka lebih leluasa mencari produk yang mereka inginkan.

Namun, bagi kamu yang merupakan pemilik salah satu toko online di marketplace tersebut, tentu ini akan menjadi tantangan tersendiri. Persaingan antar penjual pasti akan semakin ketat. Apalagi menyangkut masalah harga. Kamu harus memiliki strategi tersendiri agar dapat bertahan.

Salah satu caranya adalah dengan rajin mengawasi pasar dan memberikan kelebihan pada produkmu yang tak dimiliki oleh produk sejenis dari penjual lain. Kamu juga harus memanfaatkan fitur-fitur pemasaran yang disediakan oleh marketplace dengan maksimal.

  • Bergantung pada Pihak Marketplace

Karena kamu menumpang berjualan dalam sebuah marketplace, otomatis keberlangsungan usahamu akan banyak dipengaruhi oleh reputasi mereka. Jika pihak marketplace kurang melakukan promosi, regulasinya tak baik dan reputasinya buruk, maka perkembangan bisnismu juga akan ikut terganggu.

  • Keadaan Pasar yang Tak Tentu

Marketplace mewadahi berbagai macam produk dan penjual. Kamu akan cenderung sulit ditemukan oleh konsumen jika tak memiliki strategi yang baik. Kata kunci yang kamu masukkan juga penting agar produkmu mudah ditemukan oleh konsumen. Walaupun tentu kamu terlebih dahulu harus bersaing dengan banyak penjual yang memiliki kata kunci mirip atau serupa.

 

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa kami ulas. Terlepas dari semua itu, saat ini orang tak akan membuang waktu dan tenaga berlebihan untuk mencari dan membeli barang. Mereka akan lebih mengutamakan kemudahan aksesibilitas dalam membeli barang. Hal ini dimiliki oleh online marketplace. Jadi, tak ada salahnya jika kamu mencobanya.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.