HP

Penyebab Hp Lemot

Apakah kamu merasa smartphone kesayanganmu berubah menjadi lemot? Semakin lama smartphone digunakan, maka tidak dapat dipungkiri bahwa kinerjanya akan semakin menurun, sehingga menyebabkan Hp menjadi lemot. Adalah hal yang lumrah ketika Hp mu mengalami penurunan performa seiring bertambahnya umur pakainya, karena bagaimanapun smartphone tersebut merupakan perangkat elektronik.

HP

Penggunaan smartphone yang sembarangan juga menjadi salah satu penyebab Hp menjadi lemot. Terkadang menggunakan Hp selama berjam-jam setiap hari membuat kita tidak sadar, bahwa perangkat elektronik tersebut akan cepat rusak dengan penggunaan tanpa istirahat. Apalagi saat ini orang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berinteraksi dengan smartphonenya. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan Hp menjadi lemot, sehingga harus kamu hindari atau kamu minimalisir.

Penyebab Hp Lemot

Menginstal terlalu banyak aplikasi

Banyaknya aplikasi di smartphone mu dapat menyebabkan kapasitas penyimpanan penuh, sehingga dapat menyebabkan Hp menjadi lemot, blank, dan error. Kurang pedulinya sebagian orang terhadap memori penyimpanan, terkadang membuat asal menginstal aplikasi apa saja tanpa melihat penting tidaknya aplikasi tersebut.

Aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu dipakai tersebut hanya akan menumpuk dan menghabiskan memori penyimpanan, dan jika dibiarkan terlalu lama maka akan membuat smartphone kesayanganmu menjadi lemot. Untuk mengatasi Hp yang lemot karena masalah ini maka bijaklah dalam menentukan aplikasi apa saja yang penting untuk kamu instal yang benar-benar kamu butuhkan saja. Jika sudah terlanjur banyak aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting terinstal di smartphonemu, maka hapuslah (uninstal) aplikasi-aplikasi tersebut.

Memori internal penuh

Semakin banyaknya file yang disimpan seperti foto, video, dan lain-lain akan membuat memori internal penuh sehingga kecepatan memori internal semakin menurun, hal inilah yang menjadi penyebab smartphone menjadi lemot. Apalagi jika file-file tersebut dibiarkan hingga bertahun-tahun.

Untuk mengatasi Hp lemot karena masalah ini, kamu dapat memanfaatkan penggunaan memori eksternal untuk menyimpan data-data diluar aplikasi yang kamu gunakan. Jika nanti memori eksternal yang terpasang di smartphone mu penuh, kamu dapat menggantinya dengan memori yang baru, begitu seterusnya, sehingga memori internal smartphonemu aman karena tidak terlalu banyak file yang tersimpan.

Aplikasi yang banyak menumpuk di background

Canggihnya smartphone yang memiliki kemampuan multitasking untuk menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu yang bersamaan, terkadang membuat kita lupa untuk menutup aplikasi-aplikasi sebelumnya yang telah selesai dipakai

Cara mengatasi Hp yang lemot karena masalah ini adalah dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang masih aktif di background, atau kamu dapat menutupnya secara langsung dengan menekan recent app.

Menginstal aplikasi antivirus lebih dari satu

Karena khawatir dengan virus dan spam yang dapat menginfeksi smartphone kesayanganmu, biasanya membuatmu menginstal aplikasi antivirus untuk membersihkan virus-virus tersebut. Namun ternyata banyaknya aplikasi antivirus di smartphonemu justru dapat menyebabkan Hp menjadi lemot.

Aplikasi-aplikasi antivirus tersebut bekerja secara “real time protection” memantau aktivitas yang dilakukan, sehingga menguras kinerja smartphone. itulah yang akhirnya membuat Hp menjadi lemot. Untuk mengatasi Hp lemot karena masalah hal ini, kamu dapat memilih salah satu saja aplikasi yang kamu yakini memiliki performa terbaik untuk melindungi smartphonemu dari virus-virus yang berbahaya. Lakukan update secara berkala pada aplikasi antivirus tersebut agar perlindungan yang diberikan dapat maksimal.

Itulah beberapa penyebab Hp menjadi lemot yang perlu kamu ketahui, selain itu masih ada beberapa hal yang juga dapat membuat smartphone kesayanganmu menjadi lemot, seperti :

  • File cache yang menumpuk dan tidak pernah dihapus
  • Smartphone menggunakan software versi lama
  • Kinerja baterai yang menurun
  • Update sistem operasi yang tidak sesuai kebutuhan
  • RAM dan memori flash storage mengalami degradasi.

Demikian informasi tentang Penyebab Hp Lemot, semoga bermanfaat, dan temukan artikel menarik lainnya hanya di kangmasian.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.