Penyebab kanker kulit

Penyebab Kanker Kulit yang Harus Diwaspadai

Setiap penyakit yang ada selalu memberikan tanda atau pada tubuh kita. Sementara tubuh akan selalu memberi sinyal terhadap gejala tersebut. Giliran kita sebagai manusia yang harus menangkap tanda tersebut agar bisa segera mengenali penyakitnya dan mendapatkan penanganan dengan benar. Seperti halnya kanker kulit yang menjadi momok bagi penyakit yang berkembang. Gejala kanker kulit harus diwaspadai betul agar tidak menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Munculnya gejala kanker kulit memang tidak begitu terasa. Namun perlu diwaspadai agar tidak semakin menggerogoti kesehatan tubuh. Banyak yang masih belum mengerti bagaimana kanker kulit bisa terjadi. Dengan kata lain apa penyebab kanker kulit yang harus diwaspadai. Ulasan dibawah ini akan memberi penjelasan mengenai penyebab kanker kulit.

Beberapa Penyebab Kanker Kulit dalam Aktivitas Sehari–hari

1. Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Penyebab kanker kulit yang pertama adalah paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini terkesan remeh tetapi tahukah anda bahwa sinar matahari mengandung UVA dan juga UVB dan bisa merusak DNA yang ada pada kulit manusia. Sinar matahari yang ada akan mempengaruhi DNA gen yang bertugas untuk mengontrol pertumbuhan sel kulit kita. Sinar matahari yang berbahaya adalah diatas jam 10 hingga jam 5 sore.

2. Menggelapkan Kulit Menggunakan Alat UV

Gejala kanker kulit memanglah harus diwaspadai. Misalnya saja seperti muncul bintik kemerahan dan tidak bisa hilang dalam waktu lama. Tidak hanya itu, kanker kulit juga bisa muncul karena adanya penggelapan warna kulit yang menggunakan alat UV. Alat tanning kulit ini menggunakan lampu UV untuk menjadikan warna lebih gelap. Padahal, ini menjadi salah satu penyebab dari adanya kanker kulit.

Penyebab kanker kulit

3. Infeksi Karena Bahan Kimia

Jika kulit yang terluka seperti luka bakar, luka borok atau luka yang baru dan terkena bahan kimia maka hal ini bisa menjadi salah satu pemicu kanker kulit. Bahan-bahan kimia yang muncul seperti zat arsenik dan petroleum. Meski memang tidak begitu beresiko tetapi juga bisa menyebabkan kerusakan yang ada pada sel kulit.

4. Merokok

Aktivitas merokok bukan hanya berpengaruh pada paru-paru. Tetapi juga menyebabkan munculnya kanker kulit. Sebab apabila imun dari perokok tersebut lemah maka ia bisa menjadi tempat bertumbuhnya sel kanker. Waspadai gejala kanker kulit apa saja.

5. Terpapar Radiasi

Kanker kulit bisa disebabkan karena seringnya terpapar sinar X. Intensitas yang sering dan juga penggunaan cukup lama bisa menyebabkan adanya sindrom nevus basal juga membuat kondisi ini dialami oleh mereka yang menjalani kemoterapi. Terutama bisa menyerang yang ada di lingkungan pabrik dan memiliki radiasi cukup tinggi.

Selain menjaga lingkungan, pastikan untuk menggunakan obat kanker kulit yang alami. Bukan hanya untuk mengobati, tetapi bisa juga untuk mencegah seperti minum jus anggur, menggunakan ekstrak terong dan lain sebagainya.

Sumber: https://www.deherba.com/ 

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.