Sumber : detik.com

Persiapkan 5 Hal ini agar Mulus Kuliah dengan Beasiswa Luar Negeri

Melanjutkan pendidikan ke luar negeri merupakan salah satu impian besar semua orang, dimana itu akan menjadi nilai lebih dalam perjalanan hidup seseorang. Bukan saja mendapatkan pendidikan yang lebih baik karena persaingan luas tetapi juga mengajarkan banyak hal. Apalagi dipaksa jauh dengan orang tua serta kemandirian. Namun untuk bisa mencapai hal tersebut juga tidak mudah, ada banyak masalah seperti salah satunya keuangan. Tetapi bagi Anda yang mempunyai tekad kuat untuk itu tenang, masih ada kesempatan mendapatkan beasiswa luar negeri yang banyak ditawarkan.

Terkait dengan beasiswa untuk kuliah di luar negeri, ada banyak sekali penawaran yang bisa Anda manfaatkan. Mulai dari tawaran dari pemerintah Indonesia, perusahaan swasta, universitas dalam negeri ataupun universitas luar negeri. Meskipun banyaknya jenis beasiswa tersebut, tetapi bukan berarti dengan mudah Anda bisa mendapatkan salah satu dari sekian banyak tawaran. Karena memang masing-masing tawaran pasti perlu persaingan yang ketat untuk didapatkan. Bukan tidak mungkin Anda bisa gagal, tetapi tidak ingin mengalami masalah yang demikian bukan?

Sumber : detik.com

Sumber : detik.com

 

Supaya usaha mendapatkan beasiswa kuliah keluar negeri lebih mudah, cepat dan gampang. Anda bisa mulai dengan melakukan berbagai latihan secara langsung. Jangan menunda waktu untuk melakukan hal tersebut, karena terbilang cukup banyak persiapan yang diperlukan seperti:

 

  • Latihan bahasa inggris

Yang pertama Anda bisa mulai untuk melatih bahasa inggris, dimana itu merupakan salah satu bahasa internasional. Apalagi sebelum Anda dinyatakan bisa masuk dalam program beasiswa tersebut harus hafal atau lulus tes TOEFL terlebih dahulu. Mulailah dari yang dasar dengan masuk pada tahapan selanjutnya jadi lebih mudah.

 

  • Persiapan SAT dan ACT

Kedua tes tersebut merupakan ujian akademik yang bisa menentukan apakah calon mahasiswa beasiswa luar negeri bisa masuk dan belajar di universitas yang diinginkan. Ada banyak hal yang harus Anda pelajari di sana mulai dari tentang sinonim, antonim atau lain sebagainya dalam bahasa inggris.

 

  • Prestasi dan aktivitas luar akademik

Pihak penerima beasiswa pasti akan memastikan kemampuan Anda terlebih dahulu dalam berbagai hal, tidak kecuali diluar akademik. Dimana itu merupakan hal yang cukup penting karena menyangkut kegiatan atau aktivitas Anda di luar sekolah. Jadi prestasi lomba baik untuk bidang olahraga ataupun sains cukup menjadi nilai tambah.

 

  • Persiapkan application essay

Banyak universitas luar negeri yang dikatakan sebagai sekolah bergengsi, tidak heran jika jutaan orang dari berbagai daerah atau penjuru dunia ikut berkompetisi mendapatkan beasiswa terbaik. Maka sebelum masuk dan ikut usaha tersebut Anda harus mengenal terlebih dahulu agar esai tentang personal statement mudah.

 

  • Letter of recommendation

Lalu adanya surat rekomendasi dari sekolah, dimana ini umumnya dikeluarkan oleh guru sekolah sebelumnya. Usahakan pengisian atau surat tersebut benar-benar di isi oleh mereka yang mengenal baik calon mahasiswa jadi lebih mudah untuk menjadi nilai tambah. Lebih menarik lagi jika surat tersebut tidak bersifat umum dan menarik perhatian.

 

Nah, itulah beberapa usaha atau hal yang bisa mulai Anda persiapkan dari sekarang sebelum semuanya terlambat. Seperti yang dipahami bersama jika ada banyak sekali tawaran beasiswa luar negeri dari berbagai tempat baik perusahaan, universitas ataupun yang lainnya. Meskipun begitu tidaklah mudah, ada hal-hal atau usaha serta kerja keras yang harus Anda lakukan untuk bisa meraih salah satunya. Karena peminat dari beasiswa kuliah apalagi di luar negeri itu banyak sekali dari berbagai penjuru dunia jadi Anda harus melakukan persaingan terlebih dahulu.

 

Info ini dipersembahkan oleh IDP Indonesia

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.