Syarat menjadi notaris

Persyaratan Menjadi Notaris Terbaik

Notaris merupakan salah satu jenis profesi yang tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Terlebih untuk Anda yang sering melakukan proses pembelian properti maupun aktivitas perbankan. Secara singkat, apa itu notaris bisa dibilang sebagai profesi menawarkan jasa bidang legalitas dokumen.

 

Syarat Menjadi Notaris

Berdasarkan Undang-Undang Pasal 3 No 30 Th 2004 mengenai jabatan notaris, ada beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi untuk menjadi notaris. Berikut ini beberapa persyaratan tersebut.

  • WNI yang mempunyai bukti sah bahwa mereka merupakan warga negara Indonesia
  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta menganut agama yang telah diakui di negara Indonesia
  • Sudah berusia setidaknya 27 tahun serta sudah menyelesaikan masa pendidikan
  • Sehat secara mental dan fisik dengan dibuktikan oleh surat keterangan sehat rohani dan jasmani
  • Mempunyai gelar sarjana hukum serta sarjana pendidikan notaris. Ini bertujuan supaya  orang yang sudah menyelesaikan studinya bisa menguasai bidang notaris di masa yang akan datang.
  • Jika sudah lulus dan mendapatkan gelar kenotariatan, memiliki inisiatif serta direkomendasikan oleh pihak lembaga notaris agar magang di kantor maupun menjabat sebagai notaris hingga 12 bulan.
  • Tidak menjabat sebagai pegawai negeri, sebagai penyelenggara negara maupun tidak sedang menduduki jabatan lainnya yang dilarang Undang-Undang untuk merangkap jabatan sebagai notaris.
  • Mendaftar sebagai anggota Ikatan Notaris Indonesia
  • Jika sudah menjadi notaris, mengucapkan sumpah di depan pejabat dan menteri
  • Mengikuti serta lulus ujian terkait Kode Etik Notaris

Syarat menjadi notaris

Biaya Jasa Notaris

Menurut Website rumahsubsidicikarang.com, notaris adalah profesi umum yang tentu akan memberikan pelayanan berbayar. Ada biaya yang dibebankan untuk mengajukan akta. Biaya tersebut besarnya sesuai dengan jumlah transaksi yang Anda lakukan. 

Pemakaian jasa notaris untuk menangani masalah bernilai kurang dari Rp 100 juta dikenai  biaya sekitar 2.5%, transaksi antara 100 juta – 1 miliar dikenai biaya 1,5 % serta transaksi dengan nominal lebih dari 1 miliar akan dikenai biaya 1 %.

Sedangkan, sesuai dengan fungsi sosial akta notaris, biaya untuk jasa pembuatan kurang dari Rp 5 juta.

 

Kesimpulan

Demikian ulasan lengkap mengenai syarat menjadi notaris dan biaya jasa notaris yang sebaiknya Anda ketahui. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi notaris maupun ingin menggunakan jasa notaris, maka Anda dapat menggunakan informasi di atas sebagai bahan pertimbangan.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.