gambar Tpu pondok rangon

Populernya TPU Pondok Rangon Cibubur, makam Paling Luas Di Jakarta

gambar Tpu pondok rangon

TPU pondok rangon cibubur merupakan salah satu TPU yang ada diwilayah DKI Jakarta. Lokasi Makam pondok rangon tepatnya terletak di Jakarta Timur di jalan Pondok Ranggon Raya.

TPU yang satu ini merupakan salah satu TPU terbesar di Jakarta kerena memiliki luas mencapai 62 hektar. Walaupun tidak seluas makam San diego hills di karawang yang mencapai 350 hektar

Di makam pondok rangon ini 62 hektar dibagi menjadi beberapa blog atau pembagian area pemakaman dengan jumlah blok mencapai 8. Dengan lahan seluas ini, tempat pemakaman umum ini mampu menjadi tempat peristirahatan terakhir warga Jakarta.

TPU pondok rangon cibubur juga merupakan salah satu TPU besar yang sangat terkenal. Bagaimana tidak, terdapat beberapa alasan yang melatarbelakanginya.

Makam Tragedi Perjuangan Reformasi

Yang paling membuat TPU ini menjadi begitu dikenal banyak orang baik oleh warga Jakarta maupun warga luar kota Jakarta adalah soal tragedi 1998.

Ya, TPU pondok rangon merupakan tempat korban tragedi 1998 yang meninggal dalam peristiwa itu. Terdapat blog khusus yang berisikan seluruh korban meninggal yang jatuh selama tragedi 1998 yaitu di Blok 27.

Namun sebenearnya, bukan hanya TPU pondok rangon saja yang menjadi tempat dimakamkannya para korban tragedi 1998. Ada juga tujuh tempat pemakaman lainnya di Jakarta Timur yang juga menjadi tempat peristirahatan terakhir mereka.

Namun, mengapa TPU pondok rangon begitu dikenal dan erat hubugannya dengan tragedi 1998 adalah karena jumlah makam yang ada.

Ya, dalam Blad 27 di Blok AA I terdapat setidaknya 213 makam yang diberikan nisan dengan tanda korban tragedi 1998. Nisan untuk korban ini berbeda dengan nisan lainnya.

Selain dipisahkan dengan tempat pemakaman lainnya, untuk para korban tragedi juga hanya ada tulisan Korban Tragedi Mei 1998 dan tanpa ada nama jenazah yang bersemayam dibawahnya. Mengingat pada waktu itu situasi sangat tidak kondusif dan korban pun begitu banyak serta tidak bisa dengan mudah mengidentifikasi satu per satu korban yang berjatuhan.

Selain itu, ada beberapa hal juga yang membuat TPU Pondok Rangon ini menjadi dikenal oleh banyak orang. Setidaknya ada 3 hal lainnya yang membuat TPU pondok rangon cibubur menjadi terkenal. 3 hal yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Terdapat Monumen Prasasti Mei 1998

Di dalam makam, dibangun sebuah monumen khusus yang dibuat untuk mengenang peristiwa besar dan berdarah tersebut. Ya, pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan Komnas Perempuan sepakat membangun monumen prasasti pada tanggal 13 Mei 2015.

Monumen prasasti ini memiliki bentuk jarum yang diperlihatkan sedang menjahit kain dengan maksud tertentu untuk mengenang peristwa Mei 1998.

Makam Artis Nasional

Karena merupakan tempat pemakaman umum, maka semua warga Jakarta pun bisa menggunakan area ini sebagai tempat peristirahatan terakhirnya.

Begitu juga untuk artis yang telah meninggal, terdapat beberapa artis besar yang terkenal seantero negeri yang juga dimakamkan di TPU pondok ranggon.

Contohnya adalah musisi legendaris dari grup Koes Plus yaitu Muri. Dan yang terbaru, artis yang masih berusia cukup muda dan memiliki karir cerah di Indonesia yaitu Julia Perez pun juga dimakamkan di sini.

Kuburan Teroris

Tempat pemakaman ini juga kerap disebut dalam berita karena menjadi tempat terakhir para teroris yang meninggal. Kelompok teroris yang dimakamkan di sini tepatnya merupakan kelompok teroris yang digerebek di Tangerang tepatnya di Ciputat.

Tercatat juga bahwa yang dimakamkan di TPU ini sejumlah 5 teroris yang semuanya berasal dari negara Indonesia. Kelimanya dimakamkan di blok khusus yaitu AA I.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.