Resep Sambal Ayam Geprek yang Mantap dan Bikin Nagih

Resep sambal ayam geprek yang gurih dan sedap memang sangat cocok jika dibuat sendiri dirumah, kalian dapat membuat sambal ayam geprek ini untuk cocolan atau sebagai lauk nasi.

Pengertian Sambal

Sambal merupakan bahan makanan yang ada dalam masakan Indonesia atau biasanya juga disebut sebagai saus pedas. Secara umum, sambal adalah makanan dengan bahan utama cabai yang ditumbuk hingga keluar sari cabai tersebut serta dicampur dengan bahan-bahan lain layaknya terasi, garam dan bawang. 

Sambal yaitu salah satu ciri khas kuliner Indonesia. Sambal pun dapat kita jumpai pada masakan Asia Timur serta Asia Selatan. Terdapat berbagai jenis sambal yang tentunya berasal dari macam macam daerah.

Cara membuat sambal sangat bervariasi tergantung jenisnya. Sambal seperti sambal matah terbuat dari bahan baku yang bisa disajikan mentah atau ditumis dengan minyak goreng. Sambal petis, cabai tempe, dan sambal oncom merupakan produk fermentasi.

Cara memasaknya pun juga bervariasi, termasuk membuat bubuk, digoreng, ditumis, direbus, dan dipanggang.

Manfaat Sambal

1. Mengatur Kadar Gula Darah

Berdasarkan American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi sambal memiliki manfaat yang sangat bagus untuk orang yang obesitas atau penderita diabetes. Ini disebabkan karena cabai yang kita gunakan untuk bahan dasar sambal bisa membantu mengatur kadar insulin pasca makan secara signifikan. Jika insulin terkontrol dengan baik, maka secara otomatis akan menstabilkan kadar gula darah pada tubuh.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Bumbu makanan dengan saus sambal yang memiliki bahan dasar cabai segar dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya gangguan kognitif seperti demensia serta Alzheimer beriringan dengan terus bertambahnya usia. Ini karena konsumsi saus sambal secara teratur dikaitkan dengan keterampilan kognitif yang lebih baik.

3. Mencegah Anemia

Anemia, atau kekurangan darah, yang memiliki gejala badan terlalu lemas dan wajah pucat, biasanya sering terjadi karena manusia tersebut tidak memiliki zat besi yang cukup. Maka dari itu, cabai yang merupakan bahan baku sambal mempunyai nutrisi zat besi yang dapat digunakan untuk menjaga terjadinya anemia. 

Daripada itu, asam folat yang terkandung dalam cabai dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu meningkatkan sel darah merah, hal ini menjadikan resiko terkena anemia jadi lebih kecil. Dikatakan juga bahwa asam folat yang terkandung dalam cabai pun dikatakan dapat mengurangi kemungkinan resiko kecacatan saat lahir.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Cabai yang merupakan bahan baku dalam saus sambal memiliki nutrisi berupa kalium yang bila kita campurkan bersama asam folat dalam jumlah yang tepat, dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, cabai adalah sumber riboflavin dan niasin yang bagus. Niacin meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan juga dapat mengurangi kemungkinan resiko berbagai penyakit kardiovaskular layaknya serangan jantung serta stroke.

5. Mengurangi Rasa Sakit

Capsaicin yang terdapat pada cabai bisa kita gunakan sebagai sarana untuk meredakan nyeri yang dihasilkan karena neuropati diabetic dan osteoartritis. Zat-zat ini dapat menekan reseptor sensorik serta mempunyai efek anti-inflamasi.

6. Membantu Meringankan Hidung Tersumbat

Capsaicin tak cuma berfungsi untuk meredakan nyeri, tetapi juga meredakan hidung yang tersumbat. Ini karena capsaicin menciptakan perasaan hangat yang bisa memancing sekresi supaya membersihkan lendir dari hidung tersumbat. Capsaicin pun mempunyai sifat antibakteri yang mengantisipasi infeksi sinus kronis karena bisa mempersempit pembuluh darah pada rongga hidung.

7. Menjaga Kesehatan Usus

Cabai rawit banyak dipakai untuk pengawet makanan karena kandungan sifat antibakteri dan antijamur pada cabai. Capsaicin, yang merupakan nutrisi pada cabai, bisa melenyapkan bakteri layaknya H. pylori serta dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti radang usus.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan

Cabai memiliki warna merah cerah yang mengisyaratkan nutrisi beta-karoten atau pro-vitamin A yang cukup tinggi. Anda dapat memperoleh kurang lebih 6% dari nutrisi sehari hari yang disarankan untuk vitamin C yang dapat diperoleh dari 9.6 gram cabai merah saja. Vitamin A berfungsi supaya menjaga kesehatan sistem pernafasan, saluran kemih serta usus. Vitamin A pun dapat berfungsi untuk menjaga diri dari infeksi

9. Menjaga Fungsi Mata

Mengonsumsi hanya sekitar satu sendok makan cabai secara rutin bisa menjaga fungsi mata agar tetap bekerja dengan baik serta mengurangi resiko kemungkinan degenerasi makula.

10. Menghambat Kanker

The American Association for Cancer Research mengatakan bahwa capsaicin mempunyai potensi sebagai penghambat penyebaran sel kanker dan leukemia. Dari hasil penemuan tersebut, dinyatakan bahwa cabai bisa mengurangi perkembangan sel tumor dan kanker

Resep Sambal Ayam Geprek

Ayam Geprek yaitu ayam yang digoreng menggunakan tepung dan kemudian disajikan bersama sambal pedas. Masakan ini merupakan hidangan yang cukup populer di masa sekarang.

Proses pembuatan ayam geprek memerlukan sedikit tenaga supaya membuat ayam gorengnya renyah. Walau begitu, ayam geprek tentu dapat kita masak di rumah.

Bahan – bahan : 

  • 2 sdt air jeruk nipis 
  • 1 ekor ayam potong 8 bagian 
  • 500 ml minyak untuk menggoreng 
  • 1 1/2 sdt garam 

Bahan pelapis: 

  • 4 sdt baking powder 
  • 400 gram tepung terigu 
  • 2 sdt bawang putih bubuk 
  • 50 gram maizena 
  • 1 sdt garam 

Bahan pencelup : 

  • Kurang lebih 250 ml air es 
  • Bahan sambal bawang: 
  • 7 siung bawang putih 
  • 15 butir bawang merah  
  • 15 buah cabai rawit merah
  • 5 cabai merah besar 
  • 1 1/4 sdt garam 
  • 1 batang serai, diiris 
  • 250 ml minyak untuk menumis 
  • 1/4 sdt gula pasir 

Pelengkap: 

  • Beras atau nasi putih

Cara Membuat Sambal Ayam Geprek : 

  1. Rendam ayam menggunakan garam serta air jeruk nipis dalam waktu 15 menit. 
  2. Sambil menunggu ayam yang kita rendam, Anda dapat menyiapkan mangkuk. Setelah itu campur seluruh bahan pelapis lalu aduk dengan rata bahan pelapis tersebut. 
  3. Sesudah ayam direndam, kita harus menggulingkan ayam tersebut di bahan pelapis. 
  4. Setelah itu kita harus mengangkat ayam tersebut dari bahan pelapis lalu mencelupkannya ke dalam air es.
  5. Setelah itu kita harus menggulingkan ayam tersebut pada bahan pelapis, namun serambi kita remas remas. Metode dengan kita meremasnya pada tahap ini sangat diperlukan, karena meremas ayam dengan menggunakan tepung nantinya akan membuat lapisan kulit ayam goreng tepung yang memiliki tekstur. 
  6. Memanaskan wajan, lalu masukkan minyak hingga panas. Sesudah minyak panas, kita harus memasukkan ayam tersebut lalu goreng dengan api yang sedang hingga matang. 
  7. Cara membuat sambal bawang: Ulek bawang putih, bawang merah, cabai rawit, serai, dan cabai merah besar. Lalu tumis sambal hingga wangi dan matang. Kemudian tiriskan menggunakan mesin peniris minyak
  8. Ayam geprek dengan sambal telah jadi. Sajikanlah bersama nasi yang hangat.

Demikian mengenai resep sambal ayam geprek. Selamat mencobanya dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.