Soldextam: Manfaat, Efek Samping, dan Ulasan Kami

Deksametason adalah glukokortikoid sintetis dengan efek antiinflamasi dan imunosupresif yang digunakan untuk mengobati berbagai macam kondisi peradangan. Obat ini biasanya diresepkan untuk menghilangkan atau mencegah peradangan akut, termasuk asma dan untuk tujuan lain yang tidak tercantum. Deksametason paling baik dikonsumsi sesuai petunjuk dokter atau apoteker Anda dan dapat dikonsumsi dengan makanan jika terjadi gangguan perut. 

Deksametason tidak aman atau efektif bila digunakan bersama dengan obat-obatan tertentu seperti aspirin (asam asetilsalisilat) atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen. Deksametason dapat dibeli dalam bentuk generiknya atau dengan nama merek berikut Soldextam. Harga Soldextam sendiri sangat terjangkau dan dapat dengan mudah ditemukan pada Apotek terdekat.

Penjelasan tentang peradangan

Peradangan adalah respons tubuh terhadap cedera jaringan dan/atau infeksi. Peradangan adalah respons kekebalan tubuh terhadap jenis cedera ini atau ketika merasakan infeksi. Ini tidak terjadi pada orang sehat. Peradangan dimulai ketika leukosit atau sel darah putih berkumpul di tempat cedera atau di tempat bakteri berada. Sel-sel melepaskan bahan kimia yang menyebabkan peningkatan aliran darah dan suhu kulit ke daerah tersebut dan juga menyebabkan kemerahan dan kehangatan. Ada tiga jenis utama peradangan: akut, kronis, dan septik. Peradangan akut dapat menyebabkan peradangan kronis berupa rasa sakit atau kekakuan yang berlangsung selama bertahun-tahun.

Gejala peradangan

Gejala peradangan bervariasi tergantung pada jenis peradangan. Gejala peradangan akut biasanya tiba-tiba dan intens, tetapi bisa juga kronis jika tidak diobati. Gejala-gejala ini termasuk rasa sakit, kemerahan, bengkak, dan panas di daerah yang terkena. Peradangan kronis lebih cenderung menyebabkan rasa sakit atau kekakuan terus-menerus yang berlangsung selama bertahun-tahun. Penyebab paling umum dari kondisi peradangan kronis adalah osteoarthritis (yang merupakan kerusakan tulang rawan).

Sepsis adalah kondisi yang mengancam jiwa yang berkembang ketika tubuh mengalami infeksi. Hal ini menyebabkan sel darah melepaskan zat kimia yang memicu peradangan di seluruh tubuh. Sumber sepsis yang paling umum termasuk infeksi dari operasi dan kateter di saluran kemih atau paru-paru, pneumonia, infeksi di sekitar luka, dan radang usus buntu.

 

Apa itu anti-inflamasi?

Obat anti-inflamasi adalah obat-obatan yang mengatasi peradangan, respon sistem kekebalan tubuh terhadap cedera atau infeksi. Sebagian besar obat antiinflamasi menargetkan siklooksigenase, enzim yang terlibat dalam produksi mediator proinflamasi dari asam arakidonat.

 

Dosis Soldextam dan efek sampingnya

Dosis Dosis Soldextam akan tergantung pada alasan mengapa Soldextam diresepkan untuk Anda oleh dokter Anda. Soldextam biasanya diresepkan dalam dosis dewasa diminum 1 kaplet sebanyak 3 kali sehari. Untuk dosis anak 6-12 tahun ½ kaplet 3 kali sehari, dan dosis anak usia 2-6 tahun ¼ kaplet 3 kali sehari dengan resep dokter Soldextam Anda.

Soldextam sebaiknya diminum sesudah makan, sehingga Soldextam dapat dikonsumsi dengan sarapan atau makan malam untuk menghindari efek samping Soldextam dan sakit perut Soldextam. Jika Soldextam tidak bekerja untuk kondisi Anda, dokter Anda dapat meningkatkan dosis Soldextam yang sesuai.

 

Efek samping

Soldextam telah diketahui menyebabkan efek samping. Soldextam dapat diresepkan untuk pengobatan atau pencegahan peradangan. Soldextam tidak aman dan efektif bila dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan tertentu seperti aspirin (asam asetilsalisilat) atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen. Soldextam dapat berinteraksi dengan obat-obatan ini, menyebabkan efek samping yang merugikan.

Efek samping Soldextam yaitu sakit kepala, pusing, penglihatan kabur, diare, sembelit, sakit perut, serta peningkatan nafsu makan dan berat badan. Soldextam tidak boleh diambil sebagai pengganti obat steroid seperti prednison atau hidrokortison (kortisol). Soldextam tidak aman dikonsumsi saat perut kosong, jadi sebaiknya diminum saat makan jika diperlukan.

Sumber : Apotik 24 Jam Online

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.