Sukses! Padukan Bedcover Motif Batik Lukis dan Sablon

Ternyata batik tidak hanya digunakan untuk desain baju, usaha grosir sprei murah atau bedcover juga bisa menggunakan motif batik. Teknik yang digunakan bisa teknik batik lukis dan sablon. Kain katun sebagai bahan sprei dengan metode handmade dilukis langsung menggunakan tangan. Hasilnya bed cover menjadi lebih mempesona dan gambar tampak asli.

Kelemahan menggunakan teknik batik lukis untuk bed cover ini membutuhkan waktu yang lebih lama pembuatannya. Sebanding dengan waktunya yang lama, maka harga yang ditawarkan sedikit lebih lama dibandingkan dengan bed cover biasa.

Bukti Sukses Usaha Sprei atau Bedcover

Salah satu bukti sukses menggunakan teknik batik lukis adalah usaha sprei yang ada di Bali.

Kadek Suardana (Seorang Pengusaha Sprei atau Bedcover) yang menjual sprei batik lukis di Kawasan Cemanggon Bali. Ketika memulai usahanya, hanya ada dua kios penjual bedcover tersebut. Dulu bisa laku hingga 200 buah bed cover. Namun karena persaingan yang cukup ketat, jumlah penjualan terkadang turun apalagi ketika pandemi seperti sekarang.

Di balik itu semua, sprei batik lukis masih menjadi primadona untuk buah tangan dari Bali. Wisatawan lokal cenderung menyukai motif lucu dengan warna yang mencolok. Misalnya gambar buka berwarna merah, gambar kartun sehingga putri duyung. Sementara wisatawan asing lebih menyukai bedcover dengan warna yang lembut. Seperti pemandangan alam, bunga-bunga yang diminati seperti anggrek atau bunga matahari.

Keuntungan Usaha Sprei Atau Bedcover

Harga bedcover sendiri lebih beragam, misalnya bedcover bahan percan tanpa isi dakron dihargai Rp. 250.000, bedcover lukis lebih mahal yakni Rp. 360.000. Jika ingin mendapatkan harga yang pertengahan bisa memilih bedcover sablon.

Keuntungannya sendiri berkisar antara 30-40% tergantung bahan yang digunakan. Jika sedang banyak pesanan, biasanya menggunakan tenaga lepas untuk membantu pengerjaan.

Tentunya hal tersebut mengurangi persentase keuntungan karena digunakan untuk membayar pegawai tersebut. Kendala yang dihadapi yakni pada ongkos tenaga kerja yang seringkali minta kenaikan. Usaha sprei atau bedcover bisa dicoba di daerah tempat tinggal Anda sendiri dimana motifnya sesuai pesanan, dijamin bisa laris manis.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.