Sumber daya alam aceh

Sumber Daya Alam Aceh

Aceh sendiri merupakan sebuah kota yang terletak paling barat di Indonesia namun mempunyai keistimewaan tersendiri yang diberikan oleh pemerintah Indonesia yaitu dengan memiliki otonomi daerah khusus.

Di provinsi kota ini sendiri terdapat penduduk sekitar 5 juta orang pada tahun 2019 dan diperkirakan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Nah kota aceh terkenal sebagai kota yang menerapkan cukup ketat ajaran islam lho, karena di sana jam malam dibatasi dan juga perempuan diwajibkan memakai jilbab.

Namun disisi lain kota ini juga memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah, bahkan kata para peneliti, aceh merupakan salah satu kota yang sangat bernilai dengan sumber daya alam yang dimilikinya.

Meskipun demikian para warga maupun pemerintah harus lebih baik memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki agar warganya  sendiri menjadi makmur maupun sukses dengan hasil alam yang dimilikinya.

Berbagai Sumber Daya Alam Yang Ada Di Aceh

Sumber daya alam aceh

Nah untuk sumber daya alam alami yang terdapat di kota aceh banyak sekali, namun kita akan membahas sumber daya alam yang bernilai cukup tinggi sehingga bisa diolah dan dimanfaatkan secara langsung oleh pemerintah maupun warganya.

  1. Gas Alam

Yang pertama yaitu gas alam ya kota ini sendiri mempunyai sumber daya alam yang sangat bernilai salah satunya gas alam, bahkan para peneliti menyebut bahwa cadangan gas alam yang terdapat di aceh sendiri merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

Maka dari itu warga dan pemerintah harus memanfaatkan dengan baik agar bisa mensejahterakan warganya.

      2. Pertanian

Pertanian di kota ini sendiri terbilang cukup luas karena hutan di sana masih banyak maupun lahan kosong yang dapat ditanami komoditi tani entah itu padi, jagung maupun yang lainnya.

Sehingga jika bisa dimanfaatkan dengan benar maka  bisa jadi salah satu kota maju dengan memanfaatkan lahan maupun hutan untuk ditanami tumbuhan berharga.

     3. Pertambangan

Untuk kota aceh sendiri tidak luput akan sumber daya alam pertambangan karena sumber daya alam yang dimiliki kota ini sendiri cukup banyak hasil pertambangan yang dapat dimanfaatkan oleh warganya. Salah satunya yaitu tambang emas, tambang batu bara dan yang lainnya.

     4. Perikanan

Tidak bisa disangkali bahwa kota aceh memiliki pesisir pantai maka dari itu banyak sekali hasil laut yang didapatkan dan tentunya itu cukup menunjang ekonomi masyarakatnya sebagai nelayan.

Selain itu masyarakat juga bisa memanfaatkan dengan budidaya ikan maupun kerang agar lebih memaksimalkan hasil lautnya.

     5. Pertenakan

Selain itu aceh juga memiliki sumber daya alam pertenakan karena jika kita melihat peta yang ada di kota ini sendiri masih banyak terdapat lahan kosong yang mampu di manfaatkan sebagai tempat pertenakan ntah itu pertenakan kuda, ayam, sapi maupun kambing.

Sehingga dengan memanfaatkan lahan yang ada untuk peternakan bisa sangat membantu perekonomian aceh maupun warganya sendiri.

     6. Pariwisata

Nah untuk yang terakhir yaitu pariwisata karena kota ini sendiri sudah terkenal dengan sejarahnya maupun baharinya. Sehingga itu bisa dijadikan oleh pemerintah aceh maupun warga sekitar untuk menarik wisatawan yang berada di luar kota maupun dalam kota itu sendiri.

 

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.