Syarat Penting Sebuah Kemasan Makanan

Seperti yang kita tahu kemasan makanan memang sangat penting digunakan selain sebagai faktor keamanan suatu makanan agar terhindar dari bakteri, kemasan juga berhubungan dengan cara mempromosikan sebuah produk kepada konsumen. Nah, oleh sebab itu kenali bagaimana caranya mengenali kemasan yang aman untuk sebuah makanan. 

Pastikan Plastik Aman

Saat ini banyak kemasan makanan yang berasal dari bahan plastik, padahal plastik merupakan bahan sintetik yang dibuat dari berbagai bahan misalnya polimer, filler, plasticizer, retar & nyala, lubricant, antioksidan, pigmen warna serta stabilizer panas.

Nah, apa saja jenis bahan polimer yang umum digunakan? Polimer yang cukup sering digunakan yakni polipropilen, polietilen, polistiren serta polivinil klorida. Nah, karena banyaknya bahan –  bahan yang tidak dikenal dan digunakan dalam pembuatan plastik tersebut maka banyak juga risiko yang harus diwaspadai. 

Risiko yang paling umum untuk diwaspadai ketika menggunakan plastik untuk kemasan makanan yakni tidak boleh dipanaskan. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan adanya migrasi dari senyawa toksik yang berasal dari bahan kemasan pangan pada suhu yang tinggi. Nah, ketika proses pemanasan tentu saja kenaikan suhu akan cukup signifikan. Oleh karena itu perlu dipertimbangkan lagi jika ingin memilih kemasan untuk bahan makanan. 

Ingin Gunakan Kemasan Logam? Simak Hal Berikut

Selanjutnya jika anda membuat makanan dan ingin mengemasnya dalam kemasan logam maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Seperti yang kita tahu saat ini ada cukup banyak logam yang tersebar mulai dari seng, besi serta alumunium. Nah, logam seng dan aluminium dikenal sebagai logam yang masih dianggap aman jika digunakan sebagai bahan untuk kemasan makanan.

Namun, jenis logam seperti merkuri, timbal, kadmium perlu dihindari penggunaannya. Hal ini umumnya disebabkan reaksi asam yang terjadi antara bahan makanan serta bahan logam. Biasanya waktu kontak akan berhubungan dengan jumlah logam yang nantinya terlarut. Oleh karena itu pastikan untuk memilih logam yang aman sebagai cara untuk membuat makanan yang ada di dalamnya tetap aman dikonsumsi. 

 

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.