laptop

Tips Membeli Laptop Seken

Semakin majunya teknologi masa kini membuat kebutuhan laptop semakin meningkat. Apalagi saat masa pandemi seperti sekarang ini. Banyak pekerjaan yang beralih via online dengan bantuan komputer laptop.

Laptop bukan lagi barang mahal, harganya bervariasi menyesuaikan dengan spesifikasi yang kamu butuhkan. Tidak harus membeli yang baru, laptop seken juga banyak yang bagus-bagus.

Cek spesifikasi laptop sedetail mungkin agar tidak salah beli, karena barang seken seperti laptop itu rawan diotak atik alias bongkar pasang, dan diganti dengan komponen yang tidak sesuai. Misalnya RAM yang awalnya 2 GB, diganti menjadi 1 GB, hardisk yang awalnya 500 GB diganti dengan 320 GB dst.

laptop

Tips Membeli laptop Seken

Cek Spesifikasi secara lengkap

Yang termasuk cek spesifikasi adalah semua komponen baik software maupun hardwarenya. Kamu bisa cek secara manual maupun pakai bantuan software seperti CPUZ atau speccy. Untuk lebih jelasnya cek bagian-bagian berikut :

  • RAM berapa GB ?
  • Hardisk berapa GB ?
  • Sistem Operasi (OS) pakai apa ?
  • Dst

Cek tampilan layar monitor

Pastikan layar monitor dalam keadaan normal dan tidak buram atau bergaris. Harga monitor itu lumayan mahal sob.. coba juga naik dan turunkan kontras kecerahan menggunakan tombol fn+F5/F6 (keyboard bagian atas), apakah masih berfungsi dengan baik ?

 

Simak juga : perbedaan intel dan amd

Cek keyboard

Setelah cek monitor, lanjut cek keyboard. Pastikan semua tombol berfungsi dengan baik. Cara ceknya simple, buka MS. Word atau notepad. Kemudian tekan huruf A-Z, angka 1-9. Cek juga tombol backspace, alt, ctrl, windows, caps lock, tab, dan fn.

Cek speaker

Setiap laptop punya speaker bawaan yang terletak di sebelah kanan dan kiri. Nah.. untuk pengecekannya, coba mainkan media player. Setel video atau file MP3. Pastikan suaranya terdengar dengan jelas.

Cek Port USB

Ini yang sering terabaikan, cek sana sini sudah.. fiks beli laptop seken. Giliran laptop dibawa pulang ternyata port usb nya gak bisa digunakan. Nah.. untuk menghindari hal seperti ini bawalah USB sebelum membeli laptop. Saat melakukan pengecekan, gunakan USB yang kamu bawa itu.

Demikian tips membeli laptop seken, semoga bermanfaat.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.