septic tank

Ukuran Standar Septic Tank yang Sesuai SNI

Dalam pembuatan septic tank tidak boleh sembarangan. Harus memperhatikan berbagai peraturan dan ketentuan yang sesuai SNI 2398 tahun 2017. Pada ketentuan tersebut sudah dijelaskan secara detail. Mulai dari ukuran standar septic tank, bahan yang digunakan, bentuk dan desain yang tepat, juga jarak sumur resapan yang aman dari rumah.

Selain itu juga telah ditetapkan dalam Peraturan Menkes (Menteri Kesehatan) Nomor 3 tahun 2014 yang terdapat di bab Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Dalam penjelasan tersebut disebutkan bahwa pada setiap jamban harus terdapat fasilitas berupa septic tank. Karena komponen itulah yang akan mengolah kotoran yang berasal dari tinja dan urin.

septic tank

Faktor yang Menentukan Ukuran Septic Tank

Sebelum membuat septic tank, ketahuilah dulu hal-hal yang menjadi faktor penentu. Jadi, dapat melakukan perencanaan yang tepat. Selain itu bisa menentukan berapa ukuran yang sesuai. Dengan begitu tidak akan terjadi kebocoran tangki penampungan limbah atau kerusakan lain. Dua faktor inilah yang harus diketahui:

  • Jumlah Pemakai

Ketika akan membuat septic tank terlebih dahulu hitung jumlah orang yang turut memakainya. Karena hal ini akan menentukan ukuran yang harus disesuaikan. Seperti halnya pada WC umum. Dari berbagai kamar mandi yang tersedia itu hanya memakai satu septic tank. Jadi, lebar satu dan lainnya pasti berbeda tergantung banyak pemakai.

  • Waktu Pembersihan

Septic tank yang telah penuh harus dilakukan pengurasan agar tidak terjadi kebocoran dan meresap ke mana-mana. Biasanya tidak lebih dari satu tahun atau kurang. Oleh karena itu, ketika membangun septic tank maka perlu melihat lama waktu untuk melakukan pembersihan. Dengan begitu bisa direncanakan ukurannya yang tepat.

 

Ukuran Septic Tank yang Sesuai

Sekarang akan diberikan ukuran standar septic tank yang telah ditetapkan dalam ketentuan SNI bernomor 2398 tahun 2017. Dalam peraturan itu sudah diterangkan bahwa bak penampung tersebut dibuat berbentuk segi empat dengan panjang, lebar, dan tinggi tertentu. Berikut ini ukuran yang harus disesuaikan dengan banyak pemakainya:

1. Septic Tank Berjenis Terpisah

Ada ukuran yang harus diketahui dari septic tank jenis terpisah ini. Maksud terpisah adalah dikhususkan hanya pada tinja dan urin, bukan limbah yang lain. Jika jumlahnya 10 orang, maka volumenya 1,66 m³ , panjang, 1,6 m, lebar 0,8 m dan tingginya 1,3 m.

Apabila 15 orang, maka volumenya 2,5 m³ , panjangnya 1,8 m, lebar 1,0 m dan tingginya 1,4 m. Sementara untuk yang terdiri dari 20 orang, maka volumenya 2,9 m³, panjangnya 2,1 m, lebar =nya 1,0 m dan tingginya 1,4 m.

2. Septic Tank Berjenis Tercampur

Berikutnya ini adalah ukuran septic tank yang jenis tercampur, yakni bukan hanya sebagai penampung kotoran manusia berupa tinja dan urine. Bisa juga limbah rumah tangga yang lainnya. Jika jumlah orangnya 2 orang, maka volumenya 2,1 m³, panjangnya 1,6 m, lebarnya 0,8 m dan tingginya 1,6 m.

Apabila jumlah orangnya 10, maka volumenya 3,9 m³, panjangnya 2,1 m, lebarnya 1,0 m dan tingginya 1,8 m. Sementara, jika orangnya ada 20, maka volumenya 7,8 m³, panjangnya 2,8 m, lebar 1,4 m dan tingginya 2 m.

Itulah penjelasan tentang faktor yang menentukan besarnya bak penampung limbah biologis dari tinja dan urine. Sudah dituliskan juga ukuran standar septic tank yang harus diketahui. Perhatikan setiap peraturannya agar bisa bekerja maksimal. Selain itu, tentukan pula jenis septic tank terbaik supaya tidak mengakibatkan pencemaran lingkungan dan tidak merusak sumber air.

Bak penampung limbah harus dibuat kedap air dan sesuai dengan standar yang disebutkan di atas. Hal ini harus diperhatikan agar tidak terjadi pencemaran tanah yang bisa membahayakan kesehatan. Bahkan lebih baik jika memakai Septic Tank BioRICH ramah lingkungan yang menggunakan bio technology dan bio filterisasi dalam pengolahannya. Produk tersebut bisa didapatkan di https://www.suryafibertek.co.id/septic-tank-biotech/.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.